Contoh Teks Berita Eksposisi

1 min read

contoh teks berita eksposisi

Selain berita dengan tema-tema tertentu ada juga berita yang isinya mengakumulasi penjelasan dan menguraikan suatu kejadian. Teks berita ini disebut dengan eksposisi berita.

Eksposisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah uraian (paparan) yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan (misalnya suatu karangan).

Lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh teks eksposisi berita di bawah ini.

Judul: Lima Kali Bayern Selalu Digagalkan Klub Spanyol

Madrid – Sekali lagi Bayern Munich tak mampu melewati tim asal Spanyol untuk mencapai babak puncak Liga Champions. Nasib mereka di Liga Champions nyatanya tak semujur di Bundesliga.

Tercatat dalam empat musim terakhir, wajah para pemain Bayern tak pernah bisa menghiasi pertandingan di partai final. Langkah mereka selalu terhenti sebelum sampai ke babak final. Trofi Liga Champions terakhir pun diraih tim asuhan Jupp Heynckes tersebut pada musim 2012-2013.

gambar teks berita eksposisi olahraga
gambar teks berita eksposisi olahraga (bayernstrikes.com)

Hasil minor Bayern pada Rabu (2/5) dini hari pun membuat catatan buruk mereka di Liga Champions semakin panjang. Kini, mereka memastikan diri gagal tampil di babak final dalam lima musim terakhir.

Kegagalan Bayern di Liga Champions nyatanya menyimpan sebuah fakta unik. Dalam lima musim terakhir, langkah Die Roten – julukan Bayern – di ajang tersebut ternyata selalu terhenti oleh klub asal Spanyol.

Kemampuan apik Bayern untuk menaklukan tim-tim di Jerman nyatanya belum manjur untuk mengalahkan tim asal Spanyol. Hal ini bahkan terjadi sejak tahun 2013-214 hingga musim ini.


Pada Liga Champions 2013-2014 Bayern harus mengakui keperkasaan Madrid. Di musim pertama Josep Guardiola melatih Bayern, mereka bahkan harus menelan kekalahan telak dengan agregat skor 0-5 dari Los Blancos – julukan Madrid. Tak satupun gol dapat mereka sarangkan ke gawang Madrid saat berjumpa di musim ini.

Hal yang sama juga harus dirasakan Bayern pada musim 2014-2015. Kali ini Bayern harus mencicipi keperkasaan Barcelona di semifinal.

Pada leg I yang digelar di Camp Nou, Barcelona dapat meraih kemenangan dengan skor 3-0. Sebenarnya, Bayern berhasil membalas dendam mereka dengan menang 3-2 namun hasil itu belum cukup untuk meloloskan mereka ke partai puncak.

Musim selanjutnya, Bayern kembali takluk dari tim papan atas Spanyol. Kali ini giliran Atletico Madrid yang mengubur impian Bayern di babak semifinal.

Meski telah sampai sama kuat dengan raihan 2-2 usia melakoni dua pertandingan. Langkah Bayern harus tetap terhenti karena kalah agresivitas gol tandang.

Seakan tak belajar dari kesalahan, Bayern harus kembali menelan kekalahan dari tim Spanyol di musim selanjutnya.

Pada Liga Champions 2016-2017 Madrid kembali berhasil menyingkirkan Bayern. Usai kalah 1-2 di kandang sendiri, Bayern kembali dibuat tak berdaya dengan skor 2-4 saat berjumpa di Santiago Bernabeu.

Musim ini, tekad Bayern untuk memperbaiki trend buruknya di Liga Champions harus kembali dipatahkan oleh Madrid. Mereka harus takluk dengan agregat skor 3-4 dari Madrid.(espn/rak)

Jenis Teks Berita Sifat Teks Berita Kaidah Teks BeritaStrukur Teks BeritaCiri Teks Berita

Contoh lain:

  1. Contoh Teks Berita Tentang Konflik
  2. Contoh Teks Berita Tentang Politik
  3. Contoh Teks Berita Tentang Banjir
  4. Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *