Ciri-Ciri Berita

2 min read

ciri berita

Berita mengandung unsur-unsur yang membangun berita sejak proses penulisannya. Unsur-unsur ini yang kemudian menjadi ciri-ciri berita.

Agar dapat mengidentifikasi sebuah tulisan yang dinamakan sebagai berita, berikut ciri-ciri teks berita.

1. Aktual

Salah satu ciri khas media massa adalah berpacu dengan waktu. Salah satu modal dalam memenangkan bisnis media adalah kecepatan. Berita harus segera sampai ke tangan pembaca dan layak dibaca.

Kecepatan ini juga tak lepas dari kerja redaksi dalam menyelesaikan seluruh proses pembuatan berita (deadline). Redaksi harus memiliki deadline yang ketat untuk menjamin kelancaran proses selanjutnya.

2. Kedekatan (proximity)

Salah satu pertimbangan seseorang untuk membaca kemudian membeli berita adalah adanya unsur kedekatan. Unsur ini mempengaruhi aspek psikologis seseorang.

Suatu berita yang mengandung unsur kedekatan dapat mempengaruhi seseorang baik secara pribadi maupun kelompok masyarakat.

Terlebih pada berita-berita yang berhubungan dengan dirinya.selain kedekatan mengenai aspek psikologis tapi juga lokasi kejadian. Ada dua jenis kedaulatan yang akan mempengaruhi minat pembaca, sebagai berikut.

a. Kedekatan geografis

Jarak terjadinya berita dengan lokasi berita itu diterbitkan mempunyai arti penting. Misalnya, berita yang terjadi di Jakarta akan menarik pembaca di Jakarta karena ada kedekatan jarak antara kejadian dengan para pembacanya.

Para pembaca merasa bahwa kejadian yang diberitakan itu merupakan bagian dari dirinya. Baik secara pribadi maupun secara kelompok masyarakat.

b. Kedekatan psikologis

Selain hubungan kedekatan kedaerahan, juga ada kedekatan psikologis antara masyarakat pembaca dengan berita yang ditampilkan. Kedekatan psikologis ini bisa dilandasi faktor primordial kedaerahan dan nasionalisme.

3. Penting (significant)

berita bersifat penting
berita bersifat penting (proclaimanddefend.org)

Penting tidaknya sebuah berita tidak ditentukan oleh besar kecilnya atau panjang pendeknya berita, tapi ditentukan sejauh mana masyarakat membutuhkan. Kebutuhan ini tidak hanya sekedar kebutuhan informasi tapi juga menyangkut hajat orang banyak.

Baca Juga: pengertian teks anekdot

4. Kejadian luar biasa


Hal-hal yang jarang terjadi akan menarik jika menjadi berita. Biasanya berita merupakan kejadian-kejadian unik. Maka, hal-hal yang biasa tejadi tidak terlalu menarik untuk dibaca. Ada dua kejadian yang biasanya dijadikan teks berita, sebagai berikut.

a. Peristiwa tidak terduga

Peristiwa yang tidak terduga dan merupakan menyangkut hidup orang banyak adalah yan dimaksud disini. Contohnya kejadian bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, dan lain-lain.

b. Tidak pernah ada sebelumnya

Sesuatu dianggap luar biasa karena tidak pernah ada sebelumnya. Hal ini biasanya peristiwa-peristiwa yang muncul atau terjadi tidak seperti kebenaran pada umumnya. Seperti kambing yang melahirkan anjing, atau seorang perempuan yang melahirkan lima orang anak kembar sekaligus, dan lain sebagainya.

5. Tokoh

Semakin populer seorang tokoh dalam berita semakin banyak diminati para pembaca. Karena seorang tokoh tersebut dianggap penting bagi seorang pembaca.

Maka rasa ingin tahu akan tokoh tersebut besar pula. Daya tarik seorang tokoh (public fugure)merupakan salah satu unsur yang diandalkan sebuah berita.

6. Eksklusif

Ekslusifitas merupakan salah satu dari ciri-ciri dalam sebuah berita. Ketika banyak media yang memberitakan sebuah peristiwa tersebut, maka harus terdapat unsur eksklusifitas dalam sebuah berita. Dalam penilaian berita, eksklusif ini merupakan nilai yang tinggi.

7. Ketegangan

Berita yang baik adalah berita yang mampu mempengaruhi pembacanya, baik secara positif maupun negatif. Ketegangan seringkali muncul saat pembaca menunggu detik-detik akhir sebuah peristiwa yang akan atau telah terjadi. Misalnya proses penghitungan suara pada pemilihan umum.

8. Konflik

Berita-berita biasanya juga mengandung pertentangan antara pihak-pihak dalam berita tersebut. Berita ini dianggap menarik bagi masyarakat untuk membacanya.

Tapi tentunya bukan hanya pertentangan saja yang ditampilkan. Melainkan harus ditunjukkan juga sebab-akibat yang ditimbulkan dan juga diambil dari kedua pihak yang bertentangan.

Jangan sampai sebuah berita berat sebelah. Sebuah berita harus tetap memegang kaidah cover both side, dengan memberi porsi yang sama kepada kedua pihak yang bersengketa.

9. Human interest

Segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia selalu menarik untuk diikuti.

Dalam sebuah teks berita, tidak ada satupun yang lepas dari unsur human interest, karena melibatkan perasaan manusia sebagai sumber berita. Setiap kali kita membaca berita, ada unsur kemanusiaan di dalamnya yang membuat perasaan kita tersentuh.

Jenis Teks Berita Sifat Teks Berita Kaidah Teks BeritaStrukur Teks Berita


Pengertian Toleransi

admin-yusron
4 min read

Pengertian Novel

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *