Contoh Proposal Penelitian Skripsi Ilmiah

Contoh proposal penelitian ilmiah memiliki banyak versi, tergantung pada siapa proposal itu diajukan.

Untuk proposal penelitian yang diajukan sebagai tugas akhir perkuliahan, format penulisan  proposal biasanya sudah ditentukan dari pihak universitas atau bahkan fakultas.

Maka, kamu cukup mencari buku panduan penulisan tugas akhir yang biasanya juga disediakan oleh fakultas dan mempelajari format yang sudah ditentukan ketika hendak menulis proposal penelitian.

Contoh proposal penelitian ilmiah dapat anda dapatkan dari berbagai sumber. Salah satunya adalah internet. Secara garis besar, proposal penelitian terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir. Idealnya, jumlah keseluruhan halaman proposal tidak lebih dari 25 halaman.

Bagian awal proposal mencakup halaman judul dan halaman persetujuan. Pada halaman judul terdapat beberapa hal yang dimuat, yaitu judul, tujuan proposal penelitian, lambang lembaga, nama penyusun, dosen pembimbing, waktu pengajuan, dan nama program studi atau fakultas.

Halaman Cover

Contoh :

KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI INDONESIA

contoh logo proposal penelitian

PROPOSAL SKRIPSI

 

Diajukan Kepada Fakultas Hukum
Universitas Negeri Cakra Buana
Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Hukum

Disusun Oleh:
Nofi Suhartini
120237273

Dosen Pembimbing Skripsi:
Ir. Zafirotul Umami, S.H
NIP. 9234053 232392 002

PROGRAM STUDI HUKUM

FAKULTAS HUKUM
UNIVERSITAS NEGERI CAKRA BUANA
2019

Setelah halaman judul, adalah halaman persetujuan. Halaman ini berisi persetujuan dari pembimbing utama maupun pembimbing pendaming beserta tanda tangan dan tanggal disetujuinya proposal penelitian tersebut.

Halaman Persetujuan

Contoh:

Lampiran 2. Contoh halaman persetujuan proposal penelitian

Proposal Penelitian

KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI INDONESIA

Diajukan oleh:

Nofi Suhartini

15/5428/PPT/2211

Telah disetujui oleh:


 

Ir. Zafirotul Umami, S.H.. tanggal ………………………………

Pembimbing Utama

Muhandisin, S.H., Ph.D. tanggal ………………………………

Pembimbing Pendamping

 

Bagian Utama proposal penelitian berisi latar belakang, tujuan, dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, landasan teori, hipotesis, metode penelitian, serta rancangan kurun waktu penelitian.

A. Latar belakang

Sampah adalah persoalan krusial yang perlu penanganan serius. Indonesia telah dikenal sebagai negara penyumbang sampah plastik terbanyak ke dua di dunia setelah china.

Sayangnya, kondisi Indonesia yang seperti ini, nyatanya belum terlihat ada penanganan serius yang dilakukan oleh pemerintah. Untuk itu, penyusun tertarik untuk meneliti kebijakan pemerintah terhadap penanganan sampah ini.

Apakah sebenarnya telah ada regulasi yang mengatur tapi belum terlaksana, ataukah belum terdapat regulasinya sama sekali. Penelitian ini juga akan membahas mengenai faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat atas penanganan sampah ini.

B. Tujuan dan manfaat penelitian

Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah mengetahui kebijakan pemerintah terhadap penanganan sampah yang ada, serta menganalisis faktor-faktor yang menghambat serta mendukung penanganan sampah ini terlaksana.

Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi dan masukan terhadap pemangku kebijakan atas regulasi yang selama ini berjalan. Sehingga penanganan sampah dapat dilakukan dengan lebih baik dari sebelumnya.

C. Tinjauan Pustaka

Penyusun telah melakukan tinjauan terhadap beberapa hasil penelitian yang membahas subjek yang sama untuk mengetahui kebaruan topik penelitian yang penyusun tulis demi menghindari plagiasi.

Pertama, adalah Pertama adalah Tesis yang ditulis oleh Faizah pada tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga berbasis Masyarakat (Studi Kasus Kota Yogyakarta).

Skripsi ini membahas pengelolaan sampah dari sudut pandang Ilmu Lingkungan, berbeda dengan skripsi yang penyusun tulis yaitu berdasarkan sudut pandang keilmuan Ilmu Hukum yaitu fokus pada kebijakan pemerintah.

Selain itu, tesis yang ditulis oleh Faizah hanya terfokus pada sampah rumah tangga, sedangkan penulis membahas jenis sampah secara keseluruhan.

D. Landasan Teori

Penyusun mengacu pada 2 (dua) teori untuk menganalisis permasalahan yang diteliti, yaitu Teori Hukum Lingkungan dan Teori Penegakan Hukum.

Lalu kamu cukup menjelaskannya secara singkat mengenai teori ini serta hubungannya dengan penelitian yang kamu tulis.

E. Hipotesis

Berdasarkan beberapa teori dan uraian di atas, maka hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah sudah adanya kebijakan yang dibentuk oleh pemerintah terhadap penanganan sampah, namun pada implementasi dan penegakan hukumnya, masih terdapat banyak persoalan.

F. Metode Penelitian

  1. Jenis penelitian
    Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggali data-data langsung dari lapangan.
  2. Sifat penelitian
    Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik yang bertujuan untuk menganalisis dengan tepat suatu fenomena tertentu dengan menyajikannya dalam bentuk kata-kata pada konteks yang ilmiah.
  3. Sumber data penelitian
    Sumber data yang dirujuk dalam penelitian ini adalah sumber data primer berupa data-data yang didapat dari lapangan, serta sumber data sekunder yang didapat dari berbagai undang-undang dan karya ilmiah lain yang mendukung.
  4. Teknik Pengumpulan Data
    Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan observasi yang di lakukan di Dinas Lingkungan Hidup serta studi pustaka terhadap sumber data yang relevan.
  5. Pendekatan Penelitian
    Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, yaitu mengkaji korelasi antara kebijakan yang ada dengan penerapannya di lapangan.
  6. Teknik analisis Data
    Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deduktif untuk menganalisa data yang didapat dari lapangan.
  7. Sistematika Pembahasan
    Pembahasan dalam penelitian ini terbagi menjadi 5 bab, yaitu pendahuluan, penjabaran teori, tinjauan umum lokasi penelitian, analisis terhadap kebijakan pemerintah berdasarkan data yang didapat dari lapangan, dan penutup.

Setelah kamu menyelesaikan bagian di atas, langkah selanjutnya adalah menyusun pembahasan atas persoalan yang hendak kamu jabarkan.

Setelah itu, jangan lupa untuk menyantumkan kesimpulan dan sarannya. Tulis juga bagian akhir dari proposal penelitian berupa daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang perlu disertakan dalam proposal.

Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka:

  • Akhadiarto, S. dan N. Rofiq. 2008. Pengaruh pemberian ransum yang mengandung tepung kunyit (Curcuma domestica, Val) terhadap pertambahan bobot badan domba induk dan bobot lahir anak. J. Indon. Trop. Anim. Agric. 33(4):268-273.

Download Contoh Proposal Skripsi Ilmiah

Download DOC | Download PDF

Contoh proposal penelitian ilmiah di internet cukup banyak. Kamu hanya perlu memilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan kamu memilih dengan cermat dan tepat ya.

Sumber:

  • https://pasca.fapet.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/321/2019/03/Pedoman-Penulisan-Proposal-Penelitian-dan-Tesis.pdf

Leave a Comment