Contoh Proposal Penelitian Sederhana

Contoh proposal penelitian sederhana bisa anda dapatkan dari berbagai sumber salah satunya yaitu website resmi universitas. Proposal penelitian yaitu Karya ilmiah yang memiliki tujuan agar dapat mengusulkan proyek penelitian.

Proposal proyek onwliyian bisa digunakan untuk penelitian dalam bidang akademik maupun bidang sains. Adanya proposal tersebut bertujuan mendapatkan dana dari sponsor yang bersangkutan.

Tapi ada juga proposal penelitian yang tidak dimaksudkan untuk mendapatkan dna yaitu proposal penelitian skripsi. Proposal jenis ini justru mengeluarkan dana untuk bisa melakukan penelitian.

Selanjutnya anda akan disajikan contoh Contoh proposal penelitian sederhana yang bisa anda jadikan referensi.

Judul Contoh Proposal

Judul proposal penelitian : Analisis dan atabiliyaa Tegangan Pbanhkit Listrik dari Tenaga Angin

BAB 1 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kebutuhan tenaga listrik merupakan suatu hal yang tidak akan terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Seiring dengan pesatnya teknologi, informasi dan industri.

Menurut perusahaan listrik Negara Jumlah pelanggan pada tahun 2009-2013 mengalami peningkatan dari yang awalnya 39,9 juta menjadi 53,7 juta. Jadi kenaikan mencapai 3 juta setiap tahunnya (RUPTL 2015-2025).

Selain itu, Energi fosil yang merupakan sumber energi utama semakin menipis ketersediaannya. Sedangkan itu Untuk persediaan Minyak Bumi yang ada di indonesia dalam kurun waktu 18 tahun akan habis.

Batu bara juga kan habis dalam kurun waktu 147 tahun, Gas alam akan habis dalam waktu 61 tahun (ESDM,  2005). Tersedianya energi yang tidak sebanding dengan kebutuhan semakin meningkat.

Jadi membutuhkan implementasi energi terbarukan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penggunaan energi pada fosil. Sumber energi yang baru ini harus memiliki sifat ramah lingkungan dan memiliki cadangan yang tidak akan habis.

Indonesia sudah memiliki sumber energi baru dalam jumlah yang besar diantaranya yaitu tenaga Surya, biomassa, biodisel miktihidro dan energi angin untuk membagngkitkan tenaga listrik.

Angin adalah sumber energi melimpah yang disediakan oleh Alam untuk manusia. Pemanfaatan sumber energi listrik dari angin ini perlu dikembangkan mengingat kebutuhan listrik semakin naik.

Berdasrkan penelitian yang dilakukan oleh LAPAN (Lembaga penerbangan dan antariksa nasional) bahwa Indonesia memiliki wialyah yang kecepatan angginya mencapai 5 m/s. Adapun wilayah tersebut yaitu Pantai Selatan Jawa, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa 2 Tenggara Timur.

Pembagkit tenga listrik angin bekerja sama seperti pembangkit listrik umumnya. Memanfaatkan kecepatan angin untuk memutar kincir agar berputar pada porosnya. Permasalahan yang muncul lagi yaitu menangani kestabilan kecepatan angin.


Ketidakstabilan kekuatan angin jni membuat generator menghasilkan listrik yang tidak stabil juga. Padahal suplai listrik yang dibutuhkan harus stabil dengan  220 volt untuk satu fasa.

Untuk tiga fasa ratingnya mencapai 380 volt. Jika listrik tidak stabil maka akan mengganggu beban dan dapat merusak peralatan listrik.

B. Rumusan masalah

Sesuai dengan latar belakang maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut

  1. Bagaimana pengaruh angin terhadap kecepatan angin  terhadap tegangan listrik yang dihasilkan?
  2. Bagaimana tegangan listrik yang dihasilkan dengan pengontrol tegangan ketika kecepatan angin berubah?

C. Batasan masalah

  1. Sistem pwnelitain yang akan dirancang yaitu sistem oembanhkit listrik twngaa angin yang aan siankiaia stabilitas tegangan listrik terhadap kecepatan angin.
  2. Pengujian penelitian hanya dilakukan dengan pemodelan sistem atau simulasi MATLAB.

D. Tujuan

  1. Analisis stabilitas tegangan pembangkit listrik dari tenaga angin
  2. Mengetahui perbandingan tegangan listrik dengan tenaga angin dengan atau tanpa adanya pengontrol tegangan pada percepatan angin dan beban yang bervariasi.

E. Manfaat

  1. Dapat memberikan manfaat untuk ilmu pengetahuan khususnya tentang stabilitas tegangan PLTA
  2. Dapat dijadikan referensi untuk penelitian yang sejenis dan dijadikan pembelajaran tentang energi yang dapat diterapkan langsung

BAB II DASAR TEORI

A. Tinjauan Pustaka

Penelitan saitem frekuensi kontr pembangkit listrik dilakukan oleh MaumitaDeb, dkk (2014) yang memiliki judul “Control Of voltage And Frequency of wind electrical system using frequency regulator “.

Penelitian tersebut memiliki tujuan mengentri tegangan an frekuensI menggunakan frekuensi regulator ketika beban tambahan diaktifkan. Dalam penelitianya Mumita dapat disimpulkan bahwa pada waktu t=0,5 beban yang diaktifkan saat turun menjadi 49,85 Hz.

Frekuensi regulator berfungsi dapat mengurangi saya serp beban sekunder untuk dapat menjadikan kembali frekuensi awal yaitu 50 Hz. Frekuensi rwgulator ini difungsikan untuk dapat mempertahankan frekuensi konstan.

B. Dasar teori

1. Angin

Angin yaitu udara yang dapat bergerak dari tekanan udara tinggi ke tekanan udara yang rendah. Perbedaan tekanan udara ini dikarenakan perbedaan suhu yang diakibatkan oleh persamaan atmosfer yang kurang merata dari sinar matahari.

2. Turbin angin

Turbin angin adalah alat yang mengubah energi kinetik angin menjadi energi gerak yang akan menghasilkan tenaga listrik.

3. Sistem kontrol

Sistem kontrol merupakan pengendalian satu atau beberapa besaran pada suatu harga. Fungsinya yaitu perbaikan, pengukuran, perhitungan dan pencatatan.

4. Motor sinkron

Mesin yang berfungsi sebagai pengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Pada kahirnya motor sinkron terdapat kumparan Medan pada rotor dan kumparan jangkar pada stator.

5. MATLAB

Mathematic laboratory atau matrix laboratory disingkat sebagai MATLAB yaitu sebuah pemrograman yang digunakan untuk analisis dan komputasi numerik. MATLAB juga dapat didefinisikan sebagai bahan pemrograman digunakan untuk mengerjakan operasi matematika.

Daftar pustaka

  • Deb, Maumita at ALL. 2014. Control of Voltage and frequency of a wind’s electrical system using frequency regulator. Surya manunagar. India
  • Departemen energi dan sumber daya mineral. 2006.blueprint pengelolaan energi nasional 2015-2025. Jakarta : ASDM

Download Contoh Proposal Penelitian Sederhana

Download DOC | Download PDF

Contoh proposal penelitian sederhana yang telah dijelaskan sebelumnya dapat memberikan anda informasi untuk membuat proposal penelitian lainnya.

Sumber:

  • https://saintif.com/contoh-proposal-penelitian/amp/#Contoh Proposal Penelitian V3
  • https://enjiner.com/contoh-proposal-penelitian/
  • https://thegorbalsla.com/contoh-proposal-penelitian/

Leave a Comment