Definisi Umum Novel

Pengertian novel adalah sebuah narasi prosa yang diciptakan dengan panjang dan memiliki kompleksitas tertentu. Novel pada umumnya terinspirasi dari kisah nyata atau ide yang imajinatif dan ditulis melalui urutan peristiwa yang terhubung yang melibatkan sekelompok orang dalam pengaturan sebuah cerita yang menarik.

Novel adalah genre fiksi dan fiksi dapat didefinisikan sebagai seni melalui kata-kata yang tertulis. Makna novel adalah representasi dari kehidupan manusia yang menginstruksikan atau mengalihkan keduanya.

Cerita fiksi yang paling baik adalah cerita yang mengandung suatu pelajaran tentang suatu kemerosotan seperti anekdot. Namun tidak menutup kemungkinan cerita tentang kisah asmara juga bagus untuk dibaca.

Baca Juga: pengertian observasi

Unsur-Unsur dalam Novel

apa itu novel

apa itu novel (The Writing Cooperative)

Sebuah karya sastra seperti novel, juga didukung oleh unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. Sementara unsur intrinsik dari karya-karya sastra itu sendiri adalah unsur yang membangun sebuah cerita. Unsur intrinsik dalam novel adalah sebagai berikut.

1. Tema

Tema, adalah dasar dari cerita, ide dasar umum dari sebuah karya. Ide dasar biasanya digunakan untuk mengembangkan cerita.

2. Alur

Plot atau alur adalah pola pengembangan cerita yang dibentuk oleh sebab akibat atau kausalitas. Secara umum, plot dibagi menjadi beberapa bagian berikut yaitu pengantar situasi cerita, pengungkapan kejadian, konflik, klimaks dan penyelesaian konflik.

3. Masalah

Konflik adalah inti dari alur. Konflik adalah sebuah perselisihan yang terjadi di dalam cerita. Jenis konflik meliputi kontradiksi manusia dengan dirinya sendiri (konflik batin), konflik dengan manusia lainnya. Lalu konflik manusia dengan lingkungan, baik itu ekonomi, politik, sosial, budaya. Kemudian konflik manusia dengan Tuhan atau iman.

4. Latar

Latar belakang menunjukkan tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa yang dijelaskan.

5. Tokoh

Karakter dan penokohan. Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda untuk menghidupkan karakternya. Karakterisasi adalah penggambaran yang jelas tentang apa yang ditampilkan tokoh dalam cerita.

Baca Juga: pengertian cerpen

6. Point of View

Sudut pandang adalah strategi, teknik, atau metode yang digunakan penulis untuk mengekspresikan ide dan cerita.

7. Amanat

Amanat adalah bagaimana penulis mencoba menyampaikan pesan kepada pembaca.

Unsur-unsur ekstrinsik dalam sebuah novel pada umumnya adalah sepak terjang dari pengarang novelnya.

Seorang pengarang novel yang terkenal ketika menerbitkan sebuah novel, pasti hampir semua yang ditulis tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. selain faktor pengarang, situasi dan kondisi juga mempengaruhi hasil karya sebuah novel.

Ya, unsur Ekstrinsik adalah elemen di luar karya sastra, tetapi tidak secara langsung mempengaruhi struktur atau literatur sistem organisme. Elemen-elemen ekstrinsik terdiri dari masing-masing subyektifitas penulis yang memiliki sikap, keyakinan, dan pandangan dunia bahwa semua itu mempengaruhi pekerjaan yang dilakukan.

Selain itu, elemen ekstrinsik yang terkait dengan penulis adalah masalah psikologi penulis apakah sedang dalam keadaan baik dari segi ekonomi, politik, agama, budaya, dan sosial.

Jenis-Jenis Novel

Adapun jenis-jenis yang terdapat dalam sebuah novel adalah :

1. Novel grafis

Definisi novel menurut para ahli adalah sebuah cerita fiksi yang panjang sementara novel grafis sama halnya sebuah komik. Kadang-kadang novel ini menceritakan satu narasi terus menerus dari halaman pertama hingga terakhir; kadang-kadang novel ini adalah kumpulan cerita pendek atau komik individual.

contoh novel grafis

contoh novel grafis (The Mozilla Blog)

Komik adalah seni visual berurutan, biasanya dengan teks, yang sering diceritakan dalam serangkaian buku berbentuk persegi panjang. Meskipun namanya novel grafis, tidak semua jalan cerita itu lucu. Banyak komik dan novel bergambar yang menekankan drama, petualangan, pengembangan karakter, visualisasi yang mencolok, politik, atau romansa di atas komedi tertawa-keras.

Contoh: Si Juki, Fantastic Four, dan X-Men

Baca Juga: pengertian artikel

2. Fiksi Ilmiah

Arti kata novel fiksi ilmiah adalah genre fiksi spekulatif yang berhubungan dengan konsep-konsep imajinatif seperti pengaturan futuristik, sains dan teknologi futuristik, perjalanan ruang angkasa, perjalanan waktu, lebih cepat dari perjalanan cahaya, alam semesta paralel, dan kehidupan di luar bumi. Fiksi ilmiah sering mengeksplorasi konsekuensi potensial dari inovasi ilmiah dan lainnya.

Contoh : Supernova

3. Novel Realistik

Definisi novel adalah cerita yang realistis dan diangkat dari kisah nyata yang karakternya begitu kompleks. Novel jenis ini memiliki permasalahan yang berakar di kelas sosial dan struktur sosial yang sangat berkembang.

Tokoh-tokoh dalam novel realistis berinteraksi dengan karakter lain dan menjadi sebuah cerita yang benar-benar nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh: Laskar Pelangi, Surat Kecil untuk Tuhan

4. Novel Epistolary:

Novel epistolary adalah novel dengan filsafat fiksi yang digabung dengan genre populer dan diceritakan melalui serangkaian dokumen. Kata epistolary berasal dari bahasa Latin di mana ‘epistola’ berarti surat. Surat adalah dasar paling umum untuk novel-novel epistari tetapi entri buku harian juga populer

Contoh: Dunia Sophie

5. Novel Horor

Novel horor adalah cerita teror, misteri, menyeramkan, thriller, supernatural, malapetaka, kematian, dan segala yang berhubungan dengan hantu dan sebagainya.

Contoh : Danur, Madah

6. Novel otobiografi

Novel otobiografi adalah novel yang didasarkan pada kehidupan penulis.

Contoh : Romantika Sang Jenderal

7. Novel Satir

Satire secara umum diartikan sebagai salah satu seni yang mengejek topik tertentu. Hal ini bertujuan untuk memprovokasi pembaca mengubah pendapat tentang suatu topik dengan menyerang apa yang dianggap sebagai kebodohan manusia.

Satir biasanya menyiratkan pendapat penulis i tentang bagaimana hal yang diserang dapat diungkapkan ke publik.

Contoh : Mudik

Baca Juga: pengertian sistem

8. Novel Fiksi Detektif

Pengertian novel fiksi detektif adalah subgenre dari fiksi kriminal dan fiksi misteri di mana seorang penyelidik atau detektif menyelidiki kejahatan, sering kali pembunuhan.

Contoh : Detektif Kaca

9. Novel Intelektual

Jenis novel intelektual adalah sebuah upaya novelis untuk mengeksplorasi tanggapan intelektual pada dunia. Secara karakteristik, novel ini menampilkan benturan ide dan verifikasi intelektual terhadap pengetahuan, nilai dan keyakinan yang semakin berkurang pada signifikansi kosmik eksistensi, argumen kontra dalam diskusi, pemisahan konsep cinta dan seks, percakapan tanpa komunikasi, dan efek tidak manusiawi dari kekecewaan di abad ke-20.

Contoh: Tetralogi Bumi Manusia

10. Novel Romantis

dilan contoh novel romantis

dilan contoh novel romantis

Novel romantis adalah sebuah cerita yang mengisahkan kisah asmara dua tokoh.

Contoh : Sunshines Becomes You, Dear Nathan

11. Novel Erotis

Novel roman erotis memiliki romansa sebagai fokus utama dari alur cerita. Novel ini memiliki jalan cerita seksual yang kuat namun sering kali ditulis secara eksplisit. Buku-buku tersebut dapat mengandung unsur-unsur dari subgenre romantis lainnya, seperti elemen paranormal, cewek yang dinyalakan, dinyalakan, fiksi sejarah, dll.

Contoh: Fifty Shades of Grey

Baca Juga: pengertian berita

12. Novel Religi

Novel religi yaitu sebuah cerita yang memberikan pelajaran-pelajaran penting yang berkaitan dengan keagamaan.

Contoh : Ayat-ayat Cinta

13. Novel Interaktif

Novel interaktif adalah pembaca memilih ke mana ia harus pergi dengan mengklik sepotong teks hyperlink, seperti nomor halaman, karakter, atau arah.

Contoh: Seri Harry Potter J. K. Rowling.

14. Novel fantasi

Novel fantasi adalah kisah-kisah yang melibatkan sihir paranormal dan monster yang mengerikan.

Contoh: The Chronicles of Narnia.

Dari jenis-jenis novel di atas, manakah yang menjadi favorit Anda untuk dibaca? Baik jenis fantasi, romantis atau religi, semua tergantung dari selera Anda. seperti itulah ulasan mengenai pengertian novel beserta unsurnya. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini