Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Contoh proposal penelitian kuantitatif adalah jenis lain dari proposal penelitian selain proposal penelitian kualitatif.

Secara garis besar, penelitian jenis kuantitatif dan kualitatif dibedakan dari bentuk data yang disajikan.

Penelitian jenis kuantitatif disajikan berupa bilangan atau angka-angka. Sedangkan penelitian jenis kualitatif disajikan berupa deskripsi maupun narasi.

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Proposal penelitian kuantitatif setidaknya harus terdiri dari kerangka berikut:

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Hipotesis
  5. Kegunaan Penelitian
  6. Ruang Lingkup Penelitian
  7. Metode Penelitian
    1. Popolasi dan Sampel
    2. Teknik Pengumpulan Data
    3. Teknik Analisis Data
  8. Landasan Teori
  9. Tinjauan Pustaka
  10. Daftar Pustaka

Adapun contoh proposal penelitian kuantitatif seperti kerangka di atas secara singkat, adalah sebagai berikut:

1. Latar Belakang

Ilmu K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) penting untuk dikuasai guru maupun siswa. Sayangnya, dari hasil observasi yang dilakukan, nilai ulangan harian siswa pada diklat K3 rata-rata hanya 69, padahal kriteria lulusan minimum adalah 75.

Dari hal ini dapat dilihat bahwa siswa perlu diberikan dorongan motivasi belajar agar tertarik untuk mempelajari K3.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penyusun tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran K3 di MAN 2 Yogyakarta”

2. Rumusan Masalah

Berdasarkan masalah yang telah diuraikan, berikut adalah rumusan masalah dalam penelitian ini:

  1. Apa motivasi dan minat belajar siswa dalam mempelajari K3?
  2. Apakah motivasi dan minat belajar siswa berpengaruh pada prestasi siswa terutama dalam mata pelajaran K3?

3. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk:

  1. Mengetahui motivasi dan minat belajar siswa dalam mempelajari K3
  2. Mengetahui pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran K3 di MAN 2 Yogyakarta

4. Hipotesis


Berdasarkan kajian teoritik dan kerangka berfikir yang telah disusun, hipotesis yang dimiliki penulis adalah:

  1. Motivasi dan minat belajar siswa terhadap K3 sebatas sebagai mata pelajaran wajib sekolah
  2. Motivasi dan minat belajar siswa berpengaruh pada prestasi siswa pada mata pelajaran K3

5. Kegunaan Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah:

  1. Sebagai bahan evaluasi bagi guru maupun siswa
  2. Untuk menyusun regulasi sekolah yang baru agar lebih efisien

6. Ruang Lingkup Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data di MAN 2 Yogyakarta dengan beberapa murid yang ada.

7. Metode Penelitian

  1. Pendekatan penelitian
    Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto karena variabel yang dipilih dalam penelitian ini merupakan variabel bebas dan tidak dikendalikan khusus, melainkan hanya mengungkap fakta dari pengukuran gejala yang telah terdapat pada diri responden sebelum adanya penelitian ini
  2. Tempat dam Waktu Penelitian
    Penelitian dilakukan di MAN 2 Yogyakarta yang terletak di jalan Adi Sucipto, Bantul, Yogyakarta. Pelaksanaan penelitian ini dijadwalkan sejak bulan januari hingga bulan maret 2020.
  3. Desain Penelitian
    Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
  4. Populasi dan Sampel Penelitian
    Sample yang digunakan dalam penelitian ini adala siswa kelas 2 jurusan IPA MAN 2 Yogyakarta.
  5. Teknik Pengumpulan Data
    Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan metode angket dan melalui tes.
  6. Teknik Analisis Data
    Menyesuaikan dengan apa yang hendak dicapai dalam penelitian ini, untuk itu data yang telah terkumpul dari responden dianalisis dengan analisis statistik.
  7. Instrumen Penelitian dan Pengukuran
  8. Uji Validitas dan Reabilitas
  9. Teknik analisis data
    Data yang telah didapat di lapangan dianalisis dengan metode analisis statistik.

8. Landasan Teori

Untuk menjeawab persoalan yang ada dibahas dalam penelitian ini, penyusun menggunakan teori motivasi, minat, dan teori K3. K3 merupakan uraian yang berisi tentang K3, tujuan keselamatan kerja, manfaat, dan tujuan diadakannya pembelajaran K3 di sekolah.

9. Tinjauan Pustaka

Dalam sebuah penelitian dibutuhkan dukungan dari hasil-hasil penelitian yang telah ada sebelumnya yang mana hasil penelitian ini berhubungan dengan penelitian yang penyusun lakukan saat ini. Berdasarkan penelusuran penyusun, berikut adalah beberapa karya tulis yang memiliki titik kesamaan dengan penelitian yang ditulis penyusun.

Penelitian Eddy Raya (1995) membahas mengenai banyak ditemukannya sistem pembelajaran K3 di sekolah yang masih kurang sesuai dengan kurikulum yang seharusnya, sehigga hal ini berdampak pada prestasi siswa.

Untuk itu Eddy Raya membahas prestasi siswa dalam diklat K3 ini dari sudut panda guru pengajar. Berbeda dengan penelitian penulis yang membahas dari sudut pandang minat dan motivasi siswa.

10. Daftar Pustaka

  • Purwanto, Drs. M. Ngalim. (1993). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Download Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Download DOC | Download PDF

Perlu di ingat bahwa contoh di atas hanyalah gambaran secara singkatnya ya. Kamu tentu saja perlu mengembangkannya hingga menjadi pembahasan yang komprehensif namun tetap ilmiah dan tidak bertele-tele. Jangan lupa untuk menyertakan footnote atau bodynote sesuai dengan kebutuhan.

Contoh penelitian Kuantitatif telah saya jabarkan dengan jelas. Kamu cukup menyesuaikan dengan penelitian yang kamu lakukan, terutama bagian teori yang digunakan. Pastikan memilih teori yang tepat sesuai dengan kerangka penelitian yang telah dibuat.

Sumber

  • http://eprints.uny.ac.id/19597/1/ADITYA%20NUGROHO%20%2809503244013%29.pdf
  • https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/09/24/perbedaan-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif/
  • https://www.anakui.com/wp-content/uploads/2018/11/contoh-proposal-penelitian-kuantitatif.pdf

Leave a Comment