Sejarah Lambang Negara Burung Garuda

Penetapan burung Garuda sebagai simbol bangsa, bukan disaat detik – detik kemerdekaan, seperti ideologi negara. Pencetusan burung Garuda pun 5 tahun sejak kemerdekaan.

Pemrakarsa burung Garuda adalah Sultan Hamid II. Saat itu beliau merupakan menteri Negara. Sultan Hamid secara langsung menyampaikan suatu rancangan tentang lambang negara Garuda.

Kemudian pada 8 Februari 1950, Soekarno memberi perintah kepada Dullah untuk melukis burung Garuda Pancasila. Gambar pancasila pun harus sesuai dengan Sultan Hamid II.

Namun Dullah menambahkan jambul pada burung tersebut. Supaya tidak terlalu mirip dengan lambang Amerika Serikat Bald Eagle

Lalu lukisan burung Garuda direalisasikan dalam sebuah patung perunggu. Patung tersebut berlapis emas dan diletakkan di ruang Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional.

Burung Garuda sendiri merupakan tokoh fiktif dari mitologi Hindu. Dalam mitologi tersebut Garuda merupakan tunggangan dewa Wisnu.


Sifat dari Garuda digambarkan sebagai sosok tangguh dan sangat setia. Dari sifat tersebut merupakan perwujudan dari rakyat Indonesia yang sangat tangguh berjuang untuk lepas dari kolonial serta mempunyai rasa nasionalisme tinggi.

Karakter burung Garuda juga menjadi karakter favorit yang terdapat di sebagian besar relief candi Hindu. Seperti salah satu relief yang terdapat dalam candi Prambanan. Relief burung Garuda dalam candi Prambanan disebut dengan Garuda Wisnu Kencana.

Sedangkan menurut kepercayaan umat hindu Bali, burung tersebut dianggap sebagai “tuan segala makhluk yang bisa terbang”. Sebagian besar candi hindu Bali juga sering dijumpai archa Garuda Wisnu Kencana.

Sehingga burung Garuda Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia merupakan cerminan dari kebudayaan nusantara yang telah mendarah daging.

Maka dari itu, lambang burung Garuda tidak diperkenankan untuk diubah sama sekali. Karena setiap bagian dari burung Garuda mempunyai arti yang sangat penting akan perjuangan bangsa.

Arti penting Pancasila | Sejarah Pancasila | Hari lahir dan kesaktian Pancasila
Sejarah lambang Garuda 
Arti lambang Garuda Makna sila Pancasila | Pengertian Pancasila


Leave a Comment