Cerita Fabel: Kura-kura dan Monyet

48 sec read

cerita fabel monyet kurakura

Judul Cerita Fabel: Kura-kura dan Monyet

Dahulu kala hiduplah seekor monyet dan kura-kura yang bersahabat sangat akrab. Setiap hari mereka selalu menjalankan aktivitas bersama-sama mulai dari bermain hingga mencari makanan. Suatu hari mereka pun menemukan beberapa biji pisang dan berniat untuk menanamnya di rumah masing-masing.

Monyet dan kura-kura pun menanam biji pisang yang ia dapatkan. Kura-kura merawat biji pisang yang ditanam tersebut dengan rutin menyiraminya setiap hari. Sedangkan monyet tidak rajin merawat biji pisang tersebut dan hanya menyiraminya seminggu sekali.


Suatu hari, monyet pergi ke rumah kura-kura dan melihat pohon pisang yang sudah besar. Kebetulan, kura-kura pun meminta bantuan monyet untuk memetikkan buah pisang yang sudah masak. “Sahabat baikku, maukah kamu petikan untukku pisang itu, tidak perlu khawatir karena kamu juga akan kasu kasih jatah.”

Monyet pun bersedia, dan dalam hatinya ia berniat untuk mengambil semua buah yang ada di pohon. Begitu sampai di atas pohon, monyet pun memakan semua buah pisang. Kura-kuta pun kaget dan marah dengan perilaku monyet tersebut.

Monyet pun tidak menghiraukan kura-kura dan melanjutkan untuk makan pisang sampai kenyang. Namun tanpa disadari, ada salah satu dahan pusang yang tetak dan akhirnya dahan itu jatuh bersama monyet. Monyet pun meringis kesakitan karena tulang punggungnya patah.

Pesan Moral Contoh Cerita Fabel: Jangan rakus terhadap sesuatu apalagi jika itu milik orang lain karena nantinya bisa merugikan diri kita sendiri dan bisa menyakiti perasaan orang lain.


Pengertian Surat

admin-yusron
3 min read

Pengertian Bahasa

admin-yusron
3 min read

Resensi Buku

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *