Struktur Teks Berita

47 sec read

struktur teks berita

Seperti halnya teks pada jenis tulisan lainnya, berita juga memiliki struktur teks berita yang menjadi acuan dalam penulisan berita.

Berikut tiga struktur yang membentuk suatu berita.

1. Orientasi berita

Merupakan kalimat atau argumen pembuka pada sebuah berita. Orientasi berita ini yang akan menggiring pembaca untuk dibawa pada inti berita.

Maka dari itu, orientasi memegang peran penting dalam menentukan ke mana arah berita akan menginformasikan pada pembaca. Dalam arti lain, orientasi berita adalah penjelasan singkat tentang berita yang sedang dibahas.

2. Kejadian atau peristiwa

Pada struktur kejadian/peristiwa ini merupakan runtutan cerita atau kronologis suatu kejadian yang diberitakan. Hal yang diinformasikan di sini tentu berdasarkan fakta yang terdapat di lapangan.

3. Sumber berita


Setelah pembaca mengetahui isi berita maka pembaca akan bertanya dari manakah sumber berita ini.

Maka dari itu, dalam struktur berita harus menyebutkan sumber berita yang didapatkan manakala wartawan melakukan peliputan. Misalnya keterangan dari hasil wawancara seorang saksi atau pelaku dalam berita.

Baca Juga: pengertian teks prosedur

Materi teks berita di atas tentu tidak lengkap jika tidak disajikan pula dengan contoh teks berita. Berita dapat tersedia dalam berbagai bahasa.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, bahkan bahasa daerah seperti bahasa Jawa. Seperti halnya berita dalam bahasa Indonesia, teks berita bahasa inggris juga memiliki struktur dan kaidah yang berlaku.

Jenis Teks Berita Sifat Teks Berita Kaidah Teks BeritaCiri Teks Berita


Pengertian Toleransi

admin-yusron
4 min read

Pengertian Novel

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *