Cerpen persahabatan SD yang satu ini begitu menarik untuk dibahas. Sebab, cerpen ini mengisahkan persahabatan 3 orang yang telah dibangun sejak SD, kemudian dirusak oleh seorang siswi baru di kelas mereka bertiga. Penasaran dengan kisahnya? Ayo simak cerpen berjudul “Terlupakan” berikut ini!

Daftar Isi hide

Terlupakan

Persahabatan yang telah dijalin sejak SD ini terdiri atas Bintang, Bulan, dan Kejora. Mereka bertiga sering dipanggil “Triple girl” oleh teman-teman mereka. Pasalnya mereka selalu terlihat bertiga di mana-mana, mulai dari SD hingga kini mereka SMA.

Persahabatan erat mereka bertiga tampaknya mengusik hati Kalila Amanda, seorang siswi baru di kelas mereka bertiga. Mulanya, Kalila merasa biasa saja terhadap persahabatan “Triple girl”.

Namun, entah mengapa tiba-tiba ia merasa iri karena tidak pernah mempunyai sahabat sebaik Bintang, Bulan, dan Kejora.

Kalila menyimpan rasa iri berlebih kepada Kejora, sebab ia merasa telah tersaingi saat seleksi olimpiade kimia. Karena, di sekolahnya yang terdahulu, Kalila merupakan siswi Olimpiade Kimia terpilih.

Selain itu, Kejora juga mempunyai teman-teman yang begitu menyayanginya. Oleh karena itu, Kalila mengatur sebuah rencana agar Kejora dijauhi oleh Bintang dan Bulan.

Pada hari itu, di mana Kejora tidak masuk ke sekolah selama hampir 2 minggu karena sakit, Kalila mulai menjalankan rencananya. Ia mendatangi Bulan dan Bintang yang sedang asyik melipat origami di bangku mereka.

“Bintang! Bulan!” seru Kalila ketika datang ke meja Bulan dan Bintang, sambil menggeret kursi dan diletakkan di sebelah Bintang.

“Ada apa La?” tanya Bintang penasaran.

“Aku ingin memberitahukan sesuatu kepada kalian,” ujar Kalila sambil menampilkan raut sedih.

Bulan mengernyit bingung, “Memberi tau apa?”

“Jadi begini, tadi malam tiba-tiba Kejora mengirimiku pesan. Awalnya biasa saja, namun akhirnya dia menceritakan tentang kalian berdua.”

“Cerita apa?”

“Ini, lebih baik kalian baca sendiri pesannya semalam,” ujar Kalila sambil memperlihatkan pesan Kejora yang sebenarnya ia edit sendiri.

Kejora: Hai Kalila!

Kalila: Loh Kejora? Hai! Ada apa Ra?

Kejora: Aku mau cerita sesuatu sama kamu La, tapi kamu jangan kasih tau siapa-siapa ya?

Kalila: Oke Ra. Mau cerita apa emangnya?

Kejora: Sebenarnya Aku tuh nggak suka sama Bintang dan Bulan

Kalila: Loh kenapa? Bukannya mereka sahabat yang pengertian banget?

Kejora: Pengertian apanya? Mereka berdua itu hanya memanfaatkan Aku, agar nilai mereka bagus terus sok baik juga.

Kalila: Masa sih Ra? Perasaan kamu aja mungkin?

Kejora: Itu semua hanya topeng La, jangan percaya!

Setelah selesai membaca pesan tersebut, Bintang dan Bulan merasa kecewa dengan sikap Kejora. Mereka tidak menyangka jika Kejora menjadi setega itu. Mereka berdua bahkan memutuskan untuk menjauhi Kejora yang tidak tau apa-apa. Rencana Kalila berjalan dengan mulus.

Besoknya, saat Kejora memasuki kelas, ia menyapa kedua sahabatnya yang tengah berbicara dengan Kalila dengan ceria. Tetapi, Bintang dan Bulan melengos begitu saja dan mengacuhkan keberadaan Kejora, serta asyik bersama Kalila.

Kejora pun merasa bingung sekaligus sedih, mengapa kedua sahabatnya bersikap begitu kepadanya. bahkan, ketika tadi ia bertanya, mereka hanya diam saja. Melihat hal itu, salah seorang teman Kejora yang bernama Pelangi menghampirinya.

“Kamu nggak perlu merasa sedih Ra, biarkan saja mereka bertiga. Temanmu kan tidak hanya mereka, Aku juga teman kamu loh.”

Setelah kejadian itu, Kejora tidak masuk sekolah lagi hampir satu bulan. Bintang dan Bulan mulai merasa ada yang hilang.Oleh karena itu, mereka berdua bertanya pada Pelangi.

Pelangi pun menceritakan tentang Kejora telah meninggal dua hari yang lalu karena mengidap kanker otak. Bintang dan Bulan merasa sangat sedih dengan apa yang terjadi pada sahabatnya. Mereka menyesal telah mengabaikan sahabat mereka.

Itulah cerpen tentang persahabatan yang menyajikan cerpen persahabatan sd yang menarik untuk di baca. Cerita di atas mengajarkan kita untuk tidak mengabaikan orang lain atas kesalahan yang belum tentu kita ketahui.

Sumber:

http://cerpenmu.com/cerpen-persahabatan/terlupakan