Apa itu Cerita Fabel?

2 min read

pembahasan cerita fabel

Cerita Fabel termasuk ke dalam cerita fiksi yang bukan menjadi kisah tentang kehidupan nyata. Fabel juga sering disebut sebagai cerita moral karena didalam kisahnya terdapat kandungan pesan tersirat yang sangat erat kaitannya dengan moral. Cerita hewan atau fabel ini terkadang memasukkan karakter minori seorang manusia.

Apa itu Cerita Fabel?

pengertian fabel
sumber: Freepik

Cerita Fabel adalah salah satu dongen yang menampilan hewan atau binatang sebagai tokoh utamanya. Binatang-binatang yang menjadi tokoh di dalam cerita dimana mereka bisa berbicara, berpikir, bersikap, berperasaan dan berinteraksi layaknya seperti seorang manusia.

Ada beberapa unsur dari fabel yang harus dimiliki. Diantaranya: unsur tema, tokoh, karakter / perwatakan, latar, alur, sudut pandang / cara penceritaan, amanat untuk pembaca dan tujuan komunikasi fabel sendiri. Tujuan dari komunikasi terdiri dari tiga macam yaitu menghibur, mendidik atau menginspirasi.

Ciri-ciri Cerita Fabel

ciri ciri fabel
sumber: Freepik
  1. Tokoh utama binatang
  2. Sudut pandang orang ketiga
  3. Cerita singkat dan bergerak cepat
  4. Tema dari fabel biasanya tentang hubungan sosial
  5. Alur cerita sederhana biasanya memakai alur maju
  6. Karakter tokoh tidak di uraikan secara terperinci tetapi digambarkan menyerupai karakter manusia. Misalnya baik, buruk, jahat, cerdik, egois, pemarah dan lain-lain.
  7. Pendahuluan sangat singkat dan langsung
  8. Terkadang pesan yang terkandung atau tema dituliskan langsung dalam cerita.
  9. Gaya penceritaan dalam fabel secara lisan sehingga makna cerita lebih terlihat mendalam
  10. Konflik dalam dunia hewan mirip layaknya seperti di dunia manusia
  11. Fabel lengkap dengan latar tempat, waktu, sosial dan latar emosional
  12. Bahasa yang diguankan sifatnya naratif atau berurutan
  13. Mengandung amanat atau pesan untuk pembaca maupun pendengar

Contoh Cerita Fabel

cerita fabel gajah harimau kerbau

Judul: Gajah, Kerbau dan Harimau

Suatu ketika seekor kerbau sedang mencari gajah di hutan belantara. Kerbau mencari gajah untuk menemaninya masuk ke dalam hutan mencari makan. Sesaat kemudian, ia menemukan gajah yang sedang berjalan dan gajah pun mau menemani kerbau mencari makan.

Ketika di perjalanan, Kerbau dan Gajah bertemu dengan harimau. Kerbau juga mengajak harimau untuk menemnainya mencari makan. Seekor harimau itu pun menerima ajakannya.


Mereka bertiga masuk ke dalam hutan dan melakukan perburuan makanan bersama-sama. Mereka berusaha merebut makanan dari hewan lain atau bahkan menangkap hewan-hewan lain. Ketiganya saling bekerja sama dalam berburu makanan.

Tidak terasa, waktu mulai petang, mereka berhasil menangkap hewan dan merebut makanan cukup banyak. Berbagai jenis makanan dikumpulkan dari buah-buahan, sayuran hingga hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanan secara adil.

Kerbau sudah menghitung dengan benar dan membaginya secara adil, tetapi harimau marah karena ia merasa tidak adil. Akhirnya harimau menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah.

Setelah itu, harimau menunjuk gajah untuk membagi dua makanan untuk gajah dan harimau. Namun harimau masih kurang dan akhirnya  juga menerkam gajah. Harimau sangat serakah karena kekurangan makanan. Hingga ia merekam kerbau dan gajah yang merupakan temannya sendiri.

Pesan moral yang didapat dari contoh cerita fabel tersebut adalah jangan memiliki sifat serakah karena orang serakah tidak memiliki teman atau dijauhi orang lain.

Cerita Fabel sangat digemari terutama oleh anak-anak. Fabel tidak sekedar cerita hewan yang mampu membuat anak-anak senang ketika mendengarkan maupun membaca ceritanya.

Tetapi didalamnya terdapat pesan moral yang berguna untuk anak-anak agar dapat mengambil pesan moral yang bermakna tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *