Definisi Umum Internet

Definisi atau pengertian internet adalah singkatan dari interconnection-networking yaitu sebuah jaringan yang menghubungkan komputer atau alat-alat lainnya dalam skala global (dunia) yang menggunakan protokol pertukaran paket TCP/IP serta digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia.

Mudahnya internet adalah jaringan yang menghubungkan perangkat kita seperti smartphone, komputer, laptop, tablet dengan perangkat lain di seluruh dunia. Jadi, internet ini skalanya internasional, antar negara yang tidak terikat batas waktu dan tempat.

Internet hadir dengan membawakan berbagai perubahan yang sangat signifikan terutama pada bidang informasi. Dengan adanya internet proses konversi informasi konvensional (koran, majalah, televisi, radio) menjadi informasi digital semakin cepat.

Tidak sedikit percetakan-percetakan yang gulung tikar karena semakin sedikit peminat yang mau membeli buku, koran atau majalah cetak. Perusahaan yang bertahan adalah perusahaan yang mampu mengkonversi lini bisnisnya dari media cetak ke media digital, contoh yang sukses adalah kompas dan tempo.

Internet juga mengubah cara orang untuk berkomunikasi, dulu orang saling surat menyurat yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menerima balasan suratnya. Tapi, dengan adanya internet kita bisa mengirim surat (email / electronic mail) yang bisa terkirim dalam hitungan detik.

Dulu orang ingin mendengarkan lagu harus beli keping CD atau kaset radio, tapi sekarang ada youtube, spotify, apple music dan penyedia musik streaming lainnya. Jadi, internet sangat merevolusi aktivitas sehari-hari pada masyarakat dunia

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Internet

Gambar alur sejarah internet (sumber : nesabamedia.com)

Pada awal penciptaanya internet berawal dari proyek jaringan komputer yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau US Department of Defense di tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPA kemudian dikenal dengan Advanced Research Project Agency Network yang disingkat dengan ARPANET.

Dalam proyek tersebut didemonstrasikan atau ditampilkan bagaimana komputer yang terdiri dari software dan hardware berbasis UNIX bisa saling berkomunikasi satu sama lain dalam jarak yang jauh dengan menggunakan saluran telepon sebagai media perantaranya.

Dalam proyek ARPANET ini dirancang sebuah bentuk jaringan, kemampuan serta seberapa besar informasi maupun data yang dapat dipindahkan / ditransfer, yang pada akhirnya hasil pengembangan ini dijadikan standard serta menjadi cikal bakal sebuah protokol terbaru yang digunakan hingga sekarang dikenal dengan TCP/IP kependekan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol.

Karena dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat maka tentunya pada awal pengembangannya internet digunakan untuk keperluan militer, yang pada saat itu masih terjadi perang dingin (cold war) antara Amerika dengan Rusia setelah berakhirnya perang dunia kedua. Pada masa itu Departemen Pertahanan Amerika menghubungkan komputer-komputer yang ada di daerah-daerah dengan sebuah jaringan komputer, hal ini bertujuan jika terjadi serangan nuklir informasi yang tersebar tidak terpusat. Karena, jika informasi terpusat maka akan mudah dihancurkan.

Pada tahun 1969 hanya ada empat situs saja yang ada yaitu dari University of Utah, Stanford Research Institute, Santa Barbara dan University of California, 3 tahun kemudian tepatnya pada bulan Oktober 1972 ARPANET secara umum diperkenalkan, dan semakin banyak universitas yang ingin bergabung sehingga dari pihak ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Maka ARPANET dipisah menjadi dua, untuk keperluan militer diberi nama MILNET, dan untuk non-militer diberi nama ARPANET. ARPANET ini banyak digunakan oleh universitas-universitas pada masa itu. Yang sekarang pada akhirnya dikenal dengan nama internet.

Cara Kerja Internet

cara kerja internet

Illustrasi cara kerja internet (gambar : hswstatic.com)

Proses internet bekerja secara sederhana adalah kita sebagai user internet meminta akses data bisa berupa informasi, gambar atau yang lainnya kepada komputer server sebagai penyedia. Jadi pada intinya internet ini adalah nama “jalan” yang menghubungkan antara client sebagai pengguna dan server sebagai penyedia informasi.

Karena internet ini sebagai “jalan”nya maka ada banyak macam peralatan atau komponen-komponen yang mendukungnya, misal perangkat client harus mempunya alat berupa modem. Semua perangkat yang bisa terhubung ke internet secara langsung pasti memiliki modem contohnya adalah smartphone dan tablet.

Jika menggunakan komputer bisa menggunakan modem USB atau modem Wi-Fi. Modem inilah yang sebagai alat perantaranya, sedangkan jalan utamanya menggunakan jasa ISP atau Internet Service Provider jika diartikan sebagai penyedia layanan jasa internet.

Contoh perusahaan ISP adalah Telkom Indihome, MyRepublic, atau operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, dll.

Singkatnya proses internet bekerja adalah client memberikan suatu perintah misalkan mengakses sebuah situs dengan memasukkan alamat situs seperti www.google.com melalui perangkat seperti laptop/smartphone, kemudian oleh ISP diproses dan dikirimkan kepada server perintah yang dikirimkan, kemudian hasilnya akan dikirim kembali ke ISP untuk diteruskan kepada client.

Fasilitas / Fitur yang Ada di Internet

Internet bisa berkembang sangat cepat hanya dalam kurun 2 dekade tidak lepas dari fitur-fitur maupun fasilitas yang ditawarkan. Ada banyak sekali fitur yang bisa kita gunakan dan tentu fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat bagi kita. Adapun fitur-fitur internet antara lain :

1. World Wide Web (WWW) atau Website

Ini adalah fitur yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet saat ini. WWW adalah kependekan dari World Wide Web yaitu sebuah sistem yang ada di internet yang berfungsi untuk mencari dan memberikan informasi dengan cepat menggunakan teknologi bernama hypertext. Untuk menggunakan teknologi hypertext ini dibutuhkan bahasa pemrograman dasar yang bernama HTML atau Hyper Text Markup Language.

Setiap file html harus bertipe .HTM atau .HTML, besar kecil huruf tidak ada bedanya. Untuk mengirimkan file ini dibutuhkan sebuah jalan atau protokol pengiriman data khusus yang bernama HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol. Selain itu dibutuhkan Uniform Resouce Locator (URL) yang digunakan sebagai pembeda / ID untuk menemukan hubungan / relasi dari setiap hypertext.

Banyak orang mengira bahwa internet = WWW, padahal WWW bagian dari internet. WWW hanya sebagian kecil dari internet, tetapi memang WWW inilah yang paling banyak digunakan oleh pengguna awam internet. Dengan WWW pengguna bisa mendapatkan informasi seperti musik, berita, video, dll. Dan hanya dengan mengklik / men-tap link tautan bisa berpindah dari satu dokumen situs ke dokumen situs yang lainnya.

2. Email (Surat Elektronik)

Salah satu fitur yang membuat internet berkembang sangat pesat adalah adanya email ini, email benar-benar membuat surat menyurat menjadi jauh lebih efisien. Bayangkan, dahulu perlu waktu berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun jika jaraknya sangat jauh hanya untuk menerima sebuah surat.

Tapi, dengan adanya email kita bisa saling tukar menukar surat hanya dalam hitungan detik atau real time. Dan kita bisa kirim email jam berapapun dan dimanapun selagi ada koneksi internet. Dan tentu dengan biaya yang jauh lebih murah karena tidak memerlukan perangko.

Ada banyak perusahaan penyedia jasa email antara lain google dengan gmail dan yahoo dengan yahoo mail.

3. Grup Diskusi

Grup diskusi ini memungkinan kita untuk saling berdiskusi dengan teman-teman lewat suatu grup, dulu populernya dengan mailing list atau biasa disebut milist. Milist ini memungkinkan untuk saling berkirim email dengan banyak orang dalam satu grup.

Jadi, jika kita mengirim email ke alamat suatu milist maka otomatis akan kekirim ke seluruh anggota milist tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika ada member lain yang mengirim ke alamat email milist maka otomatis kita akan menerima email tersebut.

Tetapi, saat ini grup diskusi ini semakin sedikit anggotanya karena sudah banyak aplikasi lain yang bisa mengakomodir layanan ini seperti grup facebook, ataupun grup chat di whatsapp, line, atau yang lainnya.

4. Chatting

Fitur selanjutnya adalah chatting, layanan ini juga termasuk yang sering digunakan oleh para pengguna internet. Dulu, sebelum aplikasi chatting populer kita masih menggunakan layanan SMS dari sebuah operator yang biayanya mahal, apalagi jika beda operator.

Dengan adanya layanan chatting ini tentu akan memangkas pengeluaran, dan tentunya fitur yang diberikan jauh lebih beragam dibanding dengan SMS yang terbatas katanya. Dengan aplikasi chatting ini kita bisa saling kirim pesan dengan jumlah teks yang jauh lebih panjang, selain teks kita juga bisa kirim gambar, mp3, bahkan dokumen.

Aplikasi chatting yang populer saat ini adalah Whatsapp, Line, BBM dan Facebook Messenger. Semua aplikasi tersebut gratis, hanya perlu koneksi data internet saja.

5. File Transfer Protocol (FTP)

FTP adalah layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk saling kirim file dalam satu server di internet. Dengan adanya FTP ini pengguna bisa mengirim (upload) dan menyalin (download) suatu file dalam server tersebut selama terhubung dengan jaringan internet.

FTP ini sangat penting dalam internet, tanpa adanya fitur ini kita tidak mungkin bisa mendownload file di internet. Untuk menggunakan ini dibutuhkan FTP klien dan FTP Server. Server FTP berfungsi untuk merespon segala perintah yang diminta oleh klien FTP. Karena itulah sebelum klien melakukan perubahan pada file, baik menambah, menghapus atau mengedit dibutuhkan akses persetujuan dari server FTP.

6. Telnet

Telnet atau Telecommunications Network Protocol adalah layanan internet yang memungkinkan kita untuk mengontrol / mengakses / meremote komputer lain dengan menggunakan jaringan internet melalui protocol Telnet.

Aplikasi yang terkenal untuk menggunakan ini adalah TimeViewer, kita bisa dengan mudah mengontrol komputer lain hanya dengan memasukkan ID dan password komputer yang akan diremote. Selain mengendalikan kita juga bisa mengirim file dengan mudah melalui aplikasi ini.

TimeViewer juga tersedia di komputer dan smartphone. Kita juga bisa mengendalikan komputer melalui smartphone.

7. Game Online

Game online memang sedang berkembang sangat pesat, bahkan ada sekolah yang memasukkannya sebagai materi sekolah dengan sebuatan electronic sprot atau olahraga elektronik.

Hal ini disebabkan karena sering kali adanya turnamen baik tingkat regional maupun internasional dengan hadiah milyaran rupiah, dan tentunya akses penggunaan game online ini semakin meluas, mulai dari game berbasis komputer, konsol hingga berbasis smartphone.

Game online yang sangat populer saat ini misalkan Mobile Legend yang untuk memainkannya dibutuhkan koneksi internet yang stabil.

Etika Dalam Menggunakan Internet

Internet saat ini bisa dikatakan sebagai “dunia kedua” bagi kebanyakan masyarakat milenial. Karena memang hampir semua seluk beluk kehidupan menggunakan internet. Karena internet ini sudah menjadi “barang wajib” maka etika-etikanya juga harus mulai diperhatikan.

Banyak sekali orang-orang menggunakan internet tetapi lupa akan etika yang berlaku, yaitu dengan suka saling menghujat dan asal berkomentar urusan orang lain. Karena itulah, berikut ini adalah etika-etika yang perlu diperhatikan saat menggunakan internet :

1. Perhatikan besar kecil huruf (kapital)

Di dunia internet, emosi seseorang tergambar pada teks yang ia ketik. Biasanya orang yang sedang marah itu menggunakan karakter huruf besar semua ditambah dengan tanda seru yang banyak. Karena itulah, hindari penggunaan huruf kapital. Lebih baik menggunakan huruf kecil semua, karena jika orang yang menerima pesan kita tidak tahu karakter kita maka bisa disangka kita sedang bermasalah dengan dia.

Gunakan huruf kapital sewajarnya saja seperti saat menulis singkatan, atau nama instansi / perusahaan.

2. Perhatikan pemilihan emotikon

Salah pilih emot

Salah satu contoh pemilihan emot yang tidak tepat (sumber : fb/qwahyu)

Perhatikan contoh diatas, niatnya mungkin bagus tetapi jika salah penggunaan emotikonnya maka bisa berakibat sangat fatal. Jika ingin aman lebih baik tidak usah menggunakan emotikon, karena jika sampai salah emot maka urusannya bisa panjang.

Pemilihan emot ini sama seperti pemilihan huruf kapital diatas, harus hati-hati. Apalagi jika yang jadi lawan bicara emosinya sedang tidak stabil.

3. Jangan mudah percaya terhadap informasi yang diterima

Sekarang ini berita hoax semakin meraja lela, dan fatalnya banyak yang percaya. Seperti kata pepatah “kebohongan yang disampaikan terus menerus akan menjadi sebuah kebenaran”. Karena hoax ini disebarkan secara massive dan terus menerus maka banyak juga orang yang akan mempercayainya.

Tidak heran jika pemerintah membentuk badan siber yang secara khusus untuk memerangi hoax ini, karena efeknya sangat mengerikan. Misalkan hoax jika vaksin mengandung darah, minyak babi, dll. Hoax ini dimaksudkan supaya orang jangan mau divaksin, supaya masyarakat mau menggunakan produk lain yang dijual oleh produsen hoax.

Jadi saran saya anggap saja informasi itu bernilai salah, sampai benar-benar terbukti. Jangan langsung percaya, tapi jangan percaya dulu. Supaya kita lebih berhati-hati dan tidak asal menyebarkan, karena berita hoax itu biasanya membuat yang baca menjadi gatal ingin mengomentari dan menyebarkan. Iya kalau bener? Kalau Salah?

4. Perhatikan penggunakan “CC” saat mengirim email

Email itu ada etikanya, salah satunya adalah tidak asal menulis alamat email di kolom cc. Karena, jika kita mengirim email ke banyak orang maka semuanya akan bisa melihat alamat email yang ada di kolom cc tersebut. Hal ini tentu membuat tidak nyaman bagi orang yang alamat emailnya ada di kolom cc tersebut, maka dari itu gunakanlah bcc supaya alamat emailnya tidak bisa dilihat oleh orang lain.

5. Tidak asal mengirim file attachment lewat email

Salah satu cara penyebaran virus yang paling cepat adalah melalui email, ya kadang file-file yang dikirim tersebut sudah disusupi virus ataupun malware. Jadi hati-hati jika ingin mengirim file kepada seseorang melalui email, jika file tersebut berisi virus tentu saja akan merugikan orang yang menerimanya.

Selain itu ukuran file juga harus diperhatikan, jangan kirim file dengan ukuran yang besar. Jika memang besar maka cobalah kompres file tersebut supaya berukuran lebih kecil.

6. Jika dalam forum perhatikan penggunaan quote atau kutipan

Yang dimaksud kutipan adalah jika kita membalas suatu threath dengan mengquote isi topik secara keseluruhan, hasilnya adalah informasi yang telah ditulis oleh TS kembali kita tulis jadi malah double. Hal ini sangat mengganggu bagi pengguna yang membuka forum melalui smartphone, apalagi jika informasinya panjang maka otomatis pengguna lain akan menscroll 2x lebih panjang karena informasinya double. Dan apalagi jika topik tersebut berisikan gambar-gambar, tentu akan 2x menghabiskan kuota data.

7. Jangan menyebarkan isi chat pribadi

Jangan sekali-kali menyebarkan private message ke publik, namanya juga private otomatis bersifat pribadi. Kecuali sudah seizin dan isi pembahasan chat tidak terlalu penting / bercandaan. Tapi jika isi chatnya serius maka jangan disebar, karena itu akan menjadi “bahan gosip” bagi para netizen. Dan tentunya kita dan lawan chat yang akan mengalami kerugian besar.

8. Jangan pernah menyinggung SARA

Akhir-akhir ini dunia maya di Indonesia terutama sedang sangat sensitif. Apalagi jika menyangkut SARA maka akan sangat cepat sekali menjadi viral, dan sayangnya adalah kebanyakan topik tersebut berisi ujaran kebencian akan suatu agama ataupun suku.

Ada banyak motif dibalik ini semua, tetapi yang jelas orang yang suka “bermain” di isu SARA ini sangat jahat karena suka mengadu domba dan menebarkan kebencian satu sama lain. Jadi, jangan mudah terprovokasi jika ada screenshot yang bernada kebencian, bisa jadi itu palsu dan sengaja dibuat-buat untuk saling menfitnah satu sama lain.

9. Jangan asal “cekrek lalu upload”

Ini sangat penting, dengan adanya internet ini banyak orang yang ingin “dikenal” atas “jasanya”. Alhasil, banyak yang mencari-cari kesalahan orang kemudian memfoto lalu membuatnya viral. Banyak kejadian yang terjadi.

Jadi, jika kita menemukan kesalahan orang disekitar kita. Ya langsung tegur saja, jangan foto lalu upload di sosmed tanpa menegurnya. Itu hanya akan “membunuh” karakternya bukan memperbaiki perbuatannya yang salah.

10. Etika dunia nyata juga berlaku di dunia maya

Terakhir adalah gunakan semua etika yang ada di dunia nyata untuk menjadi dasar bersikap di dunia maya, seperti menghormati satu sama lain terutama yang lebih tua, berbicara yang sopan dan tidak mudah berkata kasar kepada orang lain.

Yang penting saling menghormati satu sama lain dan tidak mudah terprovokasi akan berita yang tidak penting.

Dampak Positif Internet

Internet saat ini tentu memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan sehari-hari, bahkan sebutan lain dari internet ini adalah “dunia maya”. Sehingga eksistensi internet ini benar-benar diakui oleh mayoritas orang di dunia.

1. Komunikasi menjadi jauh lebih mudah

Sektor yang paling terasa efeknya dengan adanya internet adalah komunikasi, jaman dahulu untuk berkomunikasi dengan kerabat yang jaraknya jauh harus menggunakan surat menyurat, atau harus berkunjung ke tempat tinggalnya. Hal ini tentu sangat tidak efektif dibanding dengan komunikasi jaman sekarang.

Dengan adanya internet komunikasi menjadi jauh lebih mudah, cepat dan murah. Banyak sekali aplikasi-aplikasi chatting gratis seperti Whatsapp, Line, BBM, dll. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kita bisa berkirim teks, telephone bahkan bisa video call dengan kerabat yang jauh hanya dengan modal smartphone yang sudah terinstall aplikasinya dan koneksi internet yang stabil.

Kalau smartphone ini dibawa ke jaman dulu mungkin disebut “sihir” karena hanya dari sebuah kotak bisa muncul gambar orang lain secara realtime.

2. Membuka peluang usaha yang baru (bisnis online)

Bisnis online ini sedang berkembang sangat cepat di dunia termasuk di Indonesia. Orang-orang terkaya di dunia didominasi oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia komputer khususnya internet. Mark Zukckerberg pendiri facebook bisa mendapatkan ratusan trilyun dalam kurun waktu yang sangat singkat dengan menciptakan facebook, Jack Ma salah satu orang terkaya di China juga memiliki kekayaan yang sangat banyak melalui toko online Alibaba yang ia dirikan.

Dengan adanya internet banyak sekali peluang-peluang usaha yang bisa di lirik, misalkan jualan lewat sosial media maupun marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan olx. Bisa juga bisnis online menjadi youtuber yang mendapatkan penghasilan lewat google adsense youtube, bisa juga freelancer dengan menjual skill di pasar luar negeri.

3. Sarana pertukaran dan penyimpanan data

Dulu untuk mengirim file dibutuhkan floppy disk atau disket, mungkin banyak yang sudah tidak tahu alat ini. Alat ini berbentuk kotak sama persis dengan simbol save, dimana satu disket hanya mampu menyimpan file sebesar 1,44 MB saja.

Tentu untuk jaman sekarang memori sebesar itu sangat-sangat tidak cukup hanya untuk menyimpan 1 lagu saja, kemudian berkembang munculnya flash disk, kemudian harddisk eksternal, kemudian sekarang baru trend cloud storage yaitu media penyimpanan di internet. Dimana kita bisa menyimpan, mengedit, dan menggunakannya layaknya menggunakan harddisk tetapi harus koneksi internet.

Hebatnya lagi dengan cloud storage bisa diakses lebih dari satu orang, jadi jika ingin bertukar file tinggal diberikan akses orang tersebut untuk menyalin data yang ada di cloud tersebut.

4. Media hiburan

Media hiburan menjadi salah satu penyebab kenapa internet berkembang sangat cepat, hanya dengan smartphone yang terkoneksi internet kita bisa menonton video, acara tv, mendengarkan musik yang berasal dari belahan dunia manapun yang tidak kita temui di TV dan radio.

Selain itu kita juga bisa bermain game secara gratis, inilah yang membuat internet menjadi berkembang sangat pesat. Salah satu game smartphone yang populer adalah Mobile Legend, AOV, Get Rich, dll.

5. Kemudahan mendapatkan informasi

Manfaat selanjutnya adalah kemudahan untuk mendapatkan informasi, dulu untuk mendapatkan informasi kita harus membaca koran, menonton tv, atau mendengarkan radio. Dan itu biasanya tidak up to date terutama koran, berita koran hari ini adalah kejadian hari kemarin, tidak bisa realtime.

