Peringatan Hari Lahir dan Kesaktian Pancasila

Ada 2 jenis peringatan penting dalam sejarah, yaitu hari lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila. Kedua momen tersebut mempunyai sejarah yang berbeda. Begitu pula dengan tujuan dari hari peringatan tersebut.

Untuk hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, merupakan awal mula dari rumusan ideologi negara. Perumus pancasila diprakasai oleh Soekarno. Walaupun isi dari ideologi yang kini berlaku, namun penggunaan nama tersebut sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa, diambil dari bahasa Sanskerta. Berasal dari kata Panca dan sila. Dalam bahasa Indonesia, Panca berarti 5. Sedangkan sila berarti prinsip.

Bahasa Sanskerta sendiri adalah bahasa kuno yang merupakan bahasa asli nusantara. Walaupun bahasa tersebut telah tidak dipergunakan dalam keseharian, namun penggunaan bahasa Sanskerta masih berlaku. Karena itulah juga diartikan Pancasila sebagai perjanjian luhur Bangsa Indonesia.


Sedangkan pada tanggal 1 Oktober adalah hari kesaktian Pancasila. Hari tersebut untuk memperingati pahlawan yang telah gugur ketika gerakan 30 SPKI. Pahlawan tersebut juga dikenal sebagai pahlawan revolusi. Pada hari tersebut, bendera dikibarkan setengah tiang.

Untuk mengenang jasa pahlawan G 30 SPKI, juga dibangun sebuah monumen Pancasila sakti. Monumen tersebut berada di kel Lubang Buaya, Kec Cipayung, Jakarta Timur. Pemrakarsa pembangunan monumen tersebut adalah presiden Soeharto.

Desain dari monumen berupa burung Garuda. Tepat di bawah burung Garuda, terdapat patung 7 pahlawan revolusi yaitu Letjen Ahmad Yani, Mayjen R Suprapto, Mayjen M T Haryono, Mayjen Siswondo Parman, Brigjen DI Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo dan Perwira Lettu Pierre Tendean.

Arti penting Pancasila | Sejarah Pancasila | Hari lahir dan kesaktian Pancasila
Sejarah lambang Garuda 
Arti lambang Garuda Makna sila Pancasila | Pengertian Pancasila


Leave a Comment