Dampak Positif Internet

2 min read

dampak positif internet

Internet saat ini tentu memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan sehari-hari, bahkan sebutan lain dari internet ini adalah “dunia maya”.

Sehingga eksistensi internet ini benar-benar diakui oleh mayoritas orang di dunia. Berikut dampak positif internet yang bisa kita rasakan langsung:

1. Komunikasi menjadi jauh lebih mudah

Sektor yang paling terasa efeknya dengan adanya internet adalah komunikasi, jaman dahulu untuk berkomunikasi dengan kerabat yang jaraknya jauh harus menggunakan surat menyurat, atau harus berkunjung ke tempat tinggalnya. Hal ini tentu sangat tidak efektif dibanding dengan komunikasi jaman sekarang.

Dengan adanya internet komunikasi menjadi jauh lebih mudah, cepat dan murah. Banyak sekali aplikasi-aplikasi chatting gratis seperti Whatsapp, Line, BBM, dll.

Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kita bisa berkirim teks, telephone bahkan bisa video call dengan kerabat yang jauh hanya dengan modal smartphone yang sudah terinstall aplikasinya dan koneksi internet yang stabil.

Kalau smartphone ini dibawa ke jaman dulu mungkin disebut “sihir” karena hanya dari sebuah kotak bisa muncul gambar orang lain secara realtime.

2. Membuka peluang usaha yang baru (bisnis online)

Bisnis online ini sedang berkembang sangat cepat di dunia termasuk di Indonesia. Orang-orang terkaya di dunia didominasi oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia komputer khususnya internet.

Mark Zukckerberg pendiri facebook bisa mendapatkan ratusan trilyun dalam kurun waktu yang sangat singkat dengan menciptakan facebook, Jack Ma salah satu orang terkaya di China juga memiliki kekayaan yang sangat banyak melalui toko online Alibaba yang ia dirikan.

Dengan adanya internet banyak sekali peluang-peluang usaha yang bisa di lirik, misalkan jualan lewat sosial media maupun marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan olx.

Bisa juga bisnis online menjadi youtuber yang mendapatkan penghasilan lewat google adsense youtube, bisa juga freelancer dengan menjual skill di pasar luar negeri.

3. Sarana pertukaran dan penyimpanan data


Dulu untuk mengirim file dibutuhkan floppy disk atau disket, mungkin banyak yang sudah tidak tahu alat ini. Alat ini berbentuk kotak sama persis dengan simbol save, dimana satu disket hanya mampu menyimpan file sebesar 1,44 MB saja.

Tentu untuk jaman sekarang memori sebesar itu sangat-sangat tidak cukup hanya untuk menyimpan 1 lagu saja, kemudian berkembang munculnya flash disk, kemudian harddisk eksternal, kemudian sekarang baru trend cloud storage yaitu media penyimpanan di internet.

Dimana kita bisa menyimpan, mengedit, dan menggunakannya layaknya menggunakan harddisk tetapi harus koneksi internet.

Hebatnya lagi dengan cloud storage bisa diakses lebih dari satu orang, jadi jika ingin bertukar file tinggal diberikan akses orang tersebut untuk menyalin data yang ada di cloud tersebut.

4. Media hiburan

Media hiburan menjadi salah satu penyebab kenapa internet berkembang sangat cepat, hanya dengan smartphone yang terkoneksi internet kita bisa menonton video, acara tv, mendengarkan musik yang berasal dari belahan dunia manapun yang tidak kita temui di TV dan radio.

Selain itu kita juga bisa bermain game secara gratis, inilah yang membuat internet menjadi berkembang sangat pesat. Salah satu game smartphone yang populer adalah Mobile Legend, AOV, Get Rich, dll.

5. Kemudahan mendapatkan informasi

Manfaat selanjutnya adalah kemudahan untuk mendapatkan informasi, dulu untuk mendapatkan informasi kita harus membaca koran, menonton tv, atau mendengarkan radio.

Dan itu biasanya tidak up to date terutama koran, berita koran hari ini adalah kejadian hari kemarin, tidak bisa realtime.

Dengan adanya internet, hari itu jam itu kejadian, ya hari itu jam itu berita bisa didapatkan. Jadi informasi yang didapatkan lebih jauh lebih cepat.

6. Sarana edukasi

Karena kemudahan mendapatkan informasi tentu berimbas pada proses edukasi yang lebih mudah Kita bisa belajar apapun melalui internet, banyak informasi atau kursus yang gratis maupun berbayar yang bisa ditemukan di internet.

Jika ingin gratis buka saja youtube dan ketikkan kursus apa yang ingin dicari, banyak vlogger-vlogger yang membuat video tentang kursus yang di inginkan.

Etika Menggunakan Internet Dampak Negatif Internet 
Sejarah Internet 
Fitur InternetCara Kerja Internet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *