Dampak Negatif Internet

1 min read

dampak negatif internet

Selain dampak positif yang sangat bermanfaat bagi kehidupan, internet juga memiliki dampak negatif yang tidak kalah besarnya.

Untuk dampak negatif dari internet adalah sebagai berikut :

1. Hoax / penyebaran informasi palsu

Karena akses untuk mendapatkan informasi menjadi jauh lebih mudah dan cepat maka berimbas pada kualitas informasi yang didapat tersebut. Tidak sedikit informasi-informasi yang didapat itu palsu alias hoax dan tidak bisa dipertanggung jawabkan. Karena itulah kita harus pintar-pintar menyaring informasi yang didapatkan.

Kita harus punya “radar” yang bisa mendeteksi info ini benar atau tidak, jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita yang tidak benar.

2. Meningkatnya tindakan kriminal (penipuan, penyadapan, dll)

Tindakan kriminal semakin lama semakin meningkat, dengan adanya internet tentu saja akan meningkatkan resiko kejahatan kriminal. Contoh kejahatan yang bisa terjadi adalah penipuan online.

Penipuan ini sering sekali terjadi, yang menjadi korban kebanyakan adalah orang awam yang tidak terlalu paham akan mekanisme internet.

Mudah terpengaruh emosinya untuk mengirim / mentransfer sejumlah uang kepada orang yang belum dikenal atau terlalu mudah tergiur dengan barang yang dijual sangat murah.

Selain itu sering juga terjadi pembajakan, carding yang menyasar kartu kredit. Ini masih sering terjadi, yaitu carder (sebutan orang yang melakukan carding) bisa mendapatkan akses ke kartu kredit kita, kemudian berbelanja dengan menggunakan kartu kredit yang ia curi.

Alhasil semua tagihan akan mengarah ke kita yang menjadi korban.

3. Privasi semakin menghilang


Semakin lama privasi semakin tidak ada, orang jadi sering curhat masalah pribadi di sosial media yang padahal masalah tersebut seharusnya tidak disebar ke halayak umum. Dikit-dikit update status yang sebenarnya tidaklah terlalu penting.

Hal ini jika terjadi terus menerus tentu akan bahaya, misal jika kita update status sedang berwisata sekeluarga.

Tentu saja ini memberikan informasi bahwa dirumah kita sedang kosong, jika hal ini diketahui oleh pencuri maka bisa bahaya. Untuk itu jagalah privasi jangan sampai mengumbar hal-hal yang tidak perlu.

4. Bully yang semakin merajalela

Dengan adanya internet perilaku bully semakin menjadi-jadi. Target bully ini bisa bermacam-macam, bisa pejabat negara, artis, atau siapapun yang “pantas” dibully.

Tentu hal ini sangat tidak baik, kita jadi lebih mudah menghakimi perilaku orang lain yang sebenarnya tidak kita ketahui kebenarannya.

Apalagi jika perilaku bully ini sampai viral, dan orang yang dibully ini sangat mungkin bisa depresi berat, karir hancur, dan parahnya bisa sampai bunuh diri.

Karena itulah jagalah tutur kata dan tata krama saat menggunakan jari diatas keyboad atau layar smartphone. Kalau dulu mikir sebelum berbicara, maka sekarang mikir sebelum mengetik sesuatu.

5. Menjadi “candu”

Tidak sedikit yang merasa “candu” dengan adanya internet ini, candu ini tidak main-main. Bahkan tidak sedikit orang yang akan merasa gelisah jika sehari saja tidak mengaskses internet.

Karena itulah bijaklah saat menggunakan internet, jangan sampai internet mengendalikan kita tapi kitalah yang harus mengendalikan internet.

Etika Menggunakan Internet Dampak Positif Internet
Sejarah Internet 
Fitur InternetCara Kerja Internet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *