Arti Bagian Tubuh Burung Garuda

Setiap bagian dari tubuh burung Garuda mengandung makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia. Bukan hanya sekedar simbol dari hari proklamasi kemerdekaan Indonesia, namun juga Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.

Berikut ini adalah arti setiap tubuh burung Garuda :

1. Jumlah Bulu Dalam Tubuh Burung Garuda

Pada kedua sayap burung Garuda, terdapat 17 helai bulu. 17 sendiri adalah tanggal hari proklamasi. Sedangkan jumlah bulu pada ekor burung adalah 8. Arti dari nomor 8 adalah bulan Agustus yang merupakan bulan ke 8 dalam kalender masehi.

Untuk jumlah bulu yang terdapat pada kepala sebanyak 45 helai. Angka 45 diambil dari 2 angka belakang pada 1945. Angka tersebut adalah tahun dimana Indonesia memperoleh kemerdekaan. Jumlah bulu yang terdapat pada pangkal ekor juga diambil dari 2 angka di depan dari 1945.

2. Bagian Badan Burung Garuda

Pada bagian badan burung Garuda, menyerupai gambar perisai. Arti dari perisai ialah sebagai pelindung negeri Indonesia.

3. Gambar Yang Terdapat Di Dalam Badan Burung Garuda

Selain sebagai simbol perisai bangsa, gambar yang terdapat di badan burung mempunyai arti tersendiri. Ada 5 buah gambar dalam perisai. Gambar tersebut merupakan simbol dari Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia.

Gambar bintang yang berada di tengah adalah lambang sila pertama. Sedangkan gambar rantai adalah simbol dari sila kedua. Untuk gambar pohon beringin adalah simbol sila ketiga.

Sedangkan gambar kepala banteng merupakan simbol dari sila keempat. Gambar yang terakhir adalah gambar padi dan kapas. Gambar tersebut adalah simbol dari sila terakhir atau kelima.

4. Warna Dari Burung Garuda

Bukan hanya bagian tubuh burung yang mengandung makna, warna burung pun juga mempunyai makna terselubung.

Warna merah pada perisai kiri atas dan kanan bawah mengandung arti keberanian. Sedangkan warna kuning pada simbol bintang, rantai, padi dan kapas mempunyai arti keluhuran dan kemegahan. Untuk arti warna hijau pada pohon beringin adalah kesuburan.


Sementara warna keemasan dari burung Garuda berarti kejayaan dan keagungan. Warna hitam yang terdapat di kepala banteng dan background lambang bintang berarti keabadian.

Arti dari warna – warna tersebut bukanlah merupakan hasil pemikiran tersendiri. Namun arti warna yang dipergunakan merupakan arti makna secara umum. Kepercayaan bahwa warna mempunyai arti bukan hanya terdapat di Indonesia, namun juga di seluruh dunia.

5. Arti Dari Semua Bagian Tubuh Burung Garuda

Burung merupakan jenis unggas yang dapat terbang. Ciri – ciri burung juga sama dengan jenis unggas lainnya. Begitu pula dengan lambang pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

Burung garuda juga mempunyai paruh, ekor, sayap serta cakar seperti burung lainnya. Hal tersebut mempunyai arti sebagai kekuatan dan pembangunan.

6. Makna Garis Tengah Perisai

Pada bagian tengah perisai terdapat garis hitam tebal yang seperti membagi perisai menjadi 2 bagian. Walaupun terlihat sepele, namun garis tersebut juga mempunyai arti.

Arti garis hitam adalah perwujudan dari garis khatulistiwa. Sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai salah satu negara beruntung yang dilalui garis khatulistiwa. Tepatnya di pulau Kalimantan.

7. Pita Yang Dicengkram Burung Garuda

Di dalam pita yang dicengkram kaki burung Garuda terdapat kalimat yang berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika”. Kata tersebut merupakan semboyan bangsa Indonesia.

Sama dengan ideologi Indonesia, semboyan bangsa juga diambil dari bahasa Sanskerta. Arti kata Bhinneka adalah berbeda, sedangkan arti dari tunggal ialah satu, sedangkan arti ika ialah itu. Dari ketiga kata tersebut ditafsirkan dengan kalimat walaupun berbeda – beda, tetapi tetap satu jua.

Semboyan tersebut diambil dari sebuah kutipan karya mpu Tantular dalam Kakawin Sutasoma. Pemilihan dari kalimat tersebut disebabkan dengan kondisi rakyat Indonesia. Ada ribuan suku dari berbagai rumpun yang tinggal di tanah nusantara.

Masing – masing suku mempunyai kebudayaan, adat istiadat, kepercayaan serta bahasa yang berbeda. Namun mereka dapat bersatu dan menjadi bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Arti penting Pancasila | Sejarah Pancasila | Hari lahir dan kesaktian Pancasila
Sejarah lambang Garuda 
Arti lambang Garuda Makna sila Pancasila | Pengertian Pancasila


3 thoughts on “Arti Bagian Tubuh Burung Garuda”

Leave a Comment