Cerpen Persahabatan: Sederhana dan Penuh Makna

2 min read

contoh cerpen persahabatan

Cerpen persahabatan sama halnya dengan jenis-jenis cerpen yang lainnya, hanya saja tema yang dibahas berkaitan dengan kisah persahabatan.

Cerpen sendiri merupakan cerita pendek yang membahas sebuah cerita dengan konflik yang sederhana dan juga ringkas. Biasanya konflik yang dipaparkan tidak memiliki penyelesaian yang rumit sehingga tidak membutuhkan penceritaan yang panjang.

Terdapat dua unsur yang membangun sebuah cerpen menjadi cerita yang menarik, yaitu unsur intrinsic dan ekstrinsik. Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang cerpen persahabatan, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Tidak berbeda dengan teks lainnya, cerpen juga memiliki unsur pembangun dari luar yang membuat cerpen menjadi lebih menarik untuk dibaca. Unsur tersebut di antaranya adalah latar belakang penulis.

Latar belakang penulis memegang andil yang cukup besar untuk mengetahui tujuan atau maksud cerpen tersebut diciptakan.

Biasanya latar belakang penulis berhubungan dengan riwayat hidup serta kondisi psikologis penulis saat membuat cerpen tersebut.

Unsur ekstrinsik cerpen yanglainnya adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen, seperti agama, sosial, dan juga budaya.

Selain yang berasal dari penulis ada juga unsur intrinsik yang berasal dari masyarakat. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi masyarakat pada saat cerpen tersebut dibuat oleh penulis.

Kondisi masyarakat juga memengaruhi hasil tulisan yang dibuat oleh penulis, sebab biasanya penulis akan mendapatkan inspirasi dari lingkungan di sekitarnya.


Intinya, unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang menjadi alasan penulis untuk mulai membuat cerpen tersebut.

Unsur Instrinsik Cerpen

Unsur intrinsik cerpen merupakan unsur-unsur yang membuat cerpen menjadi satu kesatuan yang utuh dan memiliki makna ketika dibaca.

Beberapa unsur tersebut di antaranya adalah tema, penokohan, alur, setting, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Tema-tema yang diangkat biasanya sangat sederhana namun menarik untuk dituliskan.

Misalnya saja cerpen persahabatan, cerpen percintaan, dan cerpen masa remaja. Untuk alurnya, penulis bebas menentukan hendak bagaimana proses jalan cerita tersebut berkembang mulai dari awal hingga akhir.

Setting dan sudut pandang biasanya disesuaikan dengan cerita yang diangkat dan juga karakter dari setiap penokohannya.

Lalu untuk amanatnya biasanya disampaikan secara implisit dan eksplisit, yakni secara langsung dan tidak langsung.

Cerpen Persahabatan

Pengertian umum cerpen persahabatan adalah cerita pendek yang isi ceritanya mengisahkan tentang persahabatan antar 2 orang atau lebih, dimana dalam cerpen tersebut ada banyak masalah seperti: kesetiaan, kesolidan pertemanan, putus persahabatan, dll. Tidak selamanya cerpen persahabatan berakhir indah.

Contoh Cerpen Persahabatan

Nah bagi Anda yang masih bingung bagaimana bentuk dari cerpen persahabatan, berikut akan disajikan contohnya.

Aku mempunyai seorang sahabat yang telah bertahun-tahun bersama. Kami terlalu akrab, bahkan menyamai saudara kandung. Kemana-mana selalu bergandengan tangan dan mencocokkan warna baju supaya serasi.

Terlihat kekanak-kanakan, tapi kami tidak peduli asal kami berdua nyaman. Ngomong-ngomong, nama sahabatku adalah Junia, tapi aku lebih suka memanggilnya Juni.

Perumpamaan Juni seperti angsa dengan keanggunan parasnya. Bisa ditebak banyak laki-laki menaruh hati padanya. Sedangkan aku? Sebenarnya aku tidak terlalu senang merendahkan diri, tapi jika dibandingkan dengan Juni, aku tak ada apa-apanya.

Akhir-akhir ini, aku memikirkan hal yang sebelumnya selalu kuabaikan. Soal posisiku dalam kehidupan Juni. Begitu tidak adil, setidaknya aku menyimpulkan seperti itu.

Kenapa? Jawabannya mudah. Karena aku sudah mencapai batas kuatku. Saat ini aku melihat Juni bukan sebagai seorang sahabat, melainkan benalu yang selalu bergantung padaku.

Ketika aku mengutarakan soal masalahku, dia hanya berkata kalau aku terlalu berlebihan. Aku mulai berpikir jika sebenarnya Juni tidak memandangku sebagaimana aku melihatnya.

Baginya mungkin aku hanyalah pijakan untuk kesenangannya. Menyebalkan kalau diingat-ingat.

Setelah beberapa hari mengabaikannya, aku menyadari sesuatu. Juni hanyalah gadis kecil yang memiliki banyak luka di hatinya, dan mungkin dia menganggapku sebagai obat penawar dari setiap lukanya.

Besok aku akan meminta maaf pada Juni, dan bertanya sekali lagi apakah dia mau kembali menjadi sahabatku.

Cerpen persahabatan mengandung emosi yang lebih menyentuh saat dibaca, apalagi jika saat membacanya muncul ingatan-ingatan lama saat memiliki sahabat. Contoh cerpen lainnya adalah:

  1. Cerita Persahabatan Romantis: Sebuah Pertemuan
  2. Cerpen Persahabatan Sejati: Sahabat Selamanya
  3. Cerita Persahabatan Lucu: Sebuah Konspirasi
  4. Cerpen Putus Persahabatan: Rania-Delia dalam Kenangan
  5. Cerpen Persahabatan SD: Terlupakan
  6. Cerpen Persahabatan Cinta SMA: Antara Cinta dan Persahabatan

Ceritanya yang sederhana memiliki makna yang mendalam dan juga tidak akan pernah bosan untuk dijadikan bahan bacaan. Semoga informasi diatas bermanfaat!


Pengertian Surat

admin-yusron
3 min read

Pengertian Bahasa

admin-yusron
3 min read

Resensi Buku

admin-yusron
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *