Seni musik atau musics art merupakan seni yang memanfaatkan musik sebagai media dalam pengungkapan ekspresi. Perkembangan musik saat sangat pesat dan menjadi kepopulerannya berada di atas daripada bidang seni lainnya. Banyak musisi yang bermunculan dan memperlihatkan bakat di bidang musik.

Definisi Umum Seni Musik

Seni musik adalah rangkaian bunyi bunyian yang digunakan untuk mengungkap suatu ritme yang teratur guna menciptakan sebuah melodi yang indah. Musik sebagai suatu keindahan dapat diciptakan dari berbagai macam media, seperti suara orang ataupun alat alat musik yang tersedia.

Musik tidