Cara Kerja Internet

44 sec read

cara kerja internet

Proses internet bekerja secara sederhana adalah kita sebagai user internet meminta akses data bisa berupa informasi, gambar atau yang lainnya kepada komputer server sebagai penyedia.

Jadi pada intinya internet ini adalah nama “jalan” yang menghubungkan antara client sebagai pengguna dan server sebagai penyedia informasi.

Karena internet ini sebagai “jalan”nya maka ada banyak macam peralatan atau komponen-komponen yang mendukungnya, misal perangkat client harus mempunya alat berupa modem.

Semua perangkat yang bisa terhubung ke internet secara langsung pasti memiliki modem contohnya adalah smartphone dan tablet.

cara kerja internet
Illustrasi cara kerja internet (gambar : hswstatic.com)

Jika menggunakan komputer bisa menggunakan modem USB atau modem Wi-Fi. Modem inilah yang sebagai alat perantaranya, sedangkan jalan utamanya menggunakan jasa ISP atau Internet Service Provider jika diartikan sebagai penyedia layanan jasa internet.

Contoh perusahaan ISP adalah Telkom Indihome, MyRepublic, atau operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, dll.

Singkatnya proses internet bekerja adalah client memberikan suatu perintah misalkan mengakses sebuah situs dengan memasukkan alamat situs seperti www.google.com melalui perangkat seperti laptop/smartphone

Kemudian oleh ISP diproses dan dikirimkan kepada server perintah yang dikirimkan, kemudian hasilnya akan dikirim kembali ke ISP untuk diteruskan kepada client.

Etika Menggunakan Internet Dampak Positif Internet Dampak Negatif Internet 
Sejarah Internet 
Fitur Internet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *