Kebahasaan Teks Eksplanasi (Kaidah, Unsur, Pengembangan)

1 min read

definisi teks eksplanasi

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Dalam setiap jenis teks mengandung beberapakaidah bahasa yang biasanya digunakan termasuk dlaam teks jenis ekspanasi. Beberapa kaidah bahasa yang sering digunakan diantaranya yakni isi yang fokuspad ahal umum misalnya tsunami, gempa bumi, banjir, dn lain-lain yang bukan manusia.

Selain menggunakan istilah ilmiah, teks jenis ini jugabanyak menggunakan verba material dan verba relasional. Terakhir, teks jenis ini menggunakan konjungsi waktu dan kausal.

Unsur Kebahasaan Teks Eksplanasi

Ada beberapa unsur kebahasaan teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui sebelum membuat teks tersebut. Beberapa diantaranya adalah adanya kata kerja aksi, kalimat yang digunakan pasif, menggunakan frase nominasi dan adverbia. Selain itu ia juga menggunakan nominasi umum dan konjungsi waktu dalam penjelasan nya.

Pola Pengembangan Teks Eksplanasi

Pola-pola pengembangan teks eksplanasi secara umum dibagi menjadi dua macam. Berikut adalah pembahasan detail nya beserta contoh teks eksplanasinya:

1. Sebab Akibat

Pola pengembangan yang pertama adalah pola sebab akibat. Dalam pola ini, sebab diposisikan sebagai gambaran umum dari sebuah teks. Sedangkan, akibat adalah pengembangan dari sebab itu. Namun, sebab tidak melulu menjadi gambaran atau gagasan umum saja, bisa saja kebalikannya.


Baca Juga: pengertian visi dan misi

Jika Anda memposisikan akibat menjadi pokok bahasan yang utama, maka Anda harus merincikan sebabnya. Sebab dan akibat ini sangat erat kaitannya dengan suatu proses peristiwa. Berikut adalah contohnya:

gempa bumi di yogya teks eksplanasi
gempa bumi di yogya teks eksplanasi (Pinterest)

Sebuah musibah berupa gempa bumi telanjang melanda daerah Yogyakarta. Gempa tersebut terjadi pada pukul 05.54 WIB tepatnya tanggal 27 Mei 2006.

Kedalaman gempa tersebut mencapai 17.1 km dengan besaran 6.2 skala Ritcher.. Pusatnya berada di wilayah barat daya Kota Yogyakarta sekitar 25 km.

Tersebut sudah mengakibatkan banyak orang meninggal dunia. Sedangkan, beberapa di antaranya mengalami luka-luka. Kejadian tersebut sudah menyebabkan banyak rumah roboh dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Diinformasikan bahwa selain disebabkan oleh gempa, kerusakan juga disebabkan oleh longsor yang juga datang berdampingan. Itu mengapa, banyak bangunan di pemukiman warga mengalami kerusakan berat akibat gempa di Kabupaten Bantul tersebut.

2. Proses

Proses adalah suatu urutan daripada perbuatan-perbuatan yang dilakukan untuk menciptakan urutan dari suatu peristiwa. Dalam penyusunan sebuah proses dalam teks eksplanasi, Anda harus mengetahui beberapa langkah nya, berikut adalah langkah nya:

  1. Memahami perincian teks secara menyeluruh
  2. Proses dibagi menjadi beberapa tahap
  3. Menjelaskan suatu proses dengan detail dan jelas agar mudah dipahami.

Contoh proses dalam teks eksplanasi:

Pada bulan keempat, wajah mulai terlihat seperti manusia. Pada bulan kelima, mulai tampak rambut-rambut tumbuh di sekitar kepala.

Pada bulan keenam, sudah muncul alis dan bulu mata. Fetus mulai tampak seperti kulit orang tua dengan warna merah keripu di bulan ke tujuh. Pada bulan kedelapan, lemak-lemak mulai terbentuk sehingga keriput pun mulai menghilang.

Pada bulan ini, kaki sudah membulat, kuku sudah tumbuh, dan rambut asli mengalami kerontokan. Pada akhirnya, Fetus sudah terbentuk secara sempurna dan siap untuk dilahirkan.

Ada banyak sekali contoh teks eksplanasi beserta strukturnya yang dapat Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah contoh kejadian alam seperti contoh teks eksplanasi tentang tsunami, banjir, pelangi, dan lainnya. Mulai dari contoh teks eksplanasi kompleks hinggacontoh teks eksplanasi singkat dapat Anda temukan di sini.


Pengertian Surat

admin-yusron
3 min read

Pengertian Bahasa

admin-yusron
3 min read

Resensi Buku

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *