Fasilitas / Fitur yang Ada di Internet

2 min read

fasilitas internet

Internet bisa berkembang sangat cepat hanya dalam kurun 2 dekade tidak lepas dari fitur-fitur maupun fasilitas yang ditawarkan.

Ada banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan dan tentu fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat bagi kita. Adapun fitur-fitur internet antara lain :

1. World Wide Web (WWW) atau Website

Ini adalah fitur yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet saat ini. WWW adalah kependekan dari World Wide Web yaitu sebuah sistem yang ada di internet yang berfungsi untuk mencari dan memberikan informasi dengan cepat menggunakan teknologi bernama hypertext.

Untuk menggunakan teknologi hypertext ini dibutuhkan bahasa pemrograman dasar yang bernama HTML atau Hyper Text Markup Language.

Setiap file html harus bertipe .HTM atau .HTML, besar kecil huruf tidak ada bedanya. Untuk mengirimkan file ini dibutuhkan sebuah jalan atau protokol pengiriman data khusus yang bernama HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol.

Selain itu dibutuhkan Uniform Resouce Locator (URL) yang digunakan sebagai pembeda / ID untuk menemukan hubungan / relasi dari setiap hypertext.

Banyak orang mengira bahwa internet = WWW, padahal WWW bagian dari internet. WWW hanya sebagian kecil dari internet, tetapi memang WWW inilah yang paling banyak digunakan oleh pengguna awam internet.

Dengan WWW pengguna bisa mendapatkan informasi seperti musik, berita, video, dll. Dan hanya dengan mengklik / men-tap link tautan bisa berpindah dari satu dokumen situs ke dokumen situs yang lainnya.

2. Email (Surat Elektronik)

Salah satu fitur yang membuat internet berkembang sangat pesat adalah adanya email ini, email benar-benar membuat surat menyurat menjadi jauh lebih efisien.

Bayangkan, dahulu perlu waktu berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun jika jaraknya sangat jauh hanya untuk menerima sebuah surat.

Tapi, dengan adanya email kita bisa saling tukar menukar surat hanya dalam hitungan detik atau real time. Dan kita bisa kirim email jam berapapun dan dimanapun selagi ada koneksi internet. Dan tentu dengan biaya yang jauh lebih murah karena tidak memerlukan perangko.

Ada banyak perusahaan penyedia jasa email antara lain google dengan gmail dan yahoo dengan yahoo mail.

3. Grup Diskusi

Grup diskusi ini memungkinan kita untuk saling berdiskusi dengan teman-teman lewat suatu grup, dulu populernya dengan mailing list atau biasa disebut milist. Milist ini memungkinkan untuk saling berkirim email dengan banyak orang dalam satu grup.

Jadi, jika kita mengirim email ke alamat suatu milist maka otomatis akan kekirim ke seluruh anggota milist tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika ada member lain yang mengirim ke alamat email milist maka otomatis kita akan menerima email tersebut.


Tetapi, saat ini grup diskusi ini semakin sedikit anggotanya karena sudah banyak aplikasi lain yang bisa mengakomodir layanan ini seperti grup facebook, ataupun grup chat di whatsapp, line, atau yang lainnya.

4. Chatting

Fitur selanjutnya adalah chatting, layanan ini juga termasuk yang sering digunakan oleh para pengguna internet. Dulu, sebelum aplikasi chatting populer kita masih menggunakan layanan SMS dari sebuah operator yang biayanya mahal, apalagi jika beda operator.

Dengan adanya layanan chatting ini tentu akan memangkas pengeluaran, dan tentunya fitur yang diberikan jauh lebih beragam dibanding dengan SMS yang terbatas katanya.

Dengan aplikasi chatting ini kita bisa saling kirim pesan dengan jumlah teks yang jauh lebih panjang, selain teks kita juga bisa kirim gambar, mp3, bahkan dokumen.

Aplikasi chatting yang populer saat ini adalah Whatsapp, Line, BBM dan Facebook Messenger. Semua aplikasi tersebut gratis, hanya perlu koneksi data internet saja.

5. File Transfer Protocol (FTP)

FTP adalah layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk saling kirim file dalam satu server di internet. Dengan adanya FTP ini pengguna bisa mengirim (upload) dan menyalin (download) suatu file dalam server tersebut selama terhubung dengan jaringan internet.

FTP ini sangat penting dalam internet, tanpa adanya fitur ini kita tidak mungkin bisa mendownload file di internet. Untuk menggunakan ini dibutuhkan FTP klien dan FTP Server.

Server FTP berfungsi untuk merespon segala perintah yang diminta oleh klien FTP. Karena itulah sebelum klien melakukan perubahan pada file, baik menambah, menghapus atau mengedit dibutuhkan akses persetujuan dari server FTP.

6. Telnet

Telnet atau Telecommunications Network Protocol adalah layanan internet yang memungkinkan kita untuk mengontrol / mengakses / meremote komputer lain dengan menggunakan jaringan internet melalui protocol Telnet.

Aplikasi yang terkenal untuk menggunakan ini adalah TimeViewer, kita bisa dengan mudah mengontrol komputer lain hanya dengan memasukkan ID dan password komputer yang akan diremote. Selain mengendalikan kita juga bisa mengirim file dengan mudah melalui aplikasi ini.

TimeViewer juga tersedia di komputer dan smartphone. Kita juga bisa mengendalikan komputer melalui smartphone.

7. Game Online

Game online memang sedang berkembang sangat pesat, bahkan ada sekolah yang memasukkannya sebagai materi sekolah dengan sebuatan electronic sprot atau olahraga elektronik.

Hal ini disebabkan karena sering kali adanya turnamen baik tingkat regional maupun internasional dengan hadiah milyaran rupiah, dan tentunya akses penggunaan game online ini semakin meluas, mulai dari game berbasis komputer, konsol hingga berbasis smartphone.

Game online yang sangat populer saat ini misalkan Mobile Legend yang untuk memainkannya dibutuhkan koneksi internet yang stabil.

Etika Menggunakan Internet Dampak Positif Internet Dampak Negatif Internet 
Sejarah Internet 
Cara Kerja Internet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *