Pengertian Seni

3 min read

Definisi Umum Seni

Pengertian Seni secara umum yaitu suatu karya yang memiliki nilai estetika atau keindahan dibuat oleh manusia untuk menggambarkan suatu ekspresi atau kreativitas. Penggambaran murni yang terpancar dari suatu ciptaan karya seni menjadikan seni sebagai ilmu pasti.

Karena keanekaragaman seni berbeda-beda dari setiap orang, hal ini membuat seni sulit untuk dijelaskan dan dinilai. Setiap orang memiliki penilaian dan pandangan sendiri dari apa yang mereka ciptakan. Oleh karena itu untuk mengetahui dan meresapi nilai seni, kita perlu mengetahui lebih mendalam tentang definisi, macam-macam, hingga fungsinya.

Definisi Seni Menurut Para Ahli

Arti kata seni yang di dalam bahasa sansekerta berarti “Sani” yaitu persembahan atau pemujaan. Jika dalam arti umum, seni merupakan media ekspresi atau kreativitas.

Dalam arti luasnya, seni merupakan segala hal yang diciptakan oleh manusia yang di dalamnya memiliki unsur keindahan. Istilah seni sering disebut-sebut dalam upacara-upacara adat maupun keagamaan di dalam suatu daerah yang biasa kita kenal dengan kesenian daerah.

Menurut ensiklopedia bahasa Indonesia, seni merupakan suatu karya ciptaan manusia yang memiliki unsur keindahan yangmana dapat menyenangkan orang yang melihat maupun mendengarnya.

Dalam bahasa Belanda, seni yang beristilah “Genie” memilikiartijenius (dalam bahasa latinnya) yang bermakna bahwa seni merupakan bakat atau kemampuan menakjubkan yang telah dibawa seseorang sejak lahir. Sedangkan dalam bahasa inggris, seni memiliki istilah “Art” yang berarti seni rupa atau art visual.

Adapun definisi seni menurut para ahli berbeda-beda, untuk mengetahui perbedaannya,dapat Anda simak sebagai berikut!

1. Aristoteles

Menurut aristoteles seni berarti suatu tiruan alam yang merupakan suatu bentuk ungkapan dan penampilan yangmana tidak menyimpang dari kenyataannya.

2. Ki Hajar Dewantara

Definisi seni menurut Ki Hajar Dewantara merupakan hasil dari estetika atau keindahan yang dapat menyentuh perasaan seseorang yang melihatnya. Jadi, apapun tingkah laku atau perbuatan manusia yang menimbulkan perasaan indah disebut sebagai seni.

3. Alexander Baum Garton

Menurut alexander baum seni adalah suatu keindahan yang memiliki tujuan atau maksud positif untuk menghibur penikmat seni sehingga mereka akan merasa bahagia.

4. Immanuel Kant

Immanual Kant berpendapat seni memiliki arti suatu impian yangmana rumus-rumus tidak dapat mengupayakan kenyataan.

5. Leo Tolstoy

Menurt Leo Tolstoy seni adalah suatu ungkapan seseorang yang disampaikan lewat ungkapan kepada orang lain dengan maksud agar mereka dapat merasakan bagaimana perasaan si pencipta seni.

6. Sartono Kartodirdjo

Makna seni menurut Sartonoyaitusuatu sistem koheren yang dapat menunjukkan bagian-bagiannya secara universal yangmana mampu menjalankan komunikasi secara efektif.

7. Suwaji Bastomi

Menurut Suwaji Bastomi Seni merupakan segala aktivitas batin yang memberikan pengalaman keindahan yangmana disampaikan melalui suatu bentuk yang agung dan mampu memberikan rasa takjub dan haru.

8. Sudarmaji


Terakhir, Pengertian Seni menurut Sudarmaji yaitusegala sesuatu yang berkaitan dengan manifestasi batin dan pengalaman estetis melalui media garis, bidang, tekstur, warna, gelap terang hingga volume suatu benda (karya).

Pembagian Seni dan Cabang-Cabangnya

Dalam segi bentuknya seni terbagi menjadi dua yaitu 2D (Dwitarma) dan 3D (tritama). Sedangkan menurut pembagiannya, seni dipecah menjadi tiga macam antara lain sebagai berikut:

a. Seni Rupa atau Visual Art

Seni rupa merupakan seni visual yang dapat dinikmati melalui media penglihatan. Seni ini memiliki wujud nyata dan pasti, yangmana dapat dilihat secara langsung melalui elemen-elemen berupa gambar, lukisan, multimedia, patung, kerajinan tangan, dan grafis.

b. Seni Musik atau Audio Art

Seni musik adalah suatu seni yang dapat dirasakan dan dinikmati melalui media pendengaran seperti contohnya seni musik/lagu. Elemen utama pada dari seni ini adalah unsur suara. Unsur lainnya yang juga berperan penting antara lain melodi, harmoni, dan notasi musik.

