Definisi Umum Deskripsi

Deskripsi merupakan sebuah kaidah yang mempunyai hubungan dengan adanya upaya pengolahan data menjadi sebuah hal yang dapat dikemukakan dan diutarakan dengan cara yang jelas serta tepat guna mencapai suatu tujuan tertentu sehingga nantinya dapat dimengerti dan dipahami ooleh orang yang memang tidak langsung mengalami hal yang dideskripsikan tersebut.

Pengertian Deskripsi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), deskripsi adalah sebuah bentuk pemaparan ataupun sebuah bentuk penggambaran dari kata kata yang jelas dan juga detail serta terperinci.

Baca Juga: pengertian majas

Deskripsi sengaja diciptakan dengan tujuan agar para pembaca yang membaca uraian tersebut dapat lebih paham dengan maksud dari penulis dan dapat dengan mudah membuat pembaca seolah olah masuk ke dalam situasi dan juga suasana yang diciptakan serta dibangun oleh penulis itu melalui cerita yang ia deskripsikan tadi.

Pengertian Deskripsi Menurut Ahli

1. Tarigan

Menurut seorang ahli bernama Tarigan, deskripsi ini merupakan sebuah bentuk tulisan tertentu yang mampu menggambarkan sebuah kisah.

Adapun tujuan dari deskripsi menurut Tarigan sendiri adalah guna mengajak para pembacanya supaya lebih paham, merasakan, dan juga dapat menikmati obyek dari apa yang dibicarakan seperti contohnya sebuah suasana hati yang digambarkan, aktivitas yang dilukiskan, dan lain sebagainya sebagaimana tertera dalam uraian tertentu yang sengaja ditulis oleh sang penulis agar para pembaca dapat menangkap maksudnya.

2. Keraf

Seorang ahli lain bernama Keraf mengartikan desripsi sebagai suatu bentuk wacana tertentu yang memang mempunyai tujuan untuk menyajikan sebuah hal atau obyek pembicaraan yang seolah membuat obyek tersebut dilihat langsung oleh para pembaca sekaligus berada di depan mata dari para pembacanya.

Fungsi Teks Deskripsi

fungsi teks deskripsi

fungsi teks deskripsi (Recruiting Headlines)

Dalam cabang ilmu tertentu, deskripsi ini pun selalu dibutuhkan oleh pihak Peneliti agar ia tidak melupakan begitu saja sebuah pengalaman yang telah dilaluinya.

Baca Juga: pengertian teks prosedur

Deskripsi pun dapat digunakan untuk membandingkan antara pengalaman si peneliti itu sendiri dengan pengalaman yang diperoleh peneliti lainnya sehingga memudahkan para peneliti atau pihak lain dalam melakukan kontrol dan pemeriksaan atas deksripsi yang bersangkutan.

Pada dasarnya, deksripsi ini dapat berupa menegaskan sesuatu, seperti apakah sesuatu itu apabila dilihat dengan mata telanjang atau dengan bantuan alat lainnya, bagaimana bunyi dari sebuah benda, bagaimana rasa dari sesuatu yang ingin dideskripsikan, dan lain sebagainya.

Deskripsi yang memang secara detail diciptakan dan juga digunakan dalam sebuah disiplin ilmu tertentu juga dikenal dengan sebutan teknik tertentu.

Ketika kumpulan data yang telah dijadikan satu, dideskripsikan, dan juga diberikan sebuah metode analisis, maka nanti kesimpulannya akan disajikan pula dalam sebuah angka angka, disinilah sebuah penelitian itu diberi nama penelitian kuantitif.

Baca Juga: pengertian drama

Namun sebaliknya, jika data, deskripsi, dan juga analisis serta kesimpulannya disajikan dalam sebuah bentuk uraian kata kata tertentu yang saling berhubungan dan berkaitan satu dengan yang lainnya, maka disebut sebagai penelitian kualitatif.

Contoh Tulisan Deksirpsi

Contoh dari tulisan deskripsi dapat anda simak dibawah ini :

Seorang gadis cantik dan rupawan yang aku temui di halte bus pinggir jalan tadi berwajah bulat, matanya juga bulat dan berwarna coklat. Mata gadis itu terbuka lebar seakan menyipitkan keramahan dilengkapi dengan sebersit senyuman saat ada seseorang yang menyapanya dengan halus.

Rambut hitamnya yang sebahu seakan melambai lambai tertiup angin sehingga menambah cantik khas alaminya yang sunggguh mempesona. kulitnya begitu putih seakan memantulkan cahaya dari sinar matahari yang begitu terik di siang itu. Kecantikannya semakin lengkap dibalut dengan gaun putih sepanjang lutut yang saat itu sedang dipakainya.

Originally posted 2018-06-22 09:29:43.