Sejarah Perkembangan Internet

1 min read

sejarah singkat internet

Pada awal penciptaanya internet berawal dari proyek jaringan komputer yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau US Department of Defense di tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPA kemudian dikenal dengan Advanced Research Project Agency Network yang disingkat dengan ARPANET.

Dalam proyek tersebut didemonstrasikan atau ditampilkan bagaimana komputer yang terdiri dari software dan hardware berbasis UNIX bisa saling berkomunikasi satu sama lain dalam jarak yang jauh dengan menggunakan saluran telepon sebagai media perantaranya.

Dalam proyek ARPANET ini dirancang sebuah bentuk jaringan, kemampuan serta seberapa besar informasi maupun data yang dapat dipindahkan / ditransfer.

Pada akhirnya hasil pengembangan ini dijadikan standard serta menjadi cikal bakal sebuah protokol terbaru yang digunakan hingga sekarang dikenal dengan TCP/IP kependekan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol.

Sejarah Internet
Gambar alur sejarah internet (sumber : nesabamedia.com)

 

Karena dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat maka tentunya pada awal pengembangannya internet digunakan untuk keperluan militer, yang pada saat itu masih terjadi perang dingin (cold war) antara Amerika dengan Rusia setelah berakhirnya perang dunia kedua.

Pada masa itu Departemen Pertahanan Amerika menghubungkan komputer-komputer yang ada di daerah-daerah dengan sebuah jaringan komputer.


Hal ini bertujuan jika terjadi serangan nuklir informasi yang tersebar tidak terpusat. Karena, jika informasi terpusat maka akan mudah dihancurkan.

Pada tahun 1969 hanya ada empat situs saja yang ada yaitu dari University of Utah, Stanford Research Institute, Santa Barbara dan University of California.

3 tahun kemudian tepatnya pada bulan Oktober 1972 ARPANET secara umum diperkenalkan, dan semakin banyak universitas yang ingin bergabung sehingga dari pihak ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Maka ARPANET dipisah menjadi dua, untuk keperluan militer diberi nama MILNET, dan untuk non-militer diberi nama ARPANET.

ARPANET ini banyak digunakan oleh universitas-universitas pada masa itu. Yang sekarang pada akhirnya dikenal dengan nama internet.

Sekian sejarah singkat internet yang perlu kamu ketahui.

Etika Menggunakan Internet Dampak Positif Internet Dampak Negatif Internet 
Fitur InternetCara Kerja Internet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *