Pengertian Artikel

Definisi Umum Artikel

Definisi atau pengertian artikel adalah suatu karangan yang sifatnya faktual serta disajikan secara lengkap dengan suatu panjang tertentu dan dibuat untuk dapat dipublikasikan baik itu dicantumkan dalam koran, majalah, buletin, ataupun media publikasi lainnya yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta bersifat meyakinkan, menghibur, dan juga mendidik.

Istilah artikel terdiri atas 4 dimensi, diantaranya adalah (1) dimensi hasil pemikiran dari sebuah obyek kajian yang berupa sebuah penelitian ataupun gagasan yang sifatnya analitis kritis.

(2) Dimensi bahasa tulis yang menjadi alat untuk mempresentasikan hasil pemikiran seorang penulis dalam kaitannya dengan satuan makna dan adanya sebuah penanda dari hubungan satuan yang bermakna eksplisit.

Baca Juga: pengertian drama

(3) Dimensi sistematika sebagai unsur pembeda antara suatu karya tulis artikel dengan jenis karya tulis lainnya, dan (4) dimensi kaidah penulisan yang tentunya perlu untuk ditaati dan bersifat umum.

Definisi Artikel Menurut Ahli

apa itu artikel
apa itu artikel (open.edu)

1. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, artikel adalah suatu bentuk karya tulis yang ditulis dengan lengkap layaknya suatu esai yang tercantum dalam majalah maupun surat kabar.

2. Sumandiria

Menurut seorang ahli bahasa bernama Sumandiria, artikel adalah karya tulis berjenis lepas yang berisikan opini dimana artikel ini biasanya membahas mengenai suatu masalah yang bersifat aktual sekaligus kontroversial yang mempunyai untuk mempengaruhi, meyakinkan, menghibur, dan memberitahu para pembacanya.

3. Al-Aqli

Sedangkan menurut Al-aqli, artikel adalah sebuah bentuk karya tertulis yang dikarang oleh masing masing ilmu disertai dengan pembahasan yang dikaji dan diselesaikan dengan jelas, tuntas, dan lugas sehingga pembacanya bisa mengambil inti dan hikmah dari artikel yang telah ditulis oleh si penulis tadi.

Baca Juga: pengertian poster

Ciri-ciri Artikel

Artikel mempunyai beberapa ciri ciri yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah :

  1. Isinya bersumber dari fakta dan bukan hanya mengggunakan dimensi realitas saja.
  2. Berisikan sebuah karya tulis yang sifatnya padat, singkat, jelas, dan tuntas.
  3. Merupakan sebuah hasil tulisan yang bersifat original.
  4. Bersifat faktual karena mengungkap berbagai macam data.
  5. Isinya disesuaikan dengan fakta yang didapat dari obyek ataupun narasumber sehingga bukan hanya hasil pemikiran penulisnya semata.
  6. Isinya juga dapat berupa sebuah pemaparan mengenai biografi tokoh dan peristiwa tertentu, hasil riset, dan hasil hasil penemuan lainnya yang berhubungan dengan tema artikel yang bersangkutan.
  7. Suatu gagasan yang berkaitan dengan kebutuhan pembacanya.

Cara Penulisan Artikel

Terdapat beberapa cara dan gaya penulisan dalam artikel, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Argumentasi

artikel argumentasi
artikel argumentasi (Medium)

Artikel ini mempunyai tujuan untuk membuktikan adanya suatu kebenaran dalam berpendapat dengan disertai fakta sebagai suatu alasan dan juga bukti. Penulis akan mengharap suatu kebenaran berpendapat dari pembaca yang dapat disampaikan melalui opini, data serta fakta yang mendukung.

2. Deskripsi

Artikel ini menggambarkan tentang adanya suatu hal dari pembaca sehingga mereka seakan akan mendengar, merasakan, dan melihat langsung keadaan yang ada dalam artikel tersebut baik itu fiksi maupun fakta.

3. Eksposisi

Artikel ini mengandung penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberikan pengetahuan tambahan bagi para pembaca disertai dengan grafik, gambar, dan data pendukung lainnya yang berhubungan dengan artikel tersebut.

4. Persuasi

Artikel ini mempunyai tujuan untuk dapat mempengaruhi pembacanya agar berbuat sesuatu. Penulisnya mempunyai harapan agar tercipta suatu tindakan dan sikap motorik dari pembacanya sesuai dengan anjuran yang telah ditulis dalam artikelnya.


Baca Juga: pengertian pantun

5. Narasi

Artikel ini dapat juga disebut sebagai cerita yang isinya berupa fakta ataupun fiksi. Dalam artikel ini akan dipaparkan tentang suatu peristiwa dan kejadian yang disusun dalam ukuran waktu dengan disertai berbagai tokoh yang berhadapan dengan konflik.

Jenis Artikel

Terdapat beberapa jenis artikel yang bisa anda pahami. Adapun beberapa jenis artikel yang biasa anda temui di jagat karya sastra diantaranya adalah :

  1. Artikel prediktif yang berisikan hal hal bersifat belum atau akan terjadi sebagaimana analisa dari penulis.
  2. Artikel eksploratif yang berisikan ungkapan berbagai fakta sesuai sudut pandang dari penulisnya.
  3. Artikel deskriptif yang menggambarkan masalah serta konflik yang terjadi dalam kehidupan manusia.
  4. Artikel eksplanatif yang berisikan penjelasan mengenai suatu hal kepada pembaca berdasarkan kacamata penulis dan pengarang artikel yang disesuaikan dengan tema tema tertentu.

Struktur Artikel

struktur artikel
struktur artikel (tes.com)

Suatu artikel agar dapat mudah dan enak untuk dibaca oleh masyarakat umum tentunya harus memuat struktur yang baik. Terdapat 4 struktur artikel yang bisa membuat artikel anda dipandang enak untuk dibaca dan direkomendasikan untuk dibaca. Struktur artikel yang baik tersebut adalah :

1. Judul

Bagian ini tentunya harus mampu menggambarkan isi, sehingga para pembaca dapat melihat terlebih dulu apa yang akan dibacanya nanti. Judul juga menjadi salah satu bagian utama yang membuat banyak pembaca memilih untuk meneruskan artikel yang anda tulis.

2. Alinea Pembuka (Lead)

Bagian ini biasanya terletak di bagian awal artikel yang berisikan pengantar untuk membahas suatu masalah atau problema yang sedang diangkat dalam sebuah artikel. Bagian ini biasanya menyajikan uraian gagasan pendukung mengapa anda mengambil tema ataupun judul dalam artikel yang bersangkutan.

Baca Juga: pengertian huruf “b”

3. Alinea Penjelas (Batang Tubuh)

Bagian ini biasanya terletak di bagian tengah artikel dan menjadi inti dari artikel. Di bagian inilah anda dapat membaca lengkap isi artikel yang berkaitan dengan tema dan judul yang telah ditetapkan sebelumnya.

Batang tubuh atau alinea penjelas ini biasanya berisi uraian yang lebih lengkap disertai dengan berbagai data atau gagasan pendukung yang mampu meyakinkan pembaca, menghibur, atau memberikan informasi bagi pembacanya tergantung dari jenis artikel yang anda tulis.

4. Alinea Penutup (Ending)

Bagian ini tentunya terletak di bagian akhir dari artikel serta biasanya berisikan kesimpulan dari uraian yang telah ada dalam artikel.

Tujuan Artikel

tujuan orang menulis artikel
tujuan orang menulis artikel (The Aspen Institute)

Suatu artikel ditulis atau dikarang bukan tanpa tujuan sama sekali. Meskipun seseorang hobi menulis dan hobi membuat artikel, namun bukan berarti penulisan artikel tersebut dilakukan tanpa adanya tujuan sama sekali.

Telah dikatakan sebelumnya bahwa terdapat berbagai macam dan jenis artikel, maka dari itu, tujuan dari artikel akan disesuaikan dengan jenis dan macam artikel yang sedang dibuat. Misalnya dalam artikel ilmiah, penulisan artikel ilmiah tidak hanya ditujukan guna pemenuhan tugas saja.

Baca Juga: pengertian observasi

Namun lebih pada apa yang ingin dicapai melalui penulisan artikel ilmiah yang bersangutan dengan cara mendeskripsikan dan menguraikan serta membahas suatu pokok masalah yang telah ditetapkan sebelumnya melalui serangkaian penelitian dan pembatasan ruang lingkup.

Manfaat Artikel

Manfaat dalam menulis artikel adalah :

  1. Dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan ide penulis agar dapat berkembang daya imajinasi dan kreatifitasnya.
  2. Dijadikan sebagai sarana berpikir yang sistematis agar dapat menghasilkan artikel berbahasa baku dan sesuai dengan EYD.
  3. Digunakan untuk memehami tujuan dari menulis yang berguna untuk menguasai kompetensi menulis dalam tingkatan tertentu.
  4. Digunakan sebagai sarana publikasi.
  5. Dapat memberikan suatu dampak yang sifatnya akademis bagi para pembaca sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan.

Originally posted 2018-01-22 10:00:01.

Leave a Comment