Contoh Proposal Penelitian Sosial

Contoh proposal penelitian sosial adalah proposal yang biasanya ditulis atau dibuat oleh para mahasiswa saat sedang menempuh tugas akhir. Tetapi bisa juga digunakan saat para peneliti proffesional agar penelitiannya dibiayai oleh pihak tertentu.

Sebelumnya mari kita bahas mengenai proposal penelitian. Proposal penelitian adalah salah satu jenis karya ilmiah yang tujuannya untuk mengusulkan proyek penelitian, baik dibidang sains maupun kepentingan akademisi untuk meraih sponsor.

Proposal penelitian pun harus bersifat objektif dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Sistematika penulisan proposal penelitian umumnya harus memuat nama atau judul proposal, pendahuluan yang berisi tujuan, rumusan masalah, dan manfaat, selanjutnya dasar teori, metode yang dipakai, jadwal kegiatan, orang yang terlibat, dan rincian kegiatan.

Untuk lebih jelas berikut contoh proposal penelitian sosial.

Judul Contoh Proposal

Judul penelitian: Optimalisasi Perkuliahan Metodologi Penelitian Melalui Pendekatan Konstruktivis

Bab 1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa dalam mengikuti kuliah di program studi yang dipilihnya, tidak terkecuali bagi mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), khususnya mahasiswa prodi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Non Reguler anggkatan 2006.

Mahasiswa prodi PKn angkatan 2006 saat ini memasuki kegiatan perkuliahan pada semester VI (enam) dan mendapat sejumlah mata kuliah yang ditawarkan pada semester VI (enam) termasuk mata kuliah Metodologi Penelitian.

Mata kuliah Metodologi Penelitian membekali mahasiswa agar mampu menguasai metode atau cara-cara melakukan penelitian yang benar. Melakukan penelitian merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa untuk menyusun tugas akhir skripsi (TAS) yang merupakan tugas wajib bagi setiap mahasiswa prodi PKn untuk meraih gelar kesarjanaan (S1).

Dengan mengikuti perkuliahan Metodologi Penelitian diharapkan mahasiswa mampu melakukan penelitian dengan benar sesuai kaidah-kaidah metodologi penelitian. Mengikuti kuliah Metodologi Penelitian menjadikan mahasiswa terampil melakukan penelitian dengan benar.

Keterampilan melakukan penelitian adalah bekal keberhasilan bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi. Inilah yang menjadi tujuan utama dari kegiatan kuliah Metodologi Penelitian.

Ketercapaian tujuan mata kuliah Metodologi Penelitian segera terwujud jika kegiatan perkuliahannya dilaksanakan dengan optimal, artinya kegiatan perkuliahan yang melibatkan dosen dan mahasiswa harus dilaksanakan seideal mungkin. Dosen dan mahasiswa harus aktif dalam kegiatan perkuliahan tersebut.

Sarana dan prasarana perkuliahan haruslah tersedia dengan baik dan media perkuliahan memadai sesuai silabus mata kuliah Metodologi Penelitian. Disamping itu yang paling penting ialah bahwa kegiatan perkuliahan haruslah terpusat pada mahasiswa (student centered). Mahasiswa harus aktif dalam kegiatan perkuliahan untuk dapat mengkonstruksi dan menemukan konsep-konsep ilmu tentang metode penelitian.

Kemampuan mengkonstruksi mahasiswa dapat dibangun melalui kegiatan perkuliahan dengan pendekatan konstruktivis. Perkuliahan dengan pendekatan konstruktivis menempatkan mahasiswa sebagai subjek belajar yang mandiri untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri.


Pengetahuan bukan tiruan dari realitas, bukan juga gambaran dari dunia kenyataan yang ada. Pengetahuan merupakan hasil dari konstruksi kognitif melalui kegiatan seseorang dengan membuat struktur, kategori, konsep, dan skema yang diperlukan untuk membentuk pengetahuan tersebut. (Ahmad Faqih, @2009 Multply.Inc. Abaout. Blog. Term. Privacy. Corporate).

Namun pada kenyataannya pada awal berlangsungnya kegiatan kuliah nampak sebagian besar mahasiswa yang mengikuti kuliah sulit memahami pentingnya metode penelitian yang benar bagi mahasiswa.

Hal ini terbukti dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dosen tentang pembuatan proposal penelitian, tidak ada satupun mahasiswa yang berani menjawab pertanyaan tersebut dan bahkan sebagian besar mahasiswa (empat puluh lima mahasiswa) yang mengikuti kuliah bersikap pasif dengan menunggu penjelasan dari dosen, dan banyak mahasiswa sulit memahami pentingnya pembuatan proposal yang benar bagi suatu kegiatan penelitian.

Nampaknya mahasiswa terbiasa dan lebih senang mendengarkan ceramah dosen ketimbang harus aktif melakukan kegiatan. Jika dibiarkan akan mempengaruhi kemampuan keterampilan mahasiswa dalam melakukan penelitian, dan pada akhirnya berpengaruh pada lambannya penyelesaian tugas akhir skripsi.

Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan dan harus segera dilakukan tindakan agar perkuliahan Metodologi Penelitian dapat berlangsung optimal dengan hasil yang memuaskan, dan pada akhir perkuliahan Metodologi Penelitian setiap mahasiswa dapat menyusun sebuah proposal penelitian yang siap dikonsultasikan kepada pembimbing untuk segera dilaksanakan penelitian sebagai bahan untuk menyusun tugas akhir skripsi.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut tidak lain adalah melalui perkuliahan dengan pendekatan konstruktivis. Perkuliahan dengan pendekatan konstruktivis membangun pemahaman mahasiswa dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal, dan perkuliahan dikemas menjadi proses mengkonstruksi bukan menerima pengetahuan. (Bahan Sosialisasi KTSP Depdiknas RI 2006).

1.2 Rumusan Masalah

Untuk memudahkan penulis merumuskan masalah kedalam bentuk kalimat pertanyaan, sebagai berikut:

  1. Bagaimana mengoptimalkan perkuliahan Metodologi Penelitian mahasiswa program studi PKn angkatan 2006 (NR) melalui pendekatan konstruktivis?

1.3 Manfaat Penelitian

Manfaat hasil penelitian ini adalah:

  1. Dapat dijadikan bahan kajian dosen pada umumnya dan dosen prodi PKn pada khususnya untuk lebih memahami pendekatan konstruktivis dalam penerapannya pada kegiatan kuliah mata kuliah masing-masing dengan benar;
  2. Dapat meningkatkan pengetahuan Metodologi Penelitian mahasiswa, terutama cara-cara melakukan penelitian yang benar.
  3. Dapat dijadikan acuan bagi dosen prodi PKn untuk lebih meningkatkan kualitas perkuliahan untuk tercapainya standar kompetensi yang ditetapkan.

Bab II Kajian Teori

Kajian teori mengandung dasar teori pemikiran atau teori-teori yang melandasi dilakukannya penelitian tersebut dan hipotesis tindakan.

Bab III Pelaksanaan Penelitian

Pelaksanaan penelitian berisi lokasi dan waktu penelitian, subjek penelitian, dan prosedur penelitian.

Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Berisi hasil penelitian dan penjelasan dari pembahasan.

Bab V Penutup

Penutup berisi kesimpulan dan saran

Download Contoh Proposal Penelitian Sosial

Download DOC | Download PDF

Itu tadi adalah contoh proposal penelitian sosial yang bisa dijadikan contoh meskipun belum lengkap. Terimakasih.

Sumber:

Leave a Comment