Pengertian Berita

Definisi Umum Berita

Berita ialah informasi yang terbaru atau informasi mengenai suatu hal yang sedang atau baru saja terjadi, disajikan bisa dalam bentuk siaran, cetak, internet ataupun dari mulut ke mulut dan bisa menyebar ke masyarakat luas. Laporan pada berita adalah tugas dari seseorang yang mempunyai profesi menjadi wartawan.

Saat berita tersebut dilaporkan oleh wartawan, laporan tersbut bisa menjadi ide atau fakta yang terbaru yang dipilih secara di sengaja oleh penyampai berita atau redaksi berita agar dapat disarankan dengan tujuan berita tersebut bisa menarik perhatian banyak orang karena mempunyai unsur unsur berita yang terbaru.

Baca Juga: pengertian belajar

Di televisi, ada yang mempunyai acara berita maupun menayangkan berita dengan waktu yang terus menerus. Kebutuhan orang ataupun masyarakat banyak akan berita bisa menjadi daya tarik televisi untuk menyiarkan berita sepanjang waktu.

Definisi Berita Menurut Etimologi

apa itu teks berita
apa itu teks berita (Careers360)

Berita berasal dari kata sangsekerta, vrit yang artinya ada atau terjadi atau vritta yang artinya kejadian atau peristiwa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan, Berita adalah “laporan tercepat mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat”.

Berita dalam bahasa Inggris disebut dengan News. Dalam The Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979), news diartikan sebagai “informasi tentang peristiwa terbaru”.

Biasanya berita tidak hanya memberikan suatu informasi mengenai peristiwa-peristiwa terbaru, tapi terkadang berita juga digunakan untuk memberikansebuahpengaruh kepada masyarakat yang mendengar atau membacanya.

Terutama berita tentangpolitik, sering sekali masyarakat dipengaruhi pembawa atau penulis berita supaya mengikuti arus politik tertentu.

Berita Menurut Para Ahli

Definisi berita menurut para ahli yang dikemukakan para pakar komunikasi dan jurnalistikadalah sebagai berikut:

1. Dean M Lyle Spencer

Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.

2. Willard C. Bleyer

Berita adalah sesuatu yang terkini yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar sehingga mampumenarik menarik minat bagi pembaca .

3. William S. Maulsby

Berita adalah sesuatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang punya arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

d. Eric C. Hepwood

Berita adalah laporan pertama dari kejadian penting dan dapat menarik perhatian umum.

e. Micthel V. Charnley

Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca serta menyangkut kepentingan mereka.

Baca Juga: pengertian deskripsi

Kriteria / Syarat Penulisan Berita

Berdasarkan pengertian berita yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa syarat berita adalah sebagai berikut :

  1. Pengertian Berita Merupakan fakta, berita harus berdasarkan kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata
  2. Terkini, artinya jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak telalu jauh
  3. Seimbang, artinya berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang, tidak memihak kepada pihaksiapapun.
  4. Lengkap, berita haruslah memenuhi unsur-unsur berita sebagaimana akan kita bahas di bawah ini.
  5. Menarik, artinya berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya.
  6. Sistematis, berita seharusnya disusun secara sistematis, urutannya jelas sehingga pembaca tidak kebingungan dalam menangkap maksudberita.

Dalam menulis berita, tidak bisa sembarangan menulis saja ataupun hanya mencurahkan isi hati sipenulis. Berita harus bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, bersifat informatif dan juga aktual.

Menulis berita berbeda dengan menulis karangan yang bersifat mendayu dayu. Kualitas membuat berita harus mempunyai kriteria penulisan 5W dan 1W yang harus di kuasai oleh penulis berita.

Jenis-Jenis Berita

Adapun beberapa jenis berita dalam jurnalistik menurut pengartiannya yang ada sekarang ini, diantarayaadalah:

1. Straight News

Merupakan berita langsung, ditulis secara singkat, lugas dan apa adanya. Umumnya sebagian besar dalam bagian halaman depan surat kabar berisi berita seperti ini. Jenis dari berita straight news dibagi menjadi 2 macam, yang diantaranya:

  • Hard news : Merupakan berita yang memiliki nilai lebih, berkualitas dan ter-update. Karena sifatsangat penting maka harus segera disampaikan dan diketauhi oleh masyarakat. Biasanya berita bersifat khusus atau mengenai peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba.
  • Soft news : Merupakan berita pendukung, berita yang ringan dan nilai beritanya di bawah hard news.

2. Depth news

Merupakan berita yang mendalam, beritanya ini dikembangkan secara mendalam dan tujuannya untuk mengangkat permasalahan secara lebih mendalam agar mendapatkan lebih banyak informasi.

Baca Juga: pengertian pendidikan

3. Investigation news

berita investigasi
berita investigasi (Bitcoin Magazine)

Investigasi news merupakan berita yang dikembangkan berdasarkan sebuah penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari berbagai sumber. Berita ini hampir mirip dengan depth news, bedanya adalah padadepth news hanya melaporkan peristiwa yangterjadi secara mendalam saja.

4. Interpretative News

Merupakan berita yang dikembangkan dengan pendapat maupun penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.

5. Opinion news

Merupakan berita tentang pendapat seseorang. Misalnya pendapat mahasiswa, pejabat, para ahli mengenai suatu kejadian atau peristiwa.

Komponen dalam Berita

Bagian-bagian pada berita secara umum diantaranya sebagai berikut:

1. Headline


Headline dapat disebut sebagai judul, umumnya dilengkapi dengan anak judul. yang fungsinya untuk memudahkan para pembaca supaya dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan disampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik supaya lebih menarikuntuk dibaca.

