Teks Berita seringkali dianggap berbeda dengan teks-teks lainnya. Meskipun sebenarnya menulis berita bukan pekerjaan yang sulit. Karena pada dasarnya setiap orang yang sudah mengenyam pendidikan memiliki kemampuan untuk menulis. Hanya saja tidak semua orang mau mengembangkan kemampuan menulisnya dengan berbagai alasan.

Definisi Teks Berita Menurut Etimologi

Secara etimologi istilah berita dalam Bahasa Indonesia mendekati istilah “bericht (en)” dalam bahasa Belanda. Besar kemungkinan kedua istilah itu berketurunan, mengingat Indonesia lama dijajah Belanda. Dalam bahasa Belanda istilah “bericht (en)” dijelaskan sebagai mededeling (pengumuman) yang berakar kata dari “made (delen)”.

Istilah ini memiliki sinonim “bekend maken” (memberitahukan, mengumumkan, membuat terkenal), dan vertelen (menceritakan atau memberitahukan).

Definisi Teks Berita Menurut Ahli

1. Departemen Pendidikan RI

kantor departemen pendidikan ri

kantor departemen pendidikan ri (lampuhijau.com)

Menurut Departemen Pendidikan RI (1989) membakukan istilah berita dengan pengertian sebagai laporan kejadian atau peristiwa yang hangat. Bisa disimpulkan, teks berita adalah suatu bentuk laporan, tulisan, informasi atau pemberitahuan seputar keadaan yang bersifat umum yang baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.

Baca Juga: pengertian teks narasi

2. Hornby

Menurut Hornby (1961:278) berita atau newsadalah suatu laporan tentang apa yang terjadi paling mutakhir (sangat-sangat baru). Baik peristiwa maupun faktanya.

Definisi Teks Berita dalam B. Inggris

Sedangkan pengertian teks berita dalam bahasa Inggris diartikan darikata news yang berasal dari istilah new (baru) dengan konotasi kepada hal-hal yang baru. Dalam hal ini segala yang baru merupakan bahan informasi bagi semua orang yang memerlukannya. Dengan kata lain, semua hal yang baru merupakan bahan informasi yang dapat disampaikan kepada orang lain dalam bentuk berita (news).

Ciri-Ciri Berita

Berita mengandung unsur-unsur yang membangun berita sejak proses penulisannya. Unsur-unsur ini yang kemudian menjadi ciri-ciri berita. Agar dapat mengidentifikasi sebuah tulisan yang dinamakan sebagai berita, berikut ciri-ciri teks berita.

1. Aktual

Salah satu ciri khas media massa adalah berpacu dengan waktu. Salah satu modal dalam memenangkan bisnis media adalah kecepatan. Berita harus segera sampai ke tangan pembaca dan layak dibaca.

Kecepatan ini juga tak lepas dari kerja redaksi dalam menyelesaikan seluruh proses pembuatan berita (deadline). Redaksi harus memiliki deadline yang ketat untuk menjamin kelancaran proses selanjutnya.

2. Kedekatan (proximity)

Salah satu pertimbangan seseorang untuk membaca kemudian membeli berita adalah adanya unsur kedekatan. Unsur ini mempengaruhi aspek psikologis seseorang. Suatu berita yang mengandung unsur kedekatan dapat mempengaruhi seseorang baik secara pribadi maupun kelompok masyarakat. Terlebih pada berita-berita yang berhubungan dengan dirinya.selain kedekatan mengenai aspek psikologis tapi juga lokasi kejadian. Ada dua jenis kedaulatan yang akan mempengaruhi minat pembaca, sebagai berikut.

a. Kedekatan geografis

Jarak terjadinya berita dengan lokasi berita itu diterbitkan mempunyai arti penting. Misalnya, berita yang terjadi di Jakarta akan menarik pembaca di Jakarta karena ada kedekatan jarak antara kejadian dengan para pembacanya. Para pembaca merasa bahwa kejadian yang diberitakan itu merupakan bagian dari dirinya. Baik secara pribadi maupun secara kelompok masyarakat.

b. Kedekatan psikologis

Selain hubungan kedekatan kedaerahan, juga ada kedekatan psikologis antara masyarakat pembaca dengan berita yang ditampilkan. Kedekatan psikologis ini bisa dilandasi faktor primordial kedaerahan dan nasionalisme.

3. Penting (significant)

berita bersifat penting

berita bersifat penting (proclaimanddefend.org)

Penting tidaknya sebuah berita tidak ditentukan oleh besar kecilnya atau panjang pendeknya berita, tapi ditentukan sejauh mana masyarakat membutuhkan. Kebutuhan ini tidak hanya sekedar kebutuhan informasi tapi juga menyangkut hajat orang banyak.

Baca Juga: pengertian teks anekdot

4. Kejadian luar biasa

Hal-hal yang jarang terjadi akan menarik jika menjadi berita. Biasanya berita merupakan kejadian-kejadian unik. Maka, hal-hal yang biasa tejadi tidak terlalu menarik untuk dibaca. Ada dua kejadian yang biasanya dijadikan teks berita, sebagai berikut.

a. Peristiwa tidak terduga

Peristiwa yang tidak terduga dan merupakan menyangkut hidup orang banyak adalah yan dimaksud disini. Contohnya kejadian bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, dan lain-lain.

b. Tidak pernah ada sebelumnya

Sesuatu dianggap luar biasa karena tidak pernah ada sebelumnya. Hal ini biasanya peristiwa-peristiwa yang muncul atau terjadi tidak seperti kebenaran pada umumnya. Seperti kambing yang melahirkan anjing, atau seorang perempuan yang melahirkan lima orang anak kembar sekaligus, dan lain sebagainya.

5. Tokoh

Semakin populer seorang tokoh dalam berita semakin banyak diminati para pembaca. Karena seorang tokoh tersebut dianggap penting bagi seorang pembaca. Maka rasa ingin tahu akan tokoh tersebut besar pula. Daya tarik seorang tokoh (public fugure)merupakan salah satu unsur yang diandalkan sebuah berita.

6. Eksklusif

Ekslusifitas merupakan salah satu dari ciri-ciri dalam sebuah berita. Ketika banyak media yang memberitakan sebuah peristiwa tersebut, maka harus terdapat unsur eksklusifitas dalam sebuah berita. Dalam penilaian berita, eksklusif ini merupakan nilai yang tinggi.

7. Ketegangan

Berita yang baik adalah berita yang mampu mempengaruhi pembacanya, baik secara positif maupun negatif. Ketegangan seringkali muncul saat pembaca menunggu detik-detik akhir sebuah peristiwa yang akan atau telah terjadi. Misalnya proses penghitungan suara pada pemilihan umum.

8. Konflik

Berita-berita biasanya juga mengandung pertentangan antara pihak-pihak dalam berita tersebut. Berita ini dianggap menarik bagi masyarakat untuk membacanya. Tapi tentunya bukan hanya pertentangan saja yang ditampilkan. Melainkan harus ditunjukkan juga sebab-akibat yang ditimbulkan dan juga diambil dari kedua pihak yang bertentangan.

Jangan sampai sebuah berita berat sebelah. Sebuah berita harus tetap memegang kaidah cover both side, dengan memberi porsi yang sama kepada kedua pihak yang bersengketa.

9. Human interest

Segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia selalu menarik untuk diikuti. Dalam sebuah teks berita, tidak ada satupun yang lepas dari unsur human interest, karena melibatkan perasaan manusia sebagai sumber berita. Setiap kali kita membaca berita, ada unsur kemanusiaan di dalamnya yang membuat perasaan kita tersentuh.

Jenis Berita

Perkembangan media massa yang pesat mampu memberikan sajian berita yang diinginkan masyarakat. Berita mengalami segmentasi sesuai dengan perkembangan masyarakat. Berikut beberapa jenis teks berita yang seringkali dijumpai pada rubrik di media cetak maupun elektronik.

1. Berita Politik

contoh headline berita politik

contoh headline berita politik

Berita politik adalah berita mengenai berbagai macam aktivitas politik yang dilakukan para pelaku politik di partai politik, lembaga legislatif, pemerintahan dan masyarakat secara umum. Misalnya berita tentang pelaksanaan pemilu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: pengertian teks eksplanasi

2. Berita Ekonomi

Sama seperti berita lain, saat ini banyak penerbitan khusus ekonomi, baik harian, mingguan (tabloid) maupun majalah. Berita ekonomi itu memiliki pengaruh yang kuat pada para pelaku ekonomi.

Ada dua macam berita ekonomi, ekonomi makro dan mikro atau bisnis. Ekonomi makro menyangkut kebijakan perekonomian secara nasional. Misalnya kenaikan suku bunga, kebijakan moneter, dan sektor lain. Sedangkan ekonomi mikro berkaitan dengan masalah ekonomi dalam lingkup praktik langsung di lapangan. Misalnya sebuah perusahaan elektronik meluncurkan produk terbaru dan sebagainya.

3. Berita Kriminal

Problem hidup semakin berat menyebabkan banyak orang menempuh jalan pintas agar bisa mempertahankan hidup. Saat ini hampir semua media massa memuat berita kriminalitas, baik dalam rubrik khusus maupun dicampur dengan rubrik lain.

Berita kriminal seperti pembunuhan, perkosaan, perampokan, dan tindak kekerasan yang lain.

4. Berita Olahraga

Ketika pembaca mulai bosan dengan berita politik dan berita kriminal, berita ini menjadi daya tarik tersendiri. Memang belum ada survei khusus pembaca berita, namun secara umum bisa dilihat berita olahraga banyak diminati para pembaca. Itulah sebabnya berbagai media tetap menempatkan olahraga dengan halaman atau ruang khusus dengan tampilan yang menarik.

5. Berita Seni, Hiburan, dan Keluarga

Berita tentang kehidupan selebritis masih menarik perhatian masyarakat. Hampir semua media, koran, stasiun televisi, atau kolom portal pada internet menampilkan infotainment mengenai kehidupan artis dengan segala seluk beluknya. Berita ini menjadi penyegar seperti halnya berita olahraga di tengah hiruk pikuknya situasi politik.

6. Berita Pendidikan

Dibandingkan dengan rubrik lainnya, berita pendidikan adalah yang paling tidak menarik bagi sebagian besar orang. Namun sebagian media selalu menyelipkan berita pendidikan dalam setiap edisinya.

Sifat Berita

Sifat teks berita yang seringkali ditemui adalah sebagai berikut.

1. Terjadwal

Berita terjadwal, yakni berita-berita yang sudah dijadwalkan pada waktu tertentu. Artinya berita yang akan ditulis ini sudah direncanakan sebelumnya. Perencanaan memegan peran penting dalam liputan berita. Untuk itu koordinasi elemen dalam redaksi sangat penting untuk keberhasilan berita.

Contohnya seperti berita pertandingan sepak bola, berita acara pemilu, berita perhelatan seminar, atau berita pernikahan selebriti ternama.

2. Insidentil

Berita insidentil, yakni berita-berita yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga sama sekali. sama seperti berita yang terjadwal, peliputan dan penulisan berita ini juga memerlukan koordinasi setiap elemen dalam redaksi. Hanya saja harus lebih tanggap dan cepat.

Contohnya seperti berita tindakan kriminal perampokan, kecelakaan lalu lintas, ataupun berita tentang bencana alam.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Teks berita berbeda dengan teks dalam jenis tulisan lainnya. Berita memiliki kaidah-kaidah atau aturan tertentu. Ini yang menjadi ciri khas dan pembeda teks berita dengan teks lainnya. Kaidah-kaidah berita yang ada sebagai berikut.

1. Penggunaan Bahasa Baku

ejaan yang disempurnakan

ejaan yang disempurnakan (tigaserangkai.com)

Pada teks berita selalu menggunakan bahasa yang baku. Bukan bahasa trendi atau bahasa gaul. Tetapi, bahasa yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun meskipun bahasa yang digunakan adalah bahasa baku berita tetap dituntut sederhana dan komunikatif. Berita senantiasa luwes dan tidak kaku. Agar pembaca nyaman dan membaca hingga usai.

Baca Juga: pengertian majas

2. Penggunaan Verba Transitif

Teks berita seringkali menggunakan kata kerja (verba) transitif. Yaitu yang dapat diubah ke dalam bentuk pasif. Kata kerja bentuk pasif ini merupakan kata kerja yang dikenai pekerjaan.

3. Penggunaan Verba Pewarta

Selain verba transitif, teks berita juga menggunakan verba pewarta. Yaitu kata kerja yang memuat sebuah percakapan.

4. Penggunaan Kata Keterangan Tempat Dan Waktu (Adverbia)

Kata keterangan (adverb)juga digunakan dalam teks berita untuk menjawab poin “where” dan ”when”dalam sebuah berita.

5. Penggunaan Konjungsi Temporal Atau Waktu

Seperti halnya kalimat-kalimat pada tulisan lain, teks berita juga menggunakan konjungsi (kata hubung). Namun teks berita memiliki kekhasan dengan menggunakan konjungsi temporal, yaitu kata hubung untuk waktu.

Waktu yang dimaksud disini berfungsi untuk menjelaskan rentetan kejadian (kronologis) pada sebuah berita. Karena fungsi dari sebuah berita sendiri adalah menginformasikan sebuah kejadian. Maka kejadian tersebut perlu dipaparkan secara runtut dan jelas.

6. Perpaduan Antara Kalimat Langsung/tidak Langsung

Dalam teks berita, terdapat kutipan-kutipan dari hasil wawancara yang kemudian dijadikan berita. Biasanya perkataan atau penjelasan narasumber menjadi dasar utama atau hanya sebagai informasi pendukung. Meskipun sebagai tambahan informasi saja, penjelasan dari seseorang terkait dianggap penting dalam berita.

Seorang wartawan akan menulis berita berdasarkan apa yang dilihat dan didengarnya dari hasil wawancara atau sebuah pidato. Kemudian diolah menjadi tulisan berbentuk kalimat langsung dengan menyisipkan tanda petik dua di awal dan akhir sebuah kutipan. Kemudian di kalimat atau paragraf selanjutnya bisa ditambahkan dengan kalimat yang dibuat penulis berita sendiri. Namun dengan menambahkan keterangan bahwa hal itu dikatakan seseorang.

Struktur Teks Berita

Seperti halnya teks pada jenis tulisan lainnya, berita juga memiliki struktur teks berita yang menjadi acuan dalam penulisan berita. Berikut tiga struktur yang membentuk suatu berita.

1. Orientasi berita

Merupakan kalimat atau argumen pembuka pada sebuah berita. Orientasi berita ini yang akan menggiring pembaca untuk dibawa pada inti berita. Maka dari itu, orientasi memegang peran penting dalam menentukan ke mana arah berita akan menginformasikan pada pembaca. Dalam arti lain, orientasi berita adalah penjelasan singkat tentang berita yang sedang dibahas.

2. Kejadian atau peristiwa

Pada struktur kejadian/peristiwa ini merupakan runtutan cerita atau kronologis suatu kejadian yang diberitakan. Hal yang diinformasikan di sini tentu berdasarkan fakta yang terdapat di lapangan.

3. Sumber berita

Setelah pembaca mengetahui isi berita maka pembaca akan bertanya dari manakah sumber berita ini. Maka dari itu, dalam struktur berita harus menyebutkan sumber berita yang didapatkan manakala wartawan melakukan peliputan. Misalnya keterangan dari hasil wawancara seorang saksi atau pelaku dalam berita.

Baca Juga: pengertian teks prosedur

Materi teks berita di atas tentu tidak lengkap jika tidak disajikan pula dengan contoh teks berita. Berita dapat tersedia dalam berbagai bahasa. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, bahkan bahasa daerah seperti bahasa Jawa. Seperti halnya berita dalam bahasa Indonesia,teks berita bahasa inggris juga memiliki struktur dan kaidah yang berlaku.

Berikut contoh berita yang biasanya terdapat pada koran, majalah, maupun portal berita online.Dengan membaca beberapa contoh berita di bawah ini,kita juga sekaligus dapat belajarcontoh teks berita beserta strukturnya.

Contoh Teks Berita Beserta Struktur dan Kaidahnya

1. Contoh Teks Berita Tentang Konflik

gambar teks berita konflik

gambar teks berita konflik (bbc.com)

Berita tentang konflik di Palestina hingga kini masih hangat dibicarakan. Mari simak contoh teks berita dalam VOA Indonesia Edisi 02 April 2019.

Satu Orang Warga Palestina Tewas dalam Konflik dengan Tentara Israel

Para pejabat Palestina mengatakan hari Selasa bahwa pasukan Israel menembak dan membunuh seorang pria Palestina dalam bentrokan dengan pasukan di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Keluarga pria berusia 23 tahun itu pergi ke rumah sakit untuk menerima jenazahnya. Militer Israel mengatakan tentara melepaskan tembakan setelah orang-orang Palestina melemparkan batu dan bahan peledak ke arah mereka dalam penggrebekan untuk menangkap seorang tersangka di Ramallah.

Ketegangan semakin tinggi di Tepi Barat sejak seorang Palestina membunuh seorang tentara Israel dan seorang membunuh dan seorang rabi dalam serangan dengan penikaman dan penembakan pada pertengahan Maret lalu.[]

2. Contoh Teks Berita Tentang Politik

Berikut contoh teks berita singkat tentang politik dalam Jawa Pos Edisi 30 Juni 2006.

Diperiksa, Ferry Tetap Merasa Benar

Jakarta – Ketua Pansus RUU Pemerintahan Aceh Ferry Mursidan Baldan akhirnya diperiksa Badan Kehormatan (BK) DPR terkait dengan uang amplop Rp 5 juta dari Depdagri. Namun Ferry tetap kukuh pada pendiriannya bahwa langkahnya mengusulkan uang lelah pada Pansus RUU Aceh itu tidak salah.

Ferry menegaskan, pertimbangan pemberian uang amplop Rp 5 juta itu murni uang transportasi anggota dewan. “Inisiatif memberikan uang itu dari saya. Bukan dari pemerintah,” ujar anggota Komisi II DPR ini.

Menurut dia, dana anggaran dari DPR tidak mencukupi untuk pemberian uang tambahan transportasi. Padahal, tambahan transportasi itu perlu diberikan. “Saat itu, DPR sedang reses sehingga harus bolak-balik menemui konstituen dan ke Senayan,” katanya.

Karena itu sebagai pemimpin Pansus, dia berinisiatif mengusulkan pemberian uang tambahan tersebut dari Depdagri sebagai salah satu mitra Pansus RUU Pemerintah Aceh. “Saya jelaskan semua kronologisnya. Mulai pertimbangan saya memberikan uang tambahan  sampai kebijakan itu dicabut,” kata anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Sementara itu, usai memeriksa Ferry, Ketua BK Slamet Effendy Yusuf tak banyak berkomentar. Slamet hanya mengatakan, BK baru sebatas meminta keterangan dari yang bersangkutan. Karena itu, BK belum bisa mengambil kesimpulan atas kasus tersebut. Saat ditanya soal kemungkinan meminta keterangan dari Mendagri M. Ma’ruf yang mengucurkan dana amplop ke anggota Pansus, Slamet menampik. “Siapa bilang kami mau memanggil Mendagri,” katanya.

Mengenai sejumlah anggota Pansus RUU PA yang juga duduk di BK, Slamet mengatakan bahwa dirinya tidak akan melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan. Anggota Pansus Aceh yang juga anggota BK adalah Imam Sudja (FPAN), Budi Harsono (FPG) dan Zainal Abidin Husein (FBR). “Bahkan, tadi kami tidak memberikan kesempatan mereka untuk bertanya,” tegasnya. (abi)

Baca Juga: pengertian drama

3. Contoh Teks Berita Tentang Banjir

gambar teks berita banjir

gambar teks berita banjir (kompas)

Berikut teks berita singkat tentang banjir di daerah kabupaten di Jawa Tengah.

Banjir Porakporandakan 16 Desa di Purbalingga

Sedikitnya 16 desa di Kabupaten Purbalingga Senin (31/8) dini hari porakporanda dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Klawing menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah kabupaten tersebut selama dua hari dua malam. Hingga semalam belum diperoleh angka pasti besarnya kerugian serta rumah penduduk yang hancur akibat banjir bandang tersebut.

Untuk menyelamatkan para penduduk yang terperangkap banjir, empat kompi dari Batalyon 408 Purbalingga dikerahkan. Desa-desa yang dilanda banjir itu umumnya berada di sepanjang sungai tersebut, terutama di Kecamatan Kemangkon dan Purbalingga. Dari 16 desa tercatat tiga desa yang menderita paling parah, yakni Desa Jetis, Kalialang, dan Muntang. Di tiga desa tersebut hampir seluruh penduduknya diungsikan, karena ketinggian air mencapai 0,75 sampai 1,5 meter. Dari 2.300 penduduk, yang mengungsi sebanyak 1.800 jiwa, diantaranya ditampung di Markas Batalyon 408 Purbalingga, sedangkan sisanya menyebar ke berbagai tempat.

Penduduk yang mengungsi ditampung di tempat-tempat yang cukup tinggi agar terhindar dari banjir. Sedangkan sejumlah rumah yang hancur diperkirakan mencapai ratusan buah, namun sejauh ini belum ditemukan adanya korban jiwa akibat banjir.[]

4. Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Berikut teks berita terbaru seputar peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) satu tahun yang lalu di Indonesia. Berita ini diambil dari Radar Surabaya, Edisi Kamis, 03 Mei 2018.

JSIT Jatim Launching Program Bantuan Pendidikan Rp 1 Miliar

Kediri – Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Jawa Timur melalui Bidang Sosial Kemanusiaan meluncurkan program bantuan pendidikan sebesar Rp 1 miliar kemarin (2/5). Acara digelar di GOR Jayabaya, JSIT Kediri sebagai tuan rumah. Ketua JSIT Kediri dijabat oleh Endang Lestari yang merupakan Kepala Sekolah SDIT Bina Insani. Kegiatan tersebut diikuti seluruh JSIT Jatim.

Hadir dalam acara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Kediri Chevy Ning Suyudi dan seluruh pengurus JSIT area Jatim. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dalam launching program bantuan ini akan disalurkan secara proporsional ke Sekolah Islam Terpadu yang berada di kabupaten/kota.

JSIT Jawa Timur memprioritaskan bantuan kepada para pendidik daerah. “Kami memberikan program bantuan pendidikan bagi guru sebagai bentuk apresiasi karena jasanya mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Ketua JSIT Jawa Timur, Yuli Sugiarto.

Hal ini merupakan wujud kepedulian JSIT terhadap kesejahteraan para guru. Ini juga menjadi cara untuk meningkatkan kualitas guru dalam mendidik siswanya di JSIT Jawa Timur. Saat ini, sebanyak 38 anggota JSIT di Jawa Timur dan 4.870 siswa di JSIT Jawa Timur. (adv/ik2/tyo)

Beberapa teks berita di atas bisa menjadi contoh dalam penulisan berita. Karena diambil dari berbagai sumber. Jika menginginkan lebih banyak lagi contoh teks berita terbaru dapat dengan mudah ditemukan di banyak media. Seperti koran, majalah, tabloid atau portal berita online.

Baca Juga: pengertian poster

5. Contoh Teks Berita Eksposisi

gambar teks berita eksposisi olahraga

gambar teks berita eksposisi olahraga (bayernstrikes.com)

Selain berita dengan tema-tema tertentu ada juga berita yang isinya mengakumulasi penjelasan dan menguraikan suatu kejadian. Berita ini disebut dengan eksposisi berita. Eksposisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah uraian (paparan) yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan (misalnya suatu karangan).

Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh teks eksposisi berita di bawah ini.

Lima Kali Bayern Selalu Digagalkan Klub Spanyol

Madrid – Sekali lagi Bayern Munich tak mampu melewati tim asal Spanyol untuk mencapai babak puncak Liga Champions. Nasib mereka di Liga Champions nyatanya tak semujur di Bundesliga.

Tercatat dalam empat musim terakhir, wajah para pemain Bayern tak pernah bisa menghiasi pertandingan di partai final. Langkah mereka selalu terhenti sebelum sampai ke babak final. Trofi Liga Champions terakhir pun diraih tim asuhan Jupp Heynckes tersebut pada musim 2012-2013.

Hasil minor Bayern pada Rabu (2/5) dini hari pun membuat catatan buruk mereka di Liga Champions semakin panjang. Kini, mereka memastikan diri gagal tampil di babak final dalam lima musim terakhir.

Kegagalan Bayern di Liga Champions nyatanya menyimpan sebuah fakta unik. Dalam lima musim terakhir, langkah Die Roten – julukan Bayern – di ajang tersebut ternyata selalu terhenti oleh klub asal Spanyol. Kemampuan apik Bayern untuk menaklukan tim-tim di Jerman nyatanya belum manjur untuk mengalahkan tim asal Spanyol. Hal ini bahkan terjadi sejak tahun 2013-214 hingga musim ini.

Pada Liga Champions 2013-2014 Bayern harus mengakui keperkasaan Madrid. Di musim pertama Josep Guardiola melatih Bayern, mereka bahkan harus menelan kekalahan telak dengan agregat skor 0-5 dari Los Blancos – julukan Madrid. Tak satupun gol dapat mereka sarangkan ke gawang Madrid saat berjumpa di musim ini.

Hal yang sama juga harus dirasakan Bayern pada musim 2014-2015. Kali ini Bayern harus mencicipi keperkasaan Barcelona di semifinal. Pada leg I yang digelar di Camp Nou, Barcelona dapat meraih kemenangan dengan skor 3-0. Sebenarnya, Bayern berhasil membalas dendam mereka dengan menang 3-2 namun hasil itu belum cukup untuk meloloskan mereka ke partai puncak.

Musim selanjutnya, Bayern kembali takluk dari tim papan atas Spanyol. Kali ini giliran Atletico Madrid yang mengubur impian Bayern di babak semifinal. Meski telah sampai sama kuat dengan raihan 2-2 usia melakoni dua pertandingan. Langkah Bayern harus tetap terhenti karena kalah agresivitas gol tandang.

Seakan tak belajar dari kesalahan, Bayern harus kembali menelan kekalahan dari tim Spanyol di musim selanjutnya. Pada Liga Champions 2016-2017 Madrid kembali berhasil menyingkirkan Bayern. Usai kalah 1-2 di kandang sendiri, Bayern kembali dibuat tak berdaya dengan skor 2-4 saat berjumpa di Santiago Bernabeu. Musim ini, tekad Bayern untuk memperbaiki trend buruknya di Liga Champions harus kembali dipatahkan oleh Madrid. Mereka harus takluk dengan agregat skor 3-4 dari Madrid.(espn/rak)

Penyusunan teks berita memiliki proses yang panjang. Sejak peliputan, penulisan, pengeditan, hingga pelaporan. Berita yang baik adalah berita yang memihak masyarakat, bukan hanya semata-mata mengejar trending dan viral.

Baca Juga: pengertian pantun

Setelah belajar berbagai bahasan seputar berita, maka diketahui bahwa menulis berita bukanlah hal yang sulit. Kita hanya perlu lebih banyak lagi membaca dan terus berlatih menulis.

Originally posted 2019-05-05 17:24:00.