Contoh Teks Eksplanasi Banjir

1 min read

gambar teks berita banjir

Peryataan umum:

Banjir merupakan suatu kejadian alam dimana terjadi akibat aliran air yang berlebih yang memenuhi daratan. Umumnya, banjir akan terjadi secara mendadak dan alirannya berlangsung sangat deras hingga mengakibatkan benda di sekitarnya hanyut.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kebakaran Hutan

Urutan sebab Akibat:

Ada beberapa hal yang menyebabkan banjir itu terjadi di suatu wilayah. Penyebab utama terjadinya adalah curah hujan yang tinggi yang menyebabkan sungai tidak mempu menampung kapasitas air yang berlebih, Selain curah hujan, penyebab lainnya yaitu banyaknya sampah yang menumpuk yang menyebabkan air mampat.

Penyebab lainnya bisa muncul karena adanya penebangan liar yang menyebabkan akar tidak dapat menyerap air hujan. Akibatnya, air akan menggenang menuju daratan dan menyebabkan banjir.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan banjir juga dapat dilihat dari banyaknya pemukiman warga di pinggir sungai. Keadaan seperti ini dapat memungkinkan tanah di pinggir sungai longsor dan akhirnya tidak dapat menampung banyak air.

Faktor selanjutnya yang juga menjadi penyebab terjadinya banjir antara lain bendungan yang jebol. Bendungan jebol bisa terjadi karena lingkungan yang kurang terawat. Bisa juga karenakapasitas air hujan lebih tinggi daripada biasanya yangmana menyebabkan air tumpah ke daratan.


Baca Juga: pengertian novel

Simpulan atau Interpretasi

Ada tiga dampak yang muncul akibat terjadinya banjir. Dampak-dampak tersebut di antaranya dampak primer, dampak sekunder, dan dampak tersier. Untuk mengetahui penjelasan dari masing-masing dampak, simak ulasannya berikut!

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Dampak primer: kerusakan fisik, misalnya kerusakan bangunan, kerusakan jembatan, jalan raya, , dan lain sebagainya.

Dampak Sekunder: timbulnya penyakit, kurangnya persediaan pangan, kesulitan transportasi, pepohonan tumbang, dan lain sebagainya.

Dampak Tersier atau dampak dalam jangka panjang : kesulitan ekonomi, pengangguran, jumlah wisatawan menurun, kelangkaan makanan, butuh biaya pembangunan untuk memperbaiki kerusakan, dan lainnya.

Baca: Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali

Oleh karenanya, pemerintah menghimbau masyarakat supaya tetap menjaga kebersihan lingkungan setempat. Menjaga lingkungan bisa diwujudkan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kita dianjurkan untuk tidak membuang sampah di sungai karena aktivitas tersebut dapat mengakibatkan banjir datang.


Pengertian Surat

admin-yusron
3 min read

Pengertian Bahasa

admin-yusron
3 min read

Resensi Buku

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *