Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Pernyataan Umum:

Pelangi atau biasa disebut dengan bianglala merupakan kejadian alam yang terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari. Ada beberapa macam warna yang ada pada pelangi. Warna tersebut bersatu, berjajar, dan tampak membentuk sudut 180 derajat.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Pelangi juga sering dianggap sebagai gejala optik. Secara umum, bentuk pelangi sama seperti bentuk busur yangmana pada masing-masing ujungnya menuju kepada titik yang berbeda.

Titik tersebut disebut dengan titik horizon yang muncul ketika hujan ringan datang. Terkadang, kita juga bisa menjumpai pelangi di air terjun yang deras.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Urutan Sebab Akibat

Kemunculan pelangi disebabkan oleh pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit akan memerah karena adanya sinar matahari yang melalui atmosfer yang lebih tebal dibandingkan situasi matahari di siang hari.

Pelangi hanya dapat dilihat pada hari yang cerah, yang artinya kita tidak dapat menyaksikannya pada malam hari walaupun kondisinya mendung. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa pelangi adalah fenomena alam yang disebabkan oleh cahaya yang membias.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kebakaran Hutan


Terbentuknya pelangi diawali dari cahaya matahari yang melalui titik-titik hujan yang kemudian dibiaskan ke tengah titik-titik hujan tersebut. Kejadian tersebut menyebabkan cahaya putih berubah menjadi beberapa warna spektrum.

Baca Juga: pengertian surat

Simpulan atau interpretasi:

Fenomena pelangi dapat kita lihat pada saat terjadi hujan ketika matahari bersinar dari arah yang berlawanan dari kita menghadap.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Oleh karenanya, posisi kita berpijak harus berada di antara matahari dan tetesan air hujan yangmana matahari berada di belakang kita.

Penjelasan sederhananya seperti ini, kita bertindak sebagai pengamat, sedangkan matahari dan pusat bujur pelangi bertindak sebagai objek.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali

Dengan keadaan berikut, warna-warni pelangi yang indah dapat kita saksikan secara langsung. Warna pelangi yang akan muncul di antaranya Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu.

Originally posted 2020-03-29 10:10:17.


2 thoughts on “Contoh Teks Eksplanasi Pelangi”

  1. Karena Didalam teks dijelaskan terjadinya pelangi tersebut.Dan juga di dalam teks terdapat struktur teks eksplanasi yaitu bernyataan umum ,deretan penjelas dan juga kesimpulan (intepretasi ) yang boleh ada boleh tidak

    Reply

Leave a Comment