Contoh Teks Cerita Sejarah Pahlawan R.A Kartini

Konten

Judul Teks Cerita Sejarah:

R.A. Kartini, Perempuan Pejuang Pendidikan

Orientasi:

Raden Adjeng Kartini merupakan seorang perempuan dari kalangan bangsawan yang lahir di daerah Jepara pada 21 April 1879.

Beliau adalah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat adalah nama lengkapnya tapi beliau biasanya disebut dengan R.A. Kartini. Di usia 25 tahun Kartini menghembuskan napas terakhir setelah beliau melahirkan R.M. Susalit, yakni pada tanggal 17 September 1904.

Urutan Peristiwa:

Ketika R.A. Kartini berusia 12 tahun, ia memulai perjuangannya di dunia pendidikan agar memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Namun sayangnya keinginan terbesar nya itu mendapat tentangan keras terutama dari ayahanda.


Sebab di usia itu, kebanyakan perempuan dahulu sudah dipingit dan menikah.Hingga suatu hari R.A. Kartini menikah dengan seorang bupati Rembang yakni Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat.

Hal yang tak terduga ternyata Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat sangat mendukung Kartini agar dapat meraih impiannya. Beliau bahkan mengizinkan Kartini mendirikan sekolah wanita.

Reorientasi:

Atas semua jasa yang telah diberikan Raden Ajeng Kartini terutama di bidang pendidikan untuk wanita. Beliau mendapatkan penghormatan dan penghargaan.

Di sana Kartini ditetapkan sebagai seorang pahlawan nasional Indonesia secara resmi yang di dasarkan. Sifat dan keyakinan beliau untuk terus mendapatkan pendidikan dan mencari ilmu setinggi langit yang patut ditiru.

Demikian contoh teks cerita sejarah pahlawan RA. Kartini.


Leave a Comment