Contoh Proposal Penelitian

Contoh proposal penelitian sangatlah beragam, namun sebelum menuju ke contoh, tentu kamu harus paham dulu apa itu proposal.

Proposal merupakan sebuah dokumen yang mengusulkan mengenai hal yang akan kamu laksanakan dan itu sebagai langkah awal kamu untuk melakukan sesuatu.

Proposal memiliki banyak macam, bergantung pada hal yang akan kamu lakukan. Contohnya saja ada proposal kegiatan, proposal bisnis, proposal penelitian dan proposal proyek. Namun, saat ini kita akan focus pada proposal penelitian terlebih dahulu.

Proposal penelitian adalah dokumen atau rencana yang disertakan program atau proses penelitian untuk mengusulkan proyek penelitian yang akan kamu lakukan.

Proposal penelitian juga dibagi menjadi 4, bergantung pada metode penelitian yang akan kamu pakai.

Ada proposal penelitian pengembangan, kajian pustaka, kualitatiif dan kuantitatif. Berikut contoh dari proposal penelitian

“APLIKASI PENGOLAHAN DATA PEGAWAI PADA DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KAB. REJANG LEBONG MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI VERSI 7.0”

A. Latar Belakang

Karena penyebaran teknologi informasi yang kurang optimal dan tidak merata, dirasakan adanya kelemahan pada instansi Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (SOSNAKER) Kabupaten Rejang Lebong khususnya pada pengolahan data pegawai.

Dimana banyaknya laporan yang  disimpan masih berupa arsip pembukuan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencari data-data pegawai serta lamanya waktu dalam melakukan seleksi pegawai yang akan naik pangkat, dan memungkinkan terjadinya keterlambatan dan kesalahan dalam penyediaan informasi yang dibutuhkan, dan dalam pengambilan suatu keputusan yang sangat berarti bagi pimpinan dan pegawai yang bersangkutan.

B. Perumusan Masalah

Pada dasarnya data pegawai pada Kantor Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja (SOSNAKER) Kabupaten Rejang Lebong sudah dilakukan secara komputerisasi, namun pemakaian komputer tersebut belum dilakukan secara optimal dan efektif serta belum bisa digunakan sesuai sasaran yang diinginkan.

Adapun permasalahan yang muncul dalam pengolahan data pegawai adalah : “Bagaimana membuat aplikasi pengolahan data pegawai dapat lebih cepat dan tepat ?”

C. Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih terarah dan permasalahan yang dihadapi tidak terlalu luas serta sesuai dengan tujuan yang dicapai, maka ditetapkan batasan terhadap sistem yang diteliti, sehingga masalah yang dibahas pada laporan ini hanya terpusat pada pengolahan data khususnya pengolahan data kenaikan pangkat pegawai Kantor Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja (SOSNAKER) Kabupaten Rejang Lebong dengan menggunakan Borland Delphi 7.0.

D. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi masalah pada sistem yang sedang berjalan.
  2. Membuat rancangan sistem informasi baru untuk data pegawai yang menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi oleh Kantor Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja (SOSNAKER) Kabupaten Rejang Lebong Dengan Menggunakan Pemrograman Borland Delphi7.0.

E. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang akan diperoleh dari penyusunan laporan tugas akhir ini adalah :

  1. Bagi instansi yang diteliti, diharapkan dengan adanya Aplikasi yang baru dapat membantu mempercepat proses pengolahan data pegawaiuntuk mendapatkan informasi yang diinginkan secara cepat dan akurat.
  2. Bagi penyusun diharapkan dapat menambah pengetahuan terapan dan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat semasa kuliah dengan kondisi yang ada dilapangan.

F. Metodelogi Penelitian

Untuk mendapatkan hasil pembahasan dari suatu masalah dan kesimpulan, di perlukan data informasi yang objektif, sebelum data diperoleh terlebih dahulu harus diserasikan dengan masalah-masalah yang dihadapi dan tidak menyimpang dari pokok masalah.

Pada penelitian ini sangat diperlukannya pengembangan sistem, agar user merasa nyaman dalam menjalankan suatu sistem yang akan digunakan. Pengembangan sistem informasi sering disebut sebagai proses pengembangan sistem (System Development).

Pengembangan sistem didefinisikan sebagai aktivitas untuk menghasilkan sistem informasi berbasis komputer untuk menyelesaikan persoalan (problem) organisasi atau memanfaatkan  kesempatan (opportunities) yang timbul. Oleh karena itu penulis menggunakan metode pengembangan sistem, agar software yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Menurut Aji Supriyanto (2005:271) pengembangan suatu sistem yang berbasis komputer hendaklah mengikuti tahap-tahap sebagai berikut:

  1. Tahap Perencanaan Sistem
    Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan-kebutuhan sumber daya seperti perangkat fisik, manusia, metode (teknik dan operasi), dan anggaran yang sifatnya masih umum (belum detail/rinci).
  2. Tahap Analisis Sistem
    Tahap analisis sistem adalah tahap penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbaharui.
  3. Tahap Desain Sistem
    Tahap desain sistem adalah tahap setelah analisis sistem yang menentukan proses dan data yang dilakukan oleh sistem baru.
  4. Tahap Implementasi
    Tahap implementasi atau penerapan adalah tahap di mana desain sistem dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan.
  5. Tahap Pemeliharaan
    Tahap memelihara merupakan tahap yang dilakukan setelah tahap implementasi, yang meliputi pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan, dan peningkatan sistem.

Disamping itu adanya metode pengumpulan data, adapun metode penelitian yang digunakan untuk menyusun proposal ini terdiri dari:

  1. Penelitian Lapangan (Field Research)
    Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meninjau langsung objek yang diteliti agar tercapainya tujuan dan hasil yang maksimal. Adapun sistematikanya adalah sebagai berikut :

    • a) Observasi, yaitu mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan langsung dan disampaikan sebagai dasar dalam merancang sistem informasi yang nantinya akan menunjang dalam pembuatan sistem informasi yang baru.
    • b) Wawancara, yaitu mengumpulkan data dengan cara komunikasi langsung dengan pihak yang bersangkutan (sumber penelitian) dan didapatkan suatu hasil rancangan dan data-data atau informasi yang nantinya akan menjadi penunjang dalam perancangan suatu sistem.
  2. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
    Yaitu penelitian yang dilakukan dengan mempelajari buku-buku, literatur-literatur dan sumber bacaan lainnya yang erat hubungannya dengan penelitian yang dilakukan.
  3. Penelitian Labor (Laboratory Research)
    Dalam penelitian ini dilakukan perancangan program dan mempraktekkan langsung hasil dari analisa, pengetikan dan menguji kebenaran rancangan sistem yang diciptakan dengan menggunakan perangkat komputer dan aplikasi yang nantinya menghasilkan sistem yang siap diterapkan.

G. Sistematika Penulisan

Adapun dalam penulisan Tugas Akhir ini, sistematika pembahasannya adalah  sebagai berikut :

  1. Bagian Awal
    1. HALAMAN SAMPUL DEPAN
    2. HALAMAN JUDUL
    3. HALAMAN PERESETUJUAN DOSEN PEMBIMBING
    4. HALAMAN PENGESAHAN
    5. HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN
    6. HALAMAN KATA PENGANTAR
    7. HALAMAN DAFTAR ISI
    8. HALAMAN DAFTAR TABEL
    9. HALAMAN DAFTAR GAMBAR
    10. HALAMAN DAFTAR LAMPIRAN
    11. HALAMAN INTISARI/ABSTRAK
  2. Bagian Isi
    • BAB 1: Pada bab ini akan dibahas tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian yang digunakan, dan sistematika penulisan Tugas Akhir
    • BAB II: Pada bab ini berisikan tentang landasan teori yaitu membahas pengertian sistem informasi, tinjauan umum perangkat lunak, teknik pemrograman, tinjauan umum dan konsep parancangan database.
    • BAB III: Berisikan tentang gambaran umum dari obyek penelitian yaitu, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi dalam perusahaan, dan uraian tugas karyawan pada perusahaan.
    • BAB IV: Dalam bab ini membahas analisa dan hasil yang berisikan Analisis Sistem, Desain Sistem, Testing dan Hasil dan Implementasi
    • BAB V: Bab ini merupakan bab terakhir dari penelitian yang Berisikan tentang kesimpulan dan saran dari hasil penelitian.
  3. Bagian Akhir
    1. DAFTAR PUSTAKA
    2. LAMPIRAN-LAMPIRAN

Download PDF | Download Word (DOCX)

Download Contoh Proposal Penelitian Sosial


Download DOC | Download PDF

Selengkapnya: Contoh proposal penelitian sosial

Download Contoh Proposal Penelitian Pendidikan

Download DOC | Download PDF

Selengkapnya: Contoh proposal penelitian pendidikan

Download Contoh Proposal Penelitian Sederhana

Download DOC | Download PDF

Selengkapnya: Contoh proposal penelitian sederhana

Download Contoh Proposal Penelitian PKM

Download DOC | Download PDF

Selengkapnya: Contoh proposal penelitian PKM

Download Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Download DOC | Download PDF

Selengkapnya: Contoh proposal penelitian kuantitatif

Download Contoh Proposal Skripsi Ilmiah

Download DOC | Download PDF

Selengkapnya: Contoh proposal penelitian ilmiah

Download Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Download DOC | Download PDF

Selengkapnya: Contoh proposal penelitian kualitatif

Itulah salah satu contoh proposal penelitian yang membahas tentang aplikasi. Dan kamu bisa menjadikan contoh tersebut sebagai referensi untuk kamu yang akan membuat proposal.

Buatlah dengan bahasa persuasif dan struktur yang tepat sesuai kaidah penulisan proposal, supaya proposalmu bisa segera di acc dan kamu bisa langsung melakukan penelitian yang kamu inginkan.


Leave a Comment