Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Contoh proposal penelitian kualitatif adalah proposal yang menggunakan metode kualitatif untuk melakukan penelitiannya. Penelitian kualitatif ini biasanya menitikberatkan pada fenomena sosial.

Dimana permasalahan manusia dengan manusia atau pun manusia dengan alam sekitarnya. Penelitian ini menggunakan analisa non statistic, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan angka sebagai analisa penelitiannya.

Dan berikut ini aku berikan contoh proposal penelitian kualitatif untuk kamu.

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF

oleh : Saliman (FPIPS IKIP Yogyakarta)

I. JUDUL PENELITIAN

Kontribusi Dana IDT dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.

II. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pemikiran awal yang mendasari studi ini adalah sudah banyak Strategi Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan sosial, akan tetapi berbagai laporan menunjukkan kekurangberhasilan strategi tersebut.

Hal ini dapat dimaklumi, karena pada umumnya strategi tersebut sasarannya adalah pembangunan fisik sarana dan prasarana desa dengan tujuan membuka isolasi dan demi memacu mobilitas ekonomi suatu kawasan, sehingga yang dapat merasakan bantuan tersebut hanya sebagian kecil masyarakat saja.

Sementara masyarakat kelas marjinal semakin jauh tertinggal. Sebenarnya pembangunan desa dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, jikalau pembangunan tersebut memperhatikan potensi desa yang ada dan mendasarkan pada kebutuhan masyarakat desa.

Akan lebih baik lagi kalau semuanya itu dilaksanakan secara terpadu (integral), seperti diungkapkan oleh Taliziduhu Ndraha sebagai berikut: “… pembangunan desa meninggikan taraf penghidupan masyarakat desa dengan jalan melaksanakan pembangunan yang integral daripada masyarakat desa, berdasarkan azas kekuatan sendiri daripada masyarakat desa serta azas permufakatan bersama antara anggota-anggota masyarakat desa dengan bimbingan serta bantuan alat-alat pemerintah yang bertindak sebagai suatu keseluruhan (kebulatan) dalam rangka kebijaksanaan umum yang sama” (1986:3).

B. Perumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, selanjutnya rumusan masalah yang akan diteliti adalah:

  1. Adakah latar belakang budaya yang menyebabkan kemiskinan masyarakat ? 2. Adakah latar belakang tipologi wilayah yang menyebabkan kemiskinan ?
  2. Mampukah bantuan dana IDT memberdayakan aktivitas ekonomi masyarakat miskin ?
  3. Bagaimana keberhasilan pembangunan pada desa setelah mendapatkan dana IDT ?
  4. Bagaimana model pemberdayaan ekonomi masyarakat desa tersebut ?

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui kemungkinan adanya latar belakang budaya yang menyebabkan kemiskinan.
  2. Untuk mengetahui kemungkinan adanya latar belakang tipologi wilayah yang menyebabkan kemiskinan.
  3. Untuk mengetahui kontribusi dana IDT dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Untuk mencari suatu model pemberdayaan ekonomi masyarakat.

D. Kegunaan Penelitian

  1. Bagi Pemerintah Sebagai masukan bagi pemerintah untuk mengevaluasi kebijaksanaannya.
  2. Bagi Peneliti untuk memperluas wawasan tentang strategi pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.
  3. Bagi IKIP Yogyakarta Untuk menambah koleksi hasil-hasil penelitian, khususnya yang menyangkut kebijaksanaan Inpres Desa Tertinggal.

E. Fokus Penelitian

Fokus awal penelitian ini sebagai jembatan peneliti menjaring data di lapangan adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana karakteristik dari wilayah desa Sidomulyo ?
  2. Bagaimana karakteristik masyarakat miskin desa Sidomulyo, terutama pola hidup dan aktivitas ekonominya ?
  3. Bagaimana pengorganisasian POKMAS IDT ?
  4. Bagaimana aktivitas ekonomi POKMAS IDT ?
  5. Bagaimana perkembangan modal POKMAS IDT ?
  6. Bagaimana peran pendamping desa IDT ?

III. CARA PENELITIAN

A. Subyek Penelitian.


Untuk menentukan subyek penelitian supaya dapat menjaring informasi yang memadai agar dapat menemukan suatu model pemberdayaan ekonomi masyarakat, maka semua informasi akan digali langsung dari anggota POKMAS IDT, dengan menggunakan metode Snow Balling.

B. Setting Penelitian

Untuk memudahkan memasuki setting penelitian, maka peneliti mula-mula akan berkenalan secara umum melalui forum rembug desa yang telah ada di desa tersebut melalui key informant.

Selanjutnya kepada calon subyek penelitian akan diadakan pendekatan secara pribadi melalui Guide person. Setelah kehadiran peneliti dirasa telah diterima dengan baik, barulah akan memulai mengumpulkan data yang diperlukan, tentunya dengan tetap membina hubungan baik yang telah terjalin.

C. Teknik Pengumpulan Data

Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah: teknik utama digunakan indeph interview, sebagai pendukung digunakan observasi dan analisis dokumen.

D. Analisis Data

Pola analisis data yang akan digunakan adalah etnografik, yaitu dari catatan lapangan (field note) kemudian akan dilakukan pengkodean, kategorisasi atau klasifikasi kemudian disusun secara sistematis dan selanjutnya akan disusun tema-tema berdasarkan hasil analisis data tersebut.

Sebagai bahan pijakan sekaligus pisau analisis bila perlu digunakan teori-teori yang relevan dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung. D. Keabsahan Data Untuk menghindari kesalahan data yang akan di analisis, maka keabsahan data perlu diuji dengan beberapa cara sebagai berikut: 1. Pengumpulan data secara terus menerus pada subyek penelitian yang sama. 2. Triangulasi pada sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan, dan bila perlu 3. Pengecekan oleh subyek penelitian.

Daftar Pustaka

(tidak perlu)

Download Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Download DOC | Download PDF

Nahh di atas merupakan contoh proposal penelitian kualitatif dari Universitas Negeri Yogyakarta yang dijadikan sebagai proposal untuk menyusun sebuah skripsi.

Dan contoh tersebut sudah menggunakan struktur yang baku sesuai dengan kaidah penulisan proposal.

Kamu bisa menjadikannya bahan referensi untuk menyusun proposal skripsi kamu dengan menggunakan metode kualitatif.

Sumber :

  • http://staffnew.uny.ac.id/upload/132049942/penelitian/KUALITA1.pdf

Leave a Comment