2. Deadline

Deadlinebiasanya terdiri dari nama media massa, tempat peristiwa dan juga tanggal terjadinya peristiwa. Dengan tujuan untuk menunjukan tempat peristiwa dan inisial dari media massa yang menyampaikan beritatersebut.

3. Lead

Unsur merupakanhalyang sangat penting dalam sebuah berita, karena unsurdapat menentukan apakah isi berita tersebut akan dibaca atau tidak oleh masyarakat.

Dapat dikatakan juga sebagai inti dari suatu berita, yang berfungsi untuk menggambarkan seluruh isi berita tapi dengan cara ringkas. Biasanya disebut dengan teras berita dan ditulisnya pada paragraf pertamaberita.

4. Body

Merupakan bagian tubuh dari isi suatuberita, isinya peristiwa-peristiwa yang diberitakan dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Body dapat disebut juga sebagai bagiandariperkembangan berita.

Baca Juga: pengertian puisi

Sifat-Sifat Berita

Berita memiliki beberapa sifat, yang diantaranya:

1. Baru atau aktual

Peristiwa yang baru memiliki nilai lebih untuk dijadikan berita jika dibandingkan dengan peristiwa yang sudah lama terjadi.

2. Penting

berita bersifat penting
berita bersifat penting (Triumph 30)

Suatu berita dianggap penting jika peristiwa atau hal-hal tersebut berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Jadi initinya berita itu harus yang dianggap penting oleh masyarakat.

3. Akibat

Suatu peristiwa menjadi berita karena dapat berakibat atau memiliki dampak.

4. Jarak

Masyarakat atau pembaca akan lebih tertarik dengan peristiwa yang terjadi di sekitar mereka untuk dijadikan berita daripada peristiwa yang terjadi ditempat jauh.

5. Emosi

Sesuatu yang akan di jadikanberita jika saat dikabarkan akan membuat emosi seperti marah,kecewa, sedih dll.

Unsur-Unsur Berita

Unsur-unsur dari berita yaitu 5W + 1H maksudnyaadalah:

  • What: Apa yang terjadi?
  • Who: Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
  • Why: Mengapa peristiwa atau hal tersebut bisaterjadi?
  • When: Kapan peristiwa tersebut terjadi?
  • Where: Dimana peristiwa tersebut terjadi?
  • How: Bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi ?

Selain syarat 5W dan juga 1H masih ada syarat lainnya untuk penulis berita, yaitu syarat bentuk berita tersebut. syarat bentuk berita yang baik dan sering digunakan adalah di sebut dengan Piramida Terbalik.

Kedua cara tersebut merupakan dasar membuat berita karena kedua cara tersebut adalah teknik yang baik dan sangat efektif yang di pakai oleh penulis berita atau wartawan dan juga penulis artikel di website atau yang kita kenal dengan blogger.

Baca Juga: pengertian teks eksposisi

Syarat 5W dan 1H adalah singkatan dari bahasa inggris yaitu what, when, who, why, where dan juga how yang mempunyai arti dalam bahasa indonesia adalah apa, kapan, siapa, mengapa, dimana dan juga bagaimana. Unsur tersebut harus ada di dalam sebuah berita maupun sebuah artikel.

Artikel bisa saja berbentuk berita, artikel yang mempunyai bentuk berita mempunyai struktur yang unik yaitu inti dari informasi di tulis pada bagian awal paragraf.

Kemudian data data penting yang mendukung inti informasi tersebut menyusul pada paragraf selanjutnya kemudian ada penjelasan tambahan dan akhir dari paragraf tersebut adalah informasi lain yang sifatnya bukan merupakan informasi utama. Itulah yang disebut dengan piramida terbalik.

Ciri-Ciri berita yang baik

Beberapa ciri dari berita yang baik, diantaranya adalah:

  • Menarik perhatian
  • Terkini atau aktual
  • Dipercaya
  • Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana

Metode Penulisan Berita

Piramida terbalik ialah struktur penulisan yang penyajiannya dibuat dengan tulisan yang umum yang ditulis oleh seorang penulis maupun wartawan. Menggunakan metode piramida terbalik mempunyai maksud agar yang membaca berita bisa dengan segera mendapat inti dari berita tersebut dapat diketahui.

Pada zaman sekarang yang serba cepat tentunya berita juga harus mengedepankan inti informasi agar bisa dengan cepat diketahui orang yang membacanya.

Di dalam berita online sekarang ini banyak yang menggunakan struktur piramida terbalik yaitu inti informasi di taruh pada paling atas atau awal paragraf kemudian di tunjang dengan informasi informasi pendukung.

Bagi pembaca sekarang ini, struktur piramida terbalik dapat memudahkan pembaca mengetahui inti dari berita tersebut. karena pembaca berita terutama anak muda suka ingin mengetahui lebih cepat dan akan jenuh apabila inti berita tidak segera di berikan.

Baca Juga: pengertian toleransi

Piramida terbalik juga memudahkan untuk penulis maupun wartawan dalam hal penulisan dan mengedit beritanya. Hal tersebut dikarenakan mereka akan lebih fokus pada pokok berita yang sudah mereka tulis di awal berita.

Bagi seorang redaktur juga bisa memudahkan dalam mengedit atau memotong berita karena pokok utama berita tersebut sudah ada di awal paragraf.

Originally posted 2018-06-22 09:42:39.


Leave a Comment

Tutup Iklan