Proses Metamorfosis Nyamuk

1 min read

tahapan Proses Metamorfosis nyamuk

Metamorfosis nyamuk sangat penting untuk diketahui agar semua orang bisa sangat waspada akan kehadiran jentik-jentik nyamuk yang ada di rumah.

Mengetahui berbagai tahapan kehidupan nyamuk akan membantu Anda mencegah nyamuk di sekitar rumah dan juga membantu Anda memilih pestisida yang tepat untuk kebutuhan Anda, jika Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Proses Metamorfosis nyamuk
gambar: eBIOLOGI.COM

Jenis metamorfosis nyamuk adalah hal yang akan dilalui oleh serangga yang menyusahkan hidup manusia. Semua spesies nyamuk melewati empat tahap berbeda selama siklus hidupnya. Apa sajakah tahapan-tahapan itu?

Konten

1. Telur

Hanya nyamuk betina yang memiliki kemampuan untuk bertelur. Nah, untuk mengembangkan telur, betina membutuhkan makanan darah. Dengan setiap makan darah, betina dapat bertelur hingga beberapa ratus telur.

Telur diletakkan di dalam atau di sekitar air dan akan menempel satu sama lain, membentuk rakit.  Telur ini sangat kuat dan menempel pada dinding wadah seperti lem dan bisa bertahan hingga 8 bulan. Telur individu akan mengapung secara independen. Setelah 24 hingga 48 jam, telur akan menetas dan melepaskan larva.

2. Larva

Nyamuk menghabiskan sekitar tujuh hari untuk menyelesaikan pengembangan tahap larva tergantung pada makanan dan kondisi suhu.

Selama waktu ini, air dapat diolah dengan larvisida yang berbeda untuk mencegah larva masuk ke tahap berikutnya dalam siklus hidup nyamuk.


Larva muncul dari telur nyamuk, tetapi hanya setelah permukaan air naik untuk menutupi telur. Ini artinya air hujan atau jika Anda menambahkan air ke wadah berisi telur hal itu akan memicu larva untuk muncul. Larva memakan mikroorganisme di dalam air. Setelah berganti kulit tiga kali, metamorfosis nyamuk berubah dari larva menjadi pupa.

3. Pupa

Seminggu hingga sepuluh hari setelah telur menetas, larva berubah menjadi pupa. Pada saat ini, pupa dapat menghirup oksigen. Namun, pupa tidak bisa makan (menggigit). Nyamuk menghabiskan satu hingga dua hari dalam tahap pupa atau kepompong.

Pupa akan berkembang hingga tubuh yang baru terbentuk nyamuk terbang dan ia bisa berubah dewasa ketika muncul dari kulit kepompong dan meninggalkan air. Air masih dapat diolah selama tahap ini dan ada beberapa produk yang memberikan kematian cepat pupa bisa digunakan.

4. Dewasa

Setelah nyamuk mencapai usia dewasa, nyamuk akan memakan nektar; hanya nyamuk betina yang akan mencari makan darah untuk reproduksi. Nyamuk dewasa hidup selama enam hingga delapan minggu.

Ya, apabila nyamuk dewasa muncul maka nyamuk jantan memberi makan pada nektar dari bunga dan nyamuk betina memakan manusia dan hewan untuk menghisap darah dan menghasilkan telur. Betina akan bertelur beberapa butir telur selama hidupnya.

Setelah makan, nyamuk betina akan mencari air sumber untuk bertelur lebih banyak. untuk jenis nyamuk aedes aegypti hanya terbang beberapa blok selama hidupnya. Tidak seperti spesies nyamuk lainnya, nyamuk Aedes aegypti lebih suka menggigit orang.

Nyamuk Aedes aegypti lebih suka tinggal di dekat orang dan jenis nyamuk ini dapat ditemukan di dalam rumah, gedung, dan rumah dengan jendela dan pintu terbuka.

Nyamuk dewasa dapat dibunuh dengan penyemprotan dengan penyemprot genggam atau bahan lainnya. Ada berbagai jenis nyamuk dewasa yang tersedia yang mengandung bahan aktif berbeda. Bahan kimia harus diputar setiap tahun sehingga nyamuk tidak tahan terhadap bahan aktif tersebut.

Setelah mengetahui bagaimana metamorfosis nyamuk, ada baiknya jika mulai hari ini Anda perlu memeriksa kamar mandi agar terhindar dari telur nyamuk yang berbahaya.


Pengertian Geografi

admin-yusron
3 min read

Pengertian Limbah

admin-yusron
3 min read

Pengertian Ekosistem

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *