Otot Trisep Bisep merupakan otot yang ada pada tubuh manusia. Kedua jenis otot tersebut mampu berkontraksi dengan cara mengerut dan relaksasi yaitu mengendur.

Ketika ada Ibu hamil, yang berkontraksi adalah otot bukan udelnya sehingga otot akan menjadi lebih pendek. Sedangkan ketika otot relaksasi, maka otot akan memanjang.

Fungsi Otot

Sebelum mengetahui lebih detail mengenai Otot Trisep Bisep, sebaiknya anda mengenal lebih dahulu mengenai fungsi dari otot tersebut. Definisi otot yaitu sekumpulan sel otot yang membentuk jaringan sehingga alat gerak mampu menggerakkan tulang. Oleh karena itu, jaringan otot juga dikenal sebagai alat gerak aktif.

gambar otot manusia

gambar otot manusia dan kerangkanya

Otot berfungsi untuk membantu membantu menstabilkan sendi-sendi di dalam tubuh. Selain itu, otot juga akan membantu mempertahankan postur tubuh.

Kegunaan otot juga sebagai pendukung tubuh agar bisa berdiri tegak dan mempertahankan suhu didalam tubuh. Tidak hanya itu, otot juga mampu menghasilkan panas dari berbagai proses metabolisme di dalam tubuh.

Baca Juga: pengertian lingkungan

Otot rangka sangat penting dalam menentukan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Otot juga mampu melakukan berbagai tugas fisik. Memiliki otot yang kuat sangat membantu kesehatan umum dan kesejahteraan. Bagian otot yang berkontraksi sebenarnya merupakan sel sel otot.

Otot kanan berkontraksi ketika ada pengaruh suatu rangsangan melalui saraf. Rangsangan tersebut tiba ke sel otot dan kemudian akan mempengaruhi suatu zat yang peka terhadap rangsangan. Zat tersebut merupakan zat pemindah rangsangan yang dihaslikan pada bagian ujung saraf.

Zat tersebut dinamakan zat asetilkolin yang berguna untuk membebaskan ion kalsium yang ada di sel otot. Hal itulah yang menyebabkan pemendekan sel otot sehingga terjadi kontraksi.

Setelah terjadi kontraksi, maka ion kalsium masuk kembali ke plasma sel dan menyebabkan perekatan aktif. Sehingga otot akan menjadi lemas dan keadaan tersebut dinamakan relaksasi.

Ciri-ciri otot manusia yaitu memiliki kontrabilitas , ekstensibilitas, dan elastisitas. Kontrabilitas adalah kemampuan kerja otot dalam berkontraksi atau memendek. Ekstensibilitas adalah kemampuan kerja otot dalam berelaksasi atau memanjangkan. Sedangkan elastisitas adalah kemampuan kerja otot untuk kembali ke bentuk semula.

gambar otot valunter

gambar otot valunter yang bekerja pada tubuh

Otot yang digerakan secara sadar disebut dengan otot volunter. Hal yang menarik dari otot yaitu otot selalu bekerja meskipun kita kadang tidak menyadari hal tersebut. Otot yang bekerja tanpa kita suruh yaitu otot otonom atau involunter.

Cara kerja otot yang pertama yaitu otot sinergi yaitu otot bekerja sama secara searah. Otot berkontraksi dan berelaksasi secara bersama-sama. Ada beberapa tempat otot sinergis pada organ yaitu otot  antar tulang ketika menarik napas, otot pronator, dan otot supinator.

Baca Juga: pengertian hipotesis

Otot pronator yaitu otot yang menyebabkan gerak pronasi, seperti menelungkapkan telapak tangan, tulang pengumpil dan tulang hasta dalam keadaan sejajar. Otot supinator yaitu otot yang menyebabkan gerak supinasi seperti menengadah telapak tangan. Contoh lain yaitu tulang hasta dan pengumpil dalam keadaan menyilang.

Sedangkan otot antagonis yaitu berkebalikan dengan otot sinergi. Otot antagonis adalah otot yang bekerja secara berlawanan. Ketika otot satu berkontraksi, maka otot yang lainnya akan melakukan relaksasi.

Otot antagonis terdiri dari beberapa macam yaitu fleksi dan ekstensi, abduksi dan aduksi, pronasi dan aduksi, pronasi dan supinasi, depresi dan elevasi, sera inversi dan eversi.

Definisi Otot Bisep

Pengertian Otot Bisep yaitu otot yang mempunyai kepala atau caput dua karena berorigo pada dua tempat berbeda sekaligus. Dua caput tersebut adalah caput longum yang panjang dan caput brevis yang pendek. Otot bisep berasal dari kata Biceps Brachii kemudian di Indonesia dikenal dengan nama Bisep. Letak dari otot bisep yaitu berada di lengan tangan pada manusia.

Otot bisep menjadi salah satu otot dalam tubuh manusia yang berperan penting pada sistem pergerakan manusia. Kedua caput tersebut sering melakukan tugas secara bersama-sama. Cara mengenali otot bisep cukup mudah karena otot bisa dilihat dari luar.

Anda tentu tidak asing dengan otot bisep, karena letak otot yang dekat dengan permukaan kulit. Sehingga orang mudah ketika ingin melihat otot bisep tersebut. Otot bisep juga sering dipertunjukan dalam ajang binaragawan dan bisa tumbuh besar dengan latihan beban yang intensif.

Ciri Otot Bisep

gambar otot bisep

gambar otot bisep dan komponen-komponennya

Ciri Otot Bisep yaitu otot bisa dilihat dengan mata telanjang atau bisa dilihat secara langsung. Otot tersebut memiliki dua kepala atau caput yang terletak pada daerah yang berbeda.

Otot bisep bisa ditemukan pada daerah lengan sebelah atas ketika lengan ditekuk. Contoh Otot Bisep yaitu bagian tangan dari ujung telapak tangan hingga pangkal tangan, entah ketika diluruskan maupun ditekuk.

Cara Kerja Otot Bisep

Cara Kerja Otot Bisep bisa dicontohkan ketika lengan tangan ditekuk. Ketika lengan ditekuk, otot bisep akan membesar yaitu pada bagian atas lengan. Terjadinya sebuah kontraksi menjadikan otot tersebut akan memendek. Namun jika lengan tangan diluruskan, otot brisep akan relaksasi yaitu dengan memanjang.

Baca Juga: pengertian jaringan makhluk hidup

Cara kerja dari otot bisep masuk dalam jenis otot antagonis. Karena otot bisep selalu ditemani dengan otot trisep dimana keduanya bekerja dengan berlawanan. Ketika otot bisep berelaksasi, maka otot trisep akan berkontraksi dan sebaliknya.

Cara Melatih Otot Bisep

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih otot bisep agar menjadi bagus. Seperti

1. Close-Grip Chin Up

Gerakan Close-Grip Chin Up yaitu gerakan yang dilakukan dengan  pose bergantung pada besi horizontal yang sudah disiapkan. Jarak tangan kiri dan kanan hanya sekitar 15 cm saja.

Lakukan gerakan dengan menggantung yaitu posisi tangan lurus. Pandangan kedepan dan kepala lurus. Kemudian tarik tangan hingga mengangkat dagu berada di atas besi tersebut. Kemudian luruskan seperti pose pertama kali.

2. Dumbbell Bisep Curl

Pegang Dummbell pada masing-masing tangan, kemudian luruskan tangan ke bawah dan memegang dumbbell. Kemudian tekuklah tangan sambil mengangkat dumbbellke arah atas, posisi tangan jangan sampai berpindah.

Gerakan tangan bagian bawah dan gerakan ke atas hingga dumbbell yang dipegang setara dengan bahu. Kemudian turunkan lagi kembali pada posisi semula.

3. Total Interved Row

Total Interved Row yaitu gerakan menggunakan besi yang melintang horizontal kemudian digunakan untuk menggantungkan diri. Pada posisi ini menggunakan handuk atau kain tebal sebagai pegangannya.

Caranya yaitu gantungkan dua kain atau handuk pada pegangan besi tersebut. Kemudian tangan kanan dan kiri memegang kedua handuk yang sudah digantungkan.

Tangan lurus kedepan, setelah itu juga sudah siap bergantuk, tarik handuk atau kain secara bersamaan. Lakukan secara bersamaan hingga tangan menekuk dan Anda sudah bergantuk pada handuk.

4. Hammer Curl With Dumbbell

Gerakan Hammer Curl With Dumbbell yaitu berdiri dengan kaki selebar bahu dan badan posisi tegak. Telapak tangan memegang dumbbell dengan menghadap ke paha Anda. Kemudian posisi lengan lurus ke bawah, lakukan pemegangan dumbbell ke arah atas hingga sejajar dengan bahu.

Setelah itu, siku tetap berada di samping badan dan jangan sampai bergerak maju. Kaki hanya ditekuk tanpa dipindahkan dari posisinya. Lakukan gerakan tangan kiri dan kanan dalam mengangkat dumbbell secara bersamaan maupun secara bergantian.

Definisi Otot Trisep

Pengertian Otot Trisep yaitu otot besar berkepala atau bercaput dengan jumlahnya tiga. Triceps Brachiiatau otot trsep disebut bercaput tiga karena caput tersebut terdapat pada tiga tempat yang berbeda. Kepala atau caput tersebut yaitu caput longum, caput medial, dan caput lateralis.

gambar otot trisep

gambar anatomi otot trisep pada lengan tubuh (legionathletics.com)

Fungsi dari otot trisep yaitu sebagai penahan beban lengan pada sendi bahu dan ekstensi sendi siku. tetapi berbeda pada caput longum yang dapat melakukan adduksi atau gerakan mendekati tubuh sendi bahu.

Cara Kerja Otot Trisep

Cara Kerja Otot Trisep yaitu ketika lengan tangan ditekuk, maka otot trisep akan berelaksasi. Letak otot trisep yaitu pada bagian bawah. Cara otot trisep relaksasi yaitu dengan cara memanjang.  Jika lengan tangan dibuat lurus, maka otot trisep akan berkontraksi yaitu dengan membesar atau memendek.

Baca Juga: pengertian sel

Cara kerja dari otot trisep yaitu masuk dalam kategori jenis otot antagonis. Otot trisep selalu berdampingan dengan otot bisep. Ketika otot trisep berkontraksi, maka otot bisep akan berelaksasi.

Dan sebaliknya ketika otot trisep berelaksasi maka otot bisep akan berkontraksi. Contoh Otot Trisep yaitu tangan yang meliputi telapak tangan hingga pangkal lengan baik ketika ditekuk maupun diluruskan.

Ciri Otot Trisep

Ciri Otot Trisep yaitu memiliki tiga kepala atau caput. Ketiga caput tersebut terletak di tiga tempat yang berbeda. Otot trisep terletak pada bagian bawah ketika lengan ditekuk. Ciri lain dari trisep yaitu berkebalikan dengan otot bisep. Ketika otot trisep berkontraksi maka otot bisep berelaksasi dan sebaliknya.

Cara Melatih Otot Trisep

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melatih otot trisep:

1. Tricep Dips

Gerakan Tricep Dips menjadi salah satu gerakan melatih otot yang tidak membutuhkan biaya apapun. Alat yang digunakan sangat sederhana yaitu sebuah kursi. Cara melakukan gerakan tricep dips yaitu duduk pada sebuah kursi yang kokoh. Kemudian letakan kedua tangan pada kedua sisi pinggang dan luruskan kaki.

Setelah pada posisi tersebut, tekuk siku hingga 90 derajat secara perlahan sambil menurunkan tubuh ke lantai. Kemudian lakukan lagi dengan mendorong tubuh ke atas dengan mendorong lengan.

Hal tersebut untuk mengangkat tubuh kembali ke posisi semula. Jika tidak kuat melakukan gerakan tersebut, Anda bisa menekuk kaki untuk membantu menopang berat badan.

2. Tricep Pushdown

Triceps Pushdown bisa dilakukan di tempat fitness yaitu menggunakan mesin kabel. Anda tinggal berdiri tegak di mesin tersebut kemudian pegang katrolnya. Tarik katrol dari atas menuju bawah secara perlahan hingga menyentuh paha. Pastikan kedua siku tetap disamping badan saat katrol digerakan ke bawah.

3. Seated Overhead Drumbell Extension

Gerakan Seated Overhead Drumbell Extension memerlukan drumbell. Posisi melatih otot trisep yaitu duduk pada kursi kemudian angkat drumbbell di atss kepala. Pegang drumbbel dengan menggunakan dua tangan.

Gerakkan drumbbell tersebut ke arah bawah melalui belakang kepala hingga siku menekuk. Lakukan kembali poisis tangan berada di atas kepala. Jika tangan anda kuat, Anda bisa menggunakan satu tangan saja dalam membawa drumbbell.

4. Close- Grip Push Up

Gerakan Close- Grip Push Up tidak perlu menggunakan alat apapun. Yang harus anda lakukan yaitu ssikan seperti akan melakukan push-up. Bedanya dengan close grip yaitu jarak antara tangan tidak melewati bahu namun didalam bahu.

Baca Juga: pengertian lingkungan hidup

Selanjutnya kepala menghadap ke lantai dan tahan perut Anda. Turunkan tubuh dengan menekuk siku. Lakukan secara perlahan dan berhenti ketika lengan sudah sejajar dengan lantai. Kemudian kembali lagi pada posisi awal.

Membentuk Otot Bisep dan Otot Trisep

Melakukan beberapa latihan dan olahragatentu baik untuk  membentuk otot bisep dan trisep agar bagus. Tetapi Anda juga perlu menjaga kesehatan agar otot bisa bekerja secara maksimal dan membentuk sesuai keinginan. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan agar otot bisa terbentuk.

1. Memasukkan Hari Istirahat Dalam Rutinitas Latihan

Memasukkan hari istirahat dalam rutinitas latihan menjadi poin penting dalam pemulihan otot. Tanpa adanya istirahat, sistem muskuloskeletal dan kekebalan tubuh akan berbahaya.

Karena stres yang diterima tubuh ketika mengangkat beban. Selain itu, jika tidak ada istirahat maka akan berisiko mengalami cedera, sakit, nyeri otot dan gangguan yang lainnya.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Berprotein Tinggi

makanan tinggi protein

contoh makanan dengan kandungan protein tinggi untuk melatih otot (thenewdaily.com.au)

Mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi akan membantu dalam pembentukan otot. Hal tersebut dikarenakan protein mampu menyediakan energi dan stamina yang diperlukan dalam tubuh ketika latihan pembentukan otot.

Hal tersebut juga berguna untuk menjaga otot tubuh agar tetap kuat. Studi dalam bidang nutrisi menyatakan bahwa pola makan yang bagus setidaknya 15% adalah protein.

3. Menentukan Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Protein

Cara menjaga kesehatan selanjutnya yaitu menentukan waktu yang tepat dalam mengkonsumsi protein. Protein yang dikonsumsi tidak semaunya sendiri melainkan menentukan jumlah dan waktu yang tepat.

Konsumsi makanan dengan protein yang tinggi 20 menit sebelum memulai latihan otot. Setelah latihan selesai, jangan lupa mengkonsumsi kembali makanan yang berprotein tinggi.

Hubungan Kerja Otot Bisep dan Otot Trisep dengan Prinsip Tuas

Otot Bisep dan Otot Trisep Ada hubungannya dengan prinsip tuas. Hubungan keduanya terletak pada cara kerja otot dengan prinsip tuas. Ketika tangan ditekuk, bisep akan berkontraksi yaitu dengan bukti otot akan membesar, sedangkan trisep akan berelaksasi dengan otot akan memanjang. Membawa beban di telapak tangan kemudian menekuknya persis seperti prinsip tuas.

gambar otot bisep tuas

gambar otot bisep tuas

Prinsip tuas yaitu letak titik beban berada diujung, titik tumpu berada di tengah dan titik kuasa menempati ujung yang lain. Seperti halnya dengan tangan yang ditekuk, lengan titik tumpu di tempati oleh siku. Titik beban berada di telapak tangan dan titik kuasa berada di bahu serta lengan kuasa berada di lengan tangan.

Baca Juga: pengertian tumbuhan monokotil dan dikotil

Ketika membawa beban di telapak tangan sedangkan tangan diluruskan, maka bisep akan relaksasi dan Kontraksi Otot Trisep. Cara kerja tangan seperti prinsip kerja tuas jenis ketiga. Tuas jenis ketiga yaitu beban berada diujung, titik kuasa berada di tengah dan titik tumpu berada di ujung satunya.

Otot trisep dan Bisep juga berprinsip seperti tuas ketika lengan tangan ditekuk baik membawa beban atau tidak. Tuas yang mirip dengan posisi tersebut adalah tuas jenis pertama. Tuas jenis pertama adalah letak titik beban berada di ujung, titik tumpu berada di tengah ditempati oleh siku dan titik kuasa ditempati oleh pangkal lengan tangan.

Otot Trisep Bisep mempunyai peran penting dalam tubuh. Jika salah satu otot tidak berfungsi dengan baik, maka alat gerak pada tubuh akan terganggu dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Agar otot trisep dan bisep bekerja secara maksimal, maka perlu dilakukannya beberapa gerakan agar otot bekerja dengan baik.

Originally posted 2019-05-05 21:50:42.