Cerita Fabel: Kucing dan Harimau

Judul Cerita Fabel: Kucing dan Harimau

Pada zaman dahulu hiduplah kucing yang bersahabat dengan seekor harimau. Kedua hewan tersebut ke mana pun perginya selalu bersama-sama. Harimau tidak pandai berburu, sehingga kucing yang mencari hewan buruan untuk dimakan mereka berdua.

Kucing memiliki tubuh yang kecil, maka ia hanya dapat menangkap beberapa hewan kecil untuk mereka makan.

Sehingga harimau tersebut sering merasa lapar karena makanan yang dimakan hanya sedikit. Harimau berpikir jika ia yang berburu tentu mangsa yang akan di dapat lebih besar dan ia bisa makan sampai puas.

Suatu hari harimau bertanya kepada kucing “kucing, aku ingin berburu tapi aku tidak tahu caranya. Tolong ajari aku?”. Kucing menjawab “gampang, kok”.

Keesokan harinya kucing menunjukkan bagaimana cara menerkam dan menangkap buruannya. Suatu hari kucing sedang tertidur, tiba-tiba harimau mengendap-endap dan menerkamnya.


Kucing yang terkejut langsung menghindar dan memanjat sebatang pohon yang tinggi. Kucing teringat jika ia belum mengajarkan cara memanjat pohon kepada harimau. Hal ini membuat harimau merasa dikhianati dan marah besar.

Harimau tetap menunggu kucing untuk turun dari pohon, tetapi kucing tetap bertahan. Hingga akhirnya harimau merasa lelah dan lapar, ia pun pergi sambil mengancam kucing.

Setelah harimau pergi, kucing turun dan berlari ke perkampungan manusia. Dengan kepandaiannya menangkap tikus membuat manusia suka padanya.

Sejak itulah kucing tinggal di perkampungan, walaupun kucing tahu jika harimau tidak dapat mengejarnya ke perkampungan. Ia tetap berhati-hati jika membuang kotoran selalu ditimbunnya dengan tanah, gar tidak ditemukan oleh harimau.

Pesan Moral Contoh Cerita Fabel: Setiap mahluk memiliki kekurangan masing-masing, jangan melihat sifat makhluk dari kekurangannya saja

Originally posted 2020-04-09 22:25:38.


1 thought on “Cerita Fabel: Kucing dan Harimau”

Leave a Comment