Selain itu, media-media yang digunakan dalam seni ini adalah vokal dan instrumen. Ada banyak jenis alat musik yang dapat digunakan seperti contohnya pada alat musik tradisional seperti seruling, gamelan, gambang kromong, kecapi, rebana, dan lainnya. adapun alat musik barat seperti gitar, piano, drum, flute, terompet, dan masih banyak lagi.

c. Seni Audio Visual Art

Seni audio visual merupakan suatu seni yang dapat dinikmati melalui media penglihatan maupun pendengaran seperti contohnya seni teater. Dalam seni teater, pelakon seni perlu menguasai beberapa kemampuan seperti kemampuan bermain peran, memahami pembuatan setting, memahami dan membuat karya naskah, hingga kemampuan untuk menciptakan suasana.

Seni memiliki beberapa cabang yang beberapa diantaranya juga merupakan bagian dari seni itu sendiri. Cabang-cabang atau jenis-jenis seni dibagi menjadi lima antara lain:

  1. Seni Rupa: seni yang muncul sejak zaman animisme dan dinamisme zaman sekarang.
  2. Seni Musik: seni yang telah berkembang sejak zaman Renaissance hingga sekarang.
  3. Seni Tari: seni yang dihasilkan dari gerak tubuh manusia yang digunakan sebagai media komunikasi.
  4. Seni Sastra: seni yang tercipta dari kreativitas manusia melalui bentuk kata-kata yang indah seperti puisi, kaligrafi, dan lain-lain.
  5. Seni Teater Atau Drama: seni yang menggunakan teknik-teknik tertentu untuk menciptakan casting, diksi, pembawaan, intonasi, pengaturan, laring dan faring yang dilakukan secara konsisten.

Contoh-contoh Wujud Seni Dalam Kehidupan Sehari-hari

a. Seni Rupa atau Visual Art

Menurut fungsinya, seni rupa dibagi menjadi 2 bagian yaitu seni rupa murni (Fine Art) dan seni rupa terapan atau pakai (Applied Art). Contoh seni rupa murni antara lain yaitu seni lukis, seni patung, seni grafika, dan lainnya. Sedangkan contoh seni rupa terapan seperti seni kerajinan tangan (bordir, seni lipat, renda, dll), seni dekorasi (interior & eksterior), seni reklame (iklan, poster, spanduk), dan lainnya.

b. Seni Musik atau Audio Art

Seni musik telah tumbuh dan berkembang sejak zaman Renaissance hingga saat ini. Macam-macam seni musik sendiri antara lain seperti musik klasik, jazz, pop, bosa, tradisional, rock, dan lain sebagainya. Jenis-jenis musik tersebut terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Selain musik dan lagu, contoh lain dari seni musik ini adalah puisi, karya sastra, dan lain sebagainya.

c. Seni Audio Visual Art

Contoh aplikasi seni audio visual antara lain drama teater, film, dan pertunjukan musik.

Fungsi Seni dalam Kehidupan Sehari-hari

Seni memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat bagi individu maupun orang lain. Adapun fungsi-fungsinya sebagai berikut:

a. Fungsi Individu atau Pribadi

Fungsi individu memiliki makna bahwa seni berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan pribadi seperti pemenuhan kebutuhan fisik melalui seni terapan yang memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan. Selain itu seni juga berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan emosional melalui karya seni yang dapat menjadi media ekspresi seseorang.

b. Fungsi Sosial

Fungsi sosial memiliki makna bahwa seni berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sosial seorang individu. Fungsi-fungsi tersebut seperti fungsi religi atau keagamaan, pendidikan, hiburan/rekreasi, fungsi artistik, fungsi guna, kesehatan, hingga komunikasi antar sesama.

Itulah beberapa ulasan tentang seni yang perlu diketahui. Kehidupan di dunia ini akan lebih berwarna dengan adanya seni karena hasil karya yang memiliki seni akan mampu merubah perasaan seseorang.

Selain memberikan kebahagiaan, karya seni juga dapat membantu manusia untuk melakukan sesuatu seperti contohnya pada seni rupa terapan yang tidak hanya keindahannya saja, namun kegunaan karya sangat dipertimbangkan. Demikian pengertian seni beserta jenis dan fungsinya, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Originally posted 2018-08-05 04:35:38.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *