Contoh Proposal Penelitian PKM

Contoh proposal PKM penelitian adalah sah atau jenis proposal yang bisa kau gunakan untuk menulis proposal PKM penelitian lainnya. proposal penelitian penggunaan bahasa yang baku dikarenakan bersifat ilmiah.

Penilain PKM atau bisa disebut sebagai Program Kreativitas Mahasiswa memiliki kreativitas yang cukup Bagus. Hal ini dikarenakan mahasiswa juga ikut andil dalam berkarya untuk memajukan generasi bangsa.

Contoh proposal penelitian untuk PKM bisa anda lihat seperti berikut ini

Judul Proposal

Judul : Pengaruh antara komunikasi interpersonal pedagang Madura dengan akulturasi budaya masyarakat lokal

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Komunikasi dasar bagi manusia dalam kehidupan. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar sesama manusia.

Komunikasi juga akan membuat akulturasi budaya ikut atau tidak. Biasanya dengan membaur dengan masyarakat lainnya akan menimbulkan banyak budaya dan bahasa yang berbeda.

Hal tersebut membuat peneliti ingin mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal pedagang Madura terhadap akulturasi budaya masyarakat lokal.

B. Rumusan masalah

  1. Bagaimana pengaruh akulturasi masyarakat lokal terhadap pedagang Madura?
  2. Apa saja yang dapat menghambat atau mendukung akulturasi budaya masyarakat lokal terhadap pedagang Madura?

C. Tujuan penelitian

  1. Mengetahui apa ada pengaruhnya antara komunikasi interpersonal dari pedagang Madura terhadap akulturasi budaya masyarakat lokal
  2. Mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung akulturasi budaya pedagang madura.

D. Manfaat penelitian

  1. Secara teoritis
    Memberikan sumbangsih keilmuan terutama ilmu komunikasi antara pedagang madura terhadap akulturasi budaya masyarakat lokal.
  2. Secara praktis
    Bahan informasi yang bisa digunakan untuk penelitian lain yang berkaitan dengan penelitian ini.

BAB II Tinjauan pustaka

A. Penelitian terdahulu

Puji astuti, 2014, ilmu komunikasi, fakultas Ilmu sosial dan politik, universitas Mulawarman yang memiliki judul “komunikasi sebagai sarana akulturasi antara kaum urban dan masyarakat lokal di pasar segiri Samarinda”

Sandy Juniansyah, 2015, fakultas ilmu sosial jurusan Sejarah, Universitas Gorontalo yang berjudul ” Interaksi masyarakat yang berbeda etnis pribumi dan tionghoa”.

B. Landasan teori

1. Komunikasi personal

Komunikasi personal sisefiniakan Sari tiga perspektif yaitu komponensial, perkembangan dan relasional (Sanjaya, 1993). Komunikasi menurut miller halaman 22 yaitu suatu proses yang berkembang dari yang memiliki sifat impersonal menjadi personal atau pribadi.

2. Pedagang

Definisi pedagang yaitu orang yang melakukan perniagaan sebagai n pekerjaan kesehariannya.

3. Akulturasi budaya

Akulturasi budaya yaitu mengetahui budaya yang lain dalam berbagai bentuk dari hal yang tak terlihat dna yang terlihat.

4. Masyarakat

Yaitu sekelompok orang yang saling bergaul dan saling berinteraksi

5. Pasar

Yaitu tempat dilakukannya perniagaan atau jual beli berupa barang atau jasa yang masih bisa sipeegunaka manfaatnya.

BAB III Metode penelitian

A. Pendekatan penelitian

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data yang menggunakan statistika.

B. Definisi konsep dan operasional

  1. Definisi konseptual
    Komunikasi interpersonal yaitu komunikasi yang dilakukan antar orang secara tatap muka. Komunikasi yang secara langsung akan menangkap rwkasi orang lain.
  2. Definisi operasional
    Peneliti mencoba untuk melakukan pembatasan pemahaman terhadap konsep yang diteliti secara jelas tercantum pada judul penelitian.

C. Definisi komunikasi interpersonal


Komunikasi antar pribadi sebagai suatu proses transaksional yang memiliki karakteristik yaitu unsur-unsur dan elemen dalam komunikasi yang saling tergantung. Individu secara tidak langsung menjadi pengirim dan penerima pesan.

Hal tersebut b menunjukkan adanya b keterkaitan antara unsur komunikasi dengan unsur lainnya. Sehingga jika suatu unsur berubah maka akan terjadi perubahan juga pada unsur lainnya.

Pada penelitian ini pedagang madura akan melakukan komunikasi dengan masyarakat lokal. Apakah dengan berkomunikasi pada masyarakat lokal akan mempengaruhi budaya seperti haknya menggunakan bahasa atau perilaku

D. Lokasi penelitian

Lokasi penelitian dilakukan di Pasar Larangan Sidoarjo .

E. Populasi dan sampling penelitian

Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu pedagang yang ada di pasar Larangan Sidoarjo.

F. Teknik pengujian data

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan penyebaran angket berupa kuesioner terhadap pedagang yang ada di Pasar Larangan Sidoarjo.

G. Uji validitas dan uji reabilitas

Uji validitas penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS. Proses kni digunakan untuk ujinkoleraai peaeakn prosuct moment. Dalam uji ini setiap item akan diuji reliabilitasnya dengan skor skor total variabel .

Uji reliabilitas dalam penelitian dilakukan dengan uji Alpha Cronbach. Rumus alpha Cronbach sudah banyak diketahui banyak orang.

H. Teknik analisis data

Dalam penelitian ini teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana yaitu metode statistik. Metode ini memiliki tujuan untuk menguji sejauh mana hubungan yang diakibatkan oleh sebab akibat antara faktor penyebab dan variabel faktornya.

BAB IV Biaya dan jadwal penelitian

A. Anggaran biaya

Anggaran biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan kegiatan lwnwmitian ini memakai dana 10.480.000. Dengan perincian yang dibuat tabel berupa jenis pengeluaran dan biaya yang dibutuhkan untuk pengeluaran.

B. Jadwal kegiatan

Jadwal kegiatan berisi tentang aktivitas yang dilakukan dan kapan akan dilakukan. Kegunaan tersebut dimulai dari persiapan lapangan, pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan laporan .

Daftar pustaka

Berisi sumber yang digunakan untuk menulis proposal. Sumber referensi bisa melalui buku, website, penelitian pribadi. Bisa juga mendapatkan referensi dari majalah cetak.

Lampiran – lampiran

  • Justifikasi anggaran kegiatan
  • Susunan organisasi tim kegiatan dan pembagian tugas
  • Surat pernyataan ketua pelaksana

Download Contoh Proposal Penelitian PKM

Download DOC | Download PDF

Contoh proposal PKM kegiatan tersebut sudah memiliki kaidah yang baku dengan struktur penulisan yang jelas dan lengkap. Jadi jika kamu ingin membuat PKM penelitian bisa menjaganya baik-baik.

Sumber:

  • https://bit.ly/3pAUbKm

Leave a Comment