Dengan adanya internet, hari itu jam itu kejadian, ya hari itu jam itu berita bisa didapatkan. Jadi informasi yang didapatkan lebih jauh lebih cepat.

6. Sarana edukasi

Karena kemudahan mendapatkan informasi tentu berimbas pada proses edukasi yang lebih mudah Kita bisa belajar apapun melalui internet, banyak informasi atau kursus yang gratis maupun berbayar yang bisa ditemukan di internet.

Jika ingin gratis buka saja youtube dan ketikkan kursus apa yang ingin dicari, banyak vlogger-vlogger yang membuat video tentang kursus yang di inginkan.

Dampak Negatif Internet

Selain dampak positif yang sangat bermanfaat bagi kehidupan, internet juga memiliki dampak negatif yang tidak kalah besarnya. Untuk dampak negatif dari internet adalah sebagai berikut :

1. Hoax / penyebaran informasi palsu

Karena akses untuk mendapatkan informasi menjadi jauh lebih mudah dan cepat maka berimbas pada kualitas informasi yang didapat tersebut. Tidak sedikit informasi-informasi yang didapat itu palsu alias hoax dan tidak bisa dipertanggung jawabkan. Karena itulah kita harus pintar-pintar menyaring informasi yang didapatkan.

Kita harus punya “radar” yang bisa mendeteksi info ini benar atau tidak, jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita yang tidak benar.

2. Meningkatnya tindakan kriminal (penipuan, penyadapan, dll)

Tindakan kriminal semakin lama semakin meningkat, dengan adanya internet tentu saja akan meningkatkan resiko kejahatan kriminal. Contoh kejahatan yang bisa terjadi adalah penipuan online. Penipuan ini sering sekali terjadi, yang menjadi korban kebanyakan adalah orang awam yang tidak terlalu paham akan mekanisme internet. Mudah terpengaruh emosinya untuk mengirim / mentransfer sejumlah uang kepada orang yang belum dikenal atau terlalu mudah tergiur dengan barang yang dijual sangat murah.

Selain itu sering juga terjadi pembajakan, carding yang menyasar kartu kredit. Ini masih sering terjadi, yaitu carder (sebutan orang yang melakukan carding) bisa mendapatkan akses ke kartu kredit kita, kemudian berbelanja dengan menggunakan kartu kredit yang ia curi. Alhasil semua tagihan akan mengarah ke kita yang menjadi korban.

3. Privasi semakin menghilang

Semakin lama privasi semakin tidak ada, orang jadi sering curhat masalah pribadi di sosial media yang padahal masalah tersebut seharusnya tidak disebar ke halayak umum. Dikit-dikit update status yang sebenarnya tidaklah terlalu penting.

Hal ini jika terjadi terus menerus tentu akan bahaya, misal jika kita update status sedang berwisata sekeluarga. Tentu saja ini memberikan informasi bahwa dirumah kita sedang kosong, jika hal ini diketahui oleh pencuri maka bisa bahaya. Untuk itu jagalah privasi jangan sampai mengumbar hal-hal yang tidak perlu.

4. Bully yang semakin merajalela

Dengan adanya internet perilaku bully semakin menjadi-jadi. Target bully ini bisa bermacam-macam, bisa pejabat negara, artis, atau siapapun yang “pantas” dibully. Tentu hal ini sangat tidak baik, kita jadi lebih mudah menghakimi perilaku orang lain yang sebenarnya tidak kita ketahui kebenarannya.

Apalagi jika perilaku bully ini sampai viral, dan orang yang dibully ini sangat mungkin bisa depresi berat, karir hancur, dan parahnya bisa sampai bunuh diri. Karena itulah jagalah tutur kata dan tata krama saat menggunakan jari diatas keyboad atau layar smartphone. Kalau dulu mikir sebelum berbicara, maka sekarang mikir sebelum mengetik sesuatu.

5. Menjadi “candu”

Tidak sedikit yang merasa “candu” dengan adanya internet ini, candu ini tidak main-main. Bahkan tidak sedikit orang yang akan merasa gelisah jika sehari saja tidak mengaskses internet. Karena itulah bijaklah saat menggunakan internet, jangan sampai internet mengendalikan kita tapi kitalah yang harus mengendalikan internet.

Nah itu tadi adalah pembahasan singkat tentang internet. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan kirimkan lewat kolom komentar dibawah.

Originally posted 2018-01-05 16:07:43.