Pengertian Pancasila

Pancasila merupakan dasar ideologi negara Indonesia dan sekaligus menjadi lambang negara. Penetapan dari ideologi dan lambang mempunyai nilai sejarah bangsa serta merupakan bentuk gambaran atas keberagaman nusantara.

Definisi Umum Pancasila

Pancasila adalah suatu ideologi bagi Negara kita yaitu Indonesia. Pancasila memiliki dua arti kata sansakerta. Yang mana panca artinya lima dan sila adalah prinsip atau asas.

Jadi pancasila adalah suatu rumusan dan juga pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia.

Hal ini dipekuat dalam undang-undang dasar 1945 juga dijlaskan pancasila juga digunakan sebagai Dasar negara Republik Indonesia, tertera pada alenia ke-4.

Hal apapun berhubungan dengan Negara harus berdasarkan pancasila. Selain itu dalam mengatur dan membentuk peraturan di Negara Indonesia juga harus berdasarkan pancasila.

Sebagai dasar negara Indonesia, pancasila merupakan sumber dari segala hukum sumber yang ada di indonesia haruslah berdasarkan pancasila.

Adapun definisi dari pancasila adalah bahwa pancasila saat ini menjadi nama resmi dari filsafat negara Indonesia, dahulunya pancasila banyak proses perkembangannya.

Baik ditinjau dari segi bahasa maupun sejarahnya yangb ada dari segi penulisan maupun penggunaannya.


Baca juga : Pengertian Demokrasi, Sejarah, Prinsip, Ciri-Ciri, Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Pancasila menurut Ahli

a. Notonegoro

Mengatakan bahwa pancasila merupakat dasar falsafah negara. jadi menurtnya bahwa pancasila merupakan falsafat negara yang dijadikan sebagi pedoman hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia dalam menaati aturan negera. Dimana diharapkan dapat menjadi lambang pemersatu, kesatuan dan pertahanan bangsa dan negara.

b. Muhammad Yamin

Panca yang artinya lima dan sila yang artinya asas, sendi  dasar dan juga peraturan dalam bertingkah laku. Artinya bahwa pancasila adalah pedoman dalam bertingkah laku berbangsa dan bernegara dengan baik.

c. Ir Soekarno

Ir Soekarno menjelaskan bahwa menurutnya Pancasila tidak hanya sebagai falsafah negara, tetapi lebih luas lagi yaitu falsafat bangsa Indonesia.

Baca juga : Pengertian Sosiologi Secara Umum, Pokok Bahasan, Ciri-Ciri

Sila Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Dan Perwakilan
  5. Keadailan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Arti Penting

Berikut ini adalah arti penting pancarila bagi rakyat Indonesia:

  1. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
  2. Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
  3. Pancasila Sebagai Paradigma
  4. Pancasila Sebagai Ideologi Pancasila

Itulah penjelasan lengkap mengenai sejarah serta makna dari Pancasila dan lambang burung Garuda. Kedua tersebut merupakan identitas diri bagi bangsa Indonesia. Saya Indonesia saya Pancasila!

Arti penting Pancasila | Sejarah Pancasila | Hari lahir dan kesaktian Pancasila
Sejarah lambang Garuda 
Arti lambang Garuda Makna sila Pancasila | Pengertian Pancasila

Originally posted 2018-08-06 14:19:59.

Leave a Comment