Mengenal lebih jauh tentang seni rupa 3 dimensi atau biasa disebut dengan seni rupa 3D yang sudah sangat populer dikalangan masyarakat. Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan jenis seni rupa yang satu ini.

Bila mana pada seni rupa 2D hanya memiliki 2 bagian atau sisi saja yakni sisi panjang dan lebar. Maka hal tersebut berbeda dengan seni rupa 3D. Umumnya seni rupa 3D ini memiliki bagian yang lebih kompleks dan dapat dilihat dari segala arah.

Biasanya bentuknya sama persis dengan objek yang dibayangkan dalam sebuah karya seni. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang seni rupa 3D, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Seni Rupa 3D

apa itu 3 dimensi

apa itu 3 dimensi (cambodia3dart.com)

Apa itu seni rupa 3 dimensi? Seni rupa 3 dimensi merupakan salah satu jenis seni rupa yang tidak hanya memiliki sisi panjang dan lebar saja tetapi juga volume.

Salah satu hal yang membedakan seni rupa 2 dimensi dengan seni rupa 3 dimensi yakni adanya unsurruang pada karya seninya.

Teknik Seni Rupa 3D

Hampir sama dengan seni rupa 2D, untuk jenis seni rupa 3D juga memiliki beberapa teknik pembuatan. Umumnya masing-masing karya seni memiliki teknik pembuatan yang berbeda-beda tergantung dengan lingkungan dan daerahnya. Nah berikut ini teknik-teknik yang biasa dipakai dalam proses pembuatan karya seni rupa 3D yaitu;

1. Teknik Mozaik

teknik mozaik 3 dimensi

teknik mozaik 3 dimensi (damainesia.com)

Teknik seni rupa 3 dimensi mozaik merupakan sebuah teknik menghasilkan karya seni dengan menembel benda-benda 3 dimensi. Benda 3 dimensi tersebut yang dimanage dan ditata sedemikian rupa untuk menghasilkan lukisan yang indah.

2. Teknik Aplikasi

teknik aplikasi 3 dimensi

teknik aplikasi 3 dimensi (cara.pro)

Untuk teknik yang kedua ini merupakan teknik pembuatan karya seni dengan cara menempel berbagai macam pola menggunting yang berbentuk hiasan. Biasanya bentuk yang sering digunakan seperti bentuk binatang, bunga, pemandangan dan lain sebagainya.

3. Teknik Pahat

teknik pahat 3 dimensi

teknik pahat 3 dimensi (dodografis blogger)

Merupakan teknik membentuk sebuah karya seni dengan cara membuang bahan-bahan yang dianggap tidak penting atau tidak dibutuhkan. Biasanya cara pembuatan karya seni dengan teknik ini memakai alat pahat, kikir dan martil.

4. Teknik Merakit

teknik merakit 3 dimensi

teknik merakit 3 dimensi (target.com)

Merupakan sebuah teknik membuat karya seni dengan menyambungkan beberapa potongan bahan tertentu.Untuk hasil karyanya sendiri sering disebut dengan rakitan.

5. Teknis Menuang

teknik menuang 3 dimensi

teknik menuang 3 dimensi (rodagigi.blogspot.com)

Sesuai dengan namanya, cara membuat karya seni dengan teknik ini yaitu dengan menuangkan bahan cair yang dituangkan ke dalam cetakan. Setelah bahan mengeras, selanjutnya dikeluarkan dari cetakannya.

Unsur-unsur Seni Rupa 3 Dimensi

unsur seni rupa 3 dimensi

unsur seni rupa 3 dimensi (harmoni-seni.blogspot.com)

Perlu diketahui bahwa ada beberapa unsur yang terdapat dalam seni rupa 3 dimensi, unsur-unsur yang dimaksud, ialah;

  1. Terdapat 3 sisi yang membedakan dengan karya seni rupa lainnya yakni panjang, lebar dan tinggi.
  2. Selain memiliki panjang, lebar dan tinggi, karya seni rupa 3 dimensi juga memiliki ruang. Hal itulah yang membedakan antara seni rupa 2 dimensi dengan 3 dimensi.
  3. Seni rupa 3D dapat dilihat dan dinikmati dari segala sudut pandang.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam kehidupan sehari-hari, tanpa sadar kita seringkali melihat karya seni rupa 3 dimensi yang begitu indah dan memukau. Nah jika Anda masih belum menyadarinya, berikut akan disajikan beberapa contoh karya seni rupa 3 dimensi yang sering dijumpai.

1. Patung

patung contoh seni 3 dimensi

patung contoh seni 3 dimensi (brilio)

Merupakan karya seni rupa 3 dimensi yang sangat populer dari zaman dahulu hingga sekarang. Saat ini bahan baku yang digunakan untuk membuat semakin banyak ragamnya.

2. Kriya

kriya contoh seni 3 dimensi

kriya contoh seni 3 dimensi (Mallardsgroups.com)

Contoh seni rupa 3 dimensi selanjutnya adalah kriya. Salah satu ciri khas dari karya seni rupa 3D ini yaitu memiliki volume dan memanfaatkan keterampilan tangan.

Ada banyak sekali jenis seni kriya yang bisa dijumpai seperti tekstil, keramik, logam, batu dan masih banyak lagi.

3. Arsitektur

bangunan contoh seni 3 dimensi

bangunan contoh seni 3 dimensi (sewakantorcbd.com)

Satu lagi contoh seni rupa 3D yang sering dijumpai adalah arsitektur. Karya seni yang satu ini yaitu dengan cara merancang bangunan mulai dari makro hingga tingkat mikro.

Lalu apa fungsi dari seni rupa 3D? Untuk fungsi seni rupa 3 dimensi sendiri yakni bersifat memberikan kepuasan pada banyak orang khususnya bagi mereka yang suka menikmati karya seni.

Nah itulah sedikit informasi tentang pengertian, teknik, unsur dan juga contoh karya seni rupa 3 dimensi yang perlu diketahui. Dari berbagai penjelasan di atas, sekarang Anda sudah lebih tahu tentang karya seni rupa 3D yang sangat populer.

Cari Artikel di Sini