Makna Setiap Sila Pancasila

Pancasila sendiri memiliki makna yang harus digunakan dalam bernegara. Yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Artinya bahwa aturan bernegara harus dilandasi dengan keyakinan pada Tuhan masing-masing pemeluk, harus atas dasar aturan yang sudah ditetapkan oleh Tuhan.

2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Sebagai bangsa indonesia yang memiliki dasar pancasila, maka selain taat pada Tuhan. Kehidupan dalam bernegara juga harus adil pada sesama dan memiliki norma-norma maupun aturan yang mengatur gerak-gerik setiap bangsa, sehingga menghasilkan bangsa yang beradab.

3. Persatuan Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai suku, ras dan agamanya yang berbeda. Maka dalam berkehidupan juga harus menjunjung persatuan bangsa, saling menghormati, mencintai dan menyanyangi sesama makhluk-Nya. Tidak membeda-bedakan karena ras, suku maupun agamanya. Indonesia adalah satu, kita adalah satu.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Dan Perwakilan


Bahwasanya pemimpin bangsa Indonesia harus bijaksana, setiap persoalan yang ada di Indonesia harus dimusyawarahkan bersama, hukum tak boleh tumpul ke atas dan tajam ke bawah.

Orang kecil ditindas, yang tak sepadam dengan pemerintah dianggap tak sebaris. Segala permasalhan yang ada diselesaikan dengan terbuka, sehingga keutuhan bangsa Indonesia selalu terjaga.

5. Keadailan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna yang kelima ini sangat penting harus dijaga oleh setiap bangsa Indonesia, demi menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara.

Setiap pihak yang memiliki kuasa di negara Indonesia harus mampu bersikap adil terhadap siapapun, tanpa memandang rendah siappun. Keadilan harus diberlakukan pada seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Arti penting Pancasila | Sejarah Pancasila | Hari lahir dan kesaktian Pancasila
Sejarah lambang Garuda 
Arti lambang Garuda Makna sila Pancasila | Pengertian Pancasila


1 thought on “Makna Setiap Sila Pancasila”

Leave a Comment