Cerita Fabel: Kancil dan Buaya

51 sec read

cerita fabel kancil buaya

Judul Cerita Fabel: Kancil dan Buaya

Pada suatu hari ada seekor kancil yang sedang duduk bersantai di bawa sebuah pohon. Saat itu ia ingin menghabiskan waktu siangnya untuk menikmati suasana hujan yang seru dan asri. Kemudian beberapa waktu ia merasakan lapar dan ingin mencari makanan.

Kancil yang terkenal cerdik tersebut sedang berpikir untuk mendapatkan mentimun yang dengan mudah. Lalu, tiba-tiba terdengar kecipak keras dari dalam sungai dan ternyata itu adalah seekor buaya. Kancil yang cerdik itu pun memiliki ide jitu untuk bisa menghilangkan rasa laparnya.

“Selamat siang buaya, apakah kau sudah makan?” Tanya kancil.

“Hari ikan ikan-ikan entah pergi ke mana, sehingga aku tidak punya makanan.” Jawab buaya.


“Kebetulan, kau tidak perlu khawatir buaya karena selama kamu berteman dengan ku makan kau tidak akan pernah merasakan kelaparan” Saut kancil.

“Terima kasih kancil, ternyata hatimu sangat baik, berbeda dengan apa yang dikatakan oleh teman-teman diluar sana”. Jawab buaya

Kancil pun berusaha untuk terlihat baik di hadapan buaya agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Kancil pun meminta buaya untuk memanggil teman-temannya.

Dan tak lama kemudian 8 ekor buaya keluar secara bersamaan. Kancil pun meminta buaya untuk berbaris agar bisa digunakan untuk menyeberangi sungai.

Sesampainya di tepi sungai, kancil pun terbahak-bahak karena berhasil menipu buaya. Buaya pun marah karena merasa di bodohi oleh kancil.

Pesan Moral Contoh Cerita Fabel: Jangan menggunakan kecerdikan atau kepandaian untuk sesuatu hal buruk yang justru bisa merugikan orang lain. Karena bisa jadi suatu hari nanti kita tertimpa masalah dan membutuhkan bantuannya.


Pengertian Surat

admin-yusron
3 min read

Pengertian Bahasa

admin-yusron
3 min read

Resensi Buku

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *