Batas Wilayah Indonesia mencakup daratan dan lautan. Negara Indonesia merupakan negara luas yang terdiri dari wilayah lautan yang luas dan ribuan pulau. Oleh karena itu, Indonesia dikenal dengan negara maritim dan negara kepulauan karena wilayah indonesia terdiri dari ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan lautan.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Batas Wilayah Indonesia bisa dilihat dari keadaan yang ada. Setiap negara di dunia pasti mempunyai batas wilayah baik perbatasan daratan maupun lautan. Batas wilayah tersebut menjadi salah satu tanda kekuasaan dan pemerintahanya. Sehingga tidak ada keributan mengenai wilayah negara yang diperebutkan.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang berada di antara dua benua dan dua samudera. Dua benua tersebut yaitu benua Asia dan benua Australia. Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia dan benua Australia adalah benua terkecil di dunia.

Sedangkan dua samudera yang mengapit Indonesia yaitu Samudera Hindia dan Samudera pasifik. Kedua samudera mempunyai wilayah yang sama-sama luas namun mempunyai karakteristik yang berbeda.

1. Batas Daratan Indonesia

Daratan merupakan daerah permukaan bumi pada batas-batas tertentu pada tanah permukaan bumi. Penentuan dari batas wilayah daratan akan didiskusikan langsung dengan wilayah atau negara yang bersangkutan. Batas-batas tersebut biasanya dibuat dengan sengaja maupun ditandai dengan benda-benda alam seperti hutan, gunung, sungai atau yang lainnya.

Penentuan batas wilayah tidak akan ada permasalahan jika sudah ada kepastian dan persetujuan dari kedua negara. Batas Daratan Indonesia yaitu berbatasan langsung dengan Malaysia tepatnya Serawak dan Sabah, Timor Leste, dan Papua Nugini.

2. Batas Perairan Indonesia

Perairan teritorial atau lautan merupakan daerah perairan pada batas-batas tertentu pada lautan permukaan bumi. Penentuan batas perairan menggunakan metode penarikan garis bagian pantai yang paling rendah. Ketika air mulai surut hingga beberapa mil kedepannya. Batas daerah perairan Indonesia terbagi menjadi beberapa bagian yaitu

3. Batas Landasan Kontinen

Batas landasan kontinen merupakan Batas Lautan Indonesia yang diukur dari dasar laut baik dari segi geologi maupun geomorfologi. Batas landasan kontinen juga sering disebut sebagai benua yang mempunyai kedalaman kurang dari 200 meter.

Wilayah laut yang dangkal dengan kedalaman kurang lebih 200 meter menjadi bagian dari wilayah negara di kawasan laut tersebut. Batas benua diukurdari garis dasar pantai ke arah luar dan jarak paling jauh adalah 200 mil. Negara Indonesia mempunyai luas benua 2.749.001 km2.

4. Batas Laut Teritorial

Batas laut teritorial yaitu batas laut yang diambil dari sebuah garis dasar laut yang jaraknya sekitar 12 mil atau 19.3 km ke arah laut lepas. Adanya batas laut teritorial menjadikan sebuah negara mempunyai hak kedaulatan sepenuhnya.

Luas laut teritorial negara Indonesia yaitu 282.583 km2. Pada luas laut teritorial tersebut, warga negara indonesia berhak berlayar dengan bebas. Sedangkan jika warga negara lain atau negara lain berlayar pada daerah tersebut, maka harus mendapatkan izin terlebih dahulu kepada pemerintah Indonesia.

5. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Zona Ekonomi Eksklusif atau sering dikenal ZEE merupakan wilayah lautan sejauh 200 mil dari pulau terluar. Perhitungan ZEE diukur ketika air laut surut. Adanya ZEE ini negara berhak memberikan kegiatan eksplorasi, eksploitasi, aktifitas pengelolaan dan konservasi SDA. Pihak negara juga berhak melakukanresearch, proteksi dan pelestarian.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis wilayah ZEE tersebut, negara berhak memberikan izin kepada pelayan internasional. Tidak hanya itu, negara juga berhak mengadakan berbagai sarana perhubungan kelautan. Luas Zona Ekonomi Eksklusif  negara Indonesia yaitu 2.936.345 km2. ZEE diumumkanoleh pemerintah Indonesia pada 21 Maret 1980 dan telah diatur dalam Undang-undang NO. 5 tahun 1983 pasal 5.

6. Batas Udara Indonesia

Batas udara yaitu batas daerah yang berada di atas wilayah negara yang meliputi wilayah darat dan wilayah laut suatu negara. Namun forum internasional belum terjadi kesepakatan tentang kedaulatan suatu negara mengenai wilayah udara. Batas Udara Indonesia dibagi menjadi dua bagian yaitu

7. Batas Udara Horizontal

Batas udara negara Indonesia secara Horizontal yaitu luasnya seperti luas negara Indonesia sendiri. Luas negara Indonesia sebesar 5.455.675 km2, sehingga batas udara horizontal yaitu 5.455.675 km2.

8. Batas Udara Vertikal

Batas Batas Negara Indonesia secara vertikal  yaitu area udara yang tingginya mencapai 110 km. Pengukuran tersebut melalui titik konfigurasi ketinggian permukaan negara Indonesia.

Batas-Batas Wilayah Indonesia

Adapun batas-batas berdasar mata angin untuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain:

1. Utara

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Utara yaitu negara yang mempunyai border langsung dengan pulau kalimantan. Negara yang berbatasan daratan langsung dengan pulau kalimantan (Borneo) yaitu Negara Malaysia tepatnya daerah Serawak dan Sabah.

2. Atas

Sedangkan Batas-Batas Wilayah Indonesia atas lautnya yaitu ada lima negara sekaligus yaitu Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina. Perbatasan tersebut juga meliputi perairan Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.

3. Timur

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur yaitu negara yang berbatasan langsung dengan Papua. Pada batas bagian Timur ini Papua berbatasan dengan Negara Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik.

Agar tidak adanya kebingungan antara kedua negara, Indonesia dan Papua Nugini menyepakati hubungan bilateral tentang batas wilayah laut maupun darat. Hubungan bilateral tersebut yaitu provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

4. Selatan

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Selatan yaitu negara atau daerah yang berbatasan langsung dengan Indonesia bagian Selatan. Indonesia bagian selatan ditempati oleh Nusa tenggara. Negara yang berbatasan langsung yaitu Timor Leste

Timor Leste dulunya merupakan bagian dari negara Indonesia. Namun pada tahun 1999 Timor Leste memisahkan diri menjadi negara sendiri. Dulu Timor leste dikenal sebagai wilayah provinsi Timor Timur.

5. Barat

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Barat yaitu daerah yang berbatasan langsung dengan pulau-pulau Indonesia yang berada di daerah barat. Batas Wilayah Indonesia Sebelah Barat yaitu Samudera Hindia dan Perairan Negara India.

Daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India. Meskipun begitu, kedua negara memiliki batas wilayah pulau. Pulau tersebut terdapat titik tertentu yang ada disekitar Samudera Hindia dan laut Andaman. Pulau tersebut adalah Pulau Ronde yang ada di Aceh dan Pulau Nicobar yang ada di India.

Keuntungan Indonesia Akibat Letak Geografis

Keuntungan dari Wilayah Indonesia yang terletak diantara dua benua yaitu benua asia dan Australia. Kondisi tersebut menjadikan negara Indonesia menjalin hubungan baik dengan negara-negara di kedua benua tersebut.

Batas Wilayah Indonesia yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik menjadikan Indonesia berada pada jalur lintas internasional. Kondisi tersebut menjadikan Indonesia sebagai tempat transit jalur perdagangan dunia. Namun ada sedikit kerugiannya yaitu Indonesia juga sebagai jalur lalu lintas kriminalitas Internasional seperti perdagangan anak dan narkoba.

Keuntungan selanjutnya yaitu negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menjadikan negara kaya akan budaya, suku, bahasa, adat, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Indonesia juga menyuguhkan berbagai keindahan alamnya. Tidak heran jika banyak wisatawan asing yang sengaja memilih Indonesia sebagai tempat tujuan berlibur.

Indonesia yang mempunyai laut luas  dengan garis pantai yang panjang menjadikan negara ini menyimpan hasil laut yang banyak. Misalnya kerang, ikan, dan bahan tambang. Hal tersebut mampu menambah pendapatan dan kekayaan negara Indonesia.

Letak geografis Indonesia menjadikan negara ini lebih subur dibanding dengan beberapa negara di dunia. Tanah lebih subur menjadikan masyarakatnya mampu menghasilkan hasil pertanian yang banyak.

Masih banyak ditemukan hutan-hutan di Indonesia. Sehingga hutan Indonesia menjadi bagian dari paru-paru dunia. Namun karena letak hutan yang jauh dari pemerintah, membuat aksi kejahatan hutan sering terjadi. Seperti adanya pembakaran maupun pembukaan lahan.

Indonesia memiliki iklim tropis sehingga negara kaya akan hasil hutan. Berbagai jenis tanaman dan hewan bisa Anda temukan di Indonesia. Namun karena terjadinya pemanasan global mengakibatkan Indonesia terkena dampaknya. Sekarang banyak terjadi badai tropis maupun berkurangnya wilayah daratan Indonesia.

Kondisi alam Indonesia yang subur menjadikan Indonesia memiliki berbagai ragam flora dan fauna yang bisa Anda lihat. Mulai daerah aceh hingga papua pun Anda bisa menyaksikan berbagai flora dan fauna yang hidup di darat, air maupun udara.

Selain itu, Indonesia juga kaya akan sumber daya yang tidak dapat diperbaruhi. Indonesia menjadi salah satu negara besar yang mampu memproduksi barang tidak dapat diperbaruhi. Misalnya nikel, baja, intan, tambang dan sebagainya.

Perbatasan Pulau Terluar Indonesia

Adapun pulau-pulau terluar dari wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain adalah:

1. Pulau Berhala

Pulau Berhala terletak disebalah perairan timur Sumatera Utara langsungberbatasandengan Negara Malaysia. Pulau tersebut terdapat titik dasar 184. Pulau Berhala perlu diperhatikan karena pulau terluar Indonesia di Selatan malaka ini menjadi jalur pelayaran Internasional/

2. Pulau Rondo

Pulau Rondo terletak di ujung barat laut Provinsi Aceh Darussalam. Pulau Rondo memiliki titik dasar 177. Pulau Rondo menjadi pulau terluar di sebelah barat wilayah Indonesia. Dimana pulau ini berbatasan langsung dengan perairan India.

3. Pulau Nipa

Pulau Nipa berada tepat pada berbatasan Negara Singapura. Secara adiminstratif, pulau ini sebenarnya masih masuk kedalam batas wilayah kelurahan Pemping, Kec. Padang. Kota Batam, Kepulauan Riau. Pulau Nipa tiba-tiba terkenal karena ada isu beredar bahwa pulau Nipa hilang atau tenggelam.

Hal tersebut memicu anggapan bahwa negara Indonesia menjadi semakin sempit. Pada kenyataannya, pulau Nipa memang mengalami abrasi serius akibat adanya penambangan pasir laut disekitarnya. Pasir-pasir tersebut dijual untuk pelaksanaan reklamasi pantai Singapura.

4. Pulau Sekatung

Pulau sekatung terletak di kepulauan Riau sebelah utara. Pulau ini berhadapan langsung dengan laut cina Selatan. Terdapat titik dasar 0.30 yang menjadi pengukuran dan penetapan batas Indonesia dengan Vietnam

5. Pulau Bras

Pulau beras terletak di Kepulauan Asia, Irian Jaya Barat. Pulau bras tepatnya berada di barat laut kepala burung yang berbatasan dengan negara Kep. Palau. Pada pulau Bras ini terdapat titik dasar 072A.

Batas Wilayah Indonesia lebih banyak berbatasan dengan lautan atau perairan dibandingkan dengan batas daratannya. Tidak heran jika Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Hal tersebut terbukti dengan adanya 10 negara yang terhubung dengan Indonesia melalui lautan dan 3 negara yang terhubung melalui daratan.

Cari Artikel di Sini