Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum:

Kebakaran hutan adalah suatu kejadian ditandai dengan munculnya api dengan intensitas besar yang melahap pepohonan atau lingkungan di sekitar hutan. Kebakaran ini akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar dan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali

Urutan Sebab Akibat:

Ada 3 macam kebakaran hutan yang terjadi di sekitar kita, di antaranya kebakaran tajuk, kebakaran permukaan, dan kebakaran api tajuk.

Kebakaran tajuk ialah kebakaran yang melahap tanaman-tanaman di sekitar hutan dan pepohonan yang mudah terbakar. Kebakaran permukaan ialah kebakaran yang melahap lantai atau dasar hutan dengan sifat api yang mudah menyebar namun mudah dipadamkan.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Sosial (Kemiskinan)

Sedangkan kebakaran api tajuk ialah kebakaran yang melahap lapisan organik di bawah permukaan hutan. Kebakaran ini memiliki perambatan api yang lambat dan membutuhkan waktu lama.

Ada dua faktor yang mendasari adanya kebakaran hutan. Faktor tersebut di antaranya faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam di sini merujuk pada fenomena kekeringan yang panjang yang menimbulkan percikan api. Sedangkan faktor manusia merujuk pada kelalaian dan kesengajaan yang dibuat agar terjadi kebakaran hutan.


Baca: Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Beberapa ulah manusia yang menyebabkan kebakaran hutan yaitu membakar hutan secara liar dan membuang puntung rokok di hutan.

Kebakaran hutan dapat mengakibatkan timbulnya asap tebal yang mana memiliki kandungan gas berbahaya. Jika asap itu terhirup oleh tubuh, maka akan berdampak buruk bagi manusia. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gas tersebut di antaranya kanker paru-paru, ISPA, dan penyakit pernapasan lainnya.

Simpulan atau Interpretasi:

Kebakaran hutan adalah fenomena alam yang sering terjadi di banyak negara tropis termasuk negara kita, Indonesia. Faktor utama yang menjadi penyebabnya adalah faktor alam dan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk menjaga hutan kita mengingat bahwa hutan merupakan paru-paru dunia. Tentu, kita sebagai makhluk hidup yang hidup di dunia wajib hukumnya menjaga lingkungan di sekitarnya.

Originally posted 2020-03-29 10:05:43.


Leave a Comment