Contoh Teks Eksplanasi Alam Tsunami

Pernyataan Umum:

Tsunami merupakan pembagian dari dua suku kata bahasa Jepang yaitu “Tsu” dan “Nami“. “Tsu” berarti pelabuhan sedangkan “nami” adalah gelombang. Menurut para ilmuwan, arti tsunami setara dengan tidak wave atau gelombang pasang. Sebutan lainnya yaitu seismic sea waves atau gelombang laut akibat gempa.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Sosial (Kemiskinan)

Tsunami adalah gelombang laut yang datang dengan tiba-tiba. Kecepatan gelombang nya menuju kawasan pantai pun sangat tinggi. Fenomena ini terjadi akibat adanya aktivitas gempa di bawah laut atau aktivitas gunung berapi.

Urutan Sebab Akibat:

Ketika gempa datang dan permukaan pada dasar lain meningkat dan menurun maka pada saat itulah tsunami mulai terbentuk. Patahan yang terjadi membuat keseimbangan air laut menjadi tidak beraturan. Patahan yang besar tersebut lah yang memicu gelombang besar yang disebut dengan tsunami.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Setelah gempa terjadi, air laut akan kembali menyurut dan datang ke permukaan daratan dengan bentuk gelombang besar atau tsunami.


Tsunami yang datang karena adanya aktivitas gunung meletus akan mengakibatkan pergerakan air laut menjadi lebih tinggi. Kecepatan gelombang tsunami umumnya lebih besar dibandingkan gelombang biasa. Kecepatannya bisa mencapai 700 km/jam yang hampir setara dengan kecepatan pesawat.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kebakaran Hutan

Umumnya, ketinggian tsunami bisa berkisar antara 50 sampai 100 meter hingga menyebar ke segala arah. Ketinggiannya dipengaruhi oleh kedalaman dan bentuk pantai. Itu mengapa, gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat memicu terjadinya tsunami.

Simpulan (Interpretasi)

Faktanya, tsunami dapat menjadi salah satu fenomena alam yang sangat membahayakan bagi manusia. Hal ini dikarenakan tidak hanya bangunan yang mengalami kerusakan, kejadian itu pun juga dapat merenggut nyawa banyak orang.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Oleh karena itu, sangat wajib bagi kita untuk tetap waspada di setiap waktu dan mempersiapkan mental untuk menghadapi fenomena tsunami. Walaupun pada kenyataannya, tidak semua gempa atau letusan gunung dapat mengakibatkan terjadinya gelombang tsunami.

Originally posted 2020-03-29 09:54:40.


1 thought on “Contoh Teks Eksplanasi Alam Tsunami”

Leave a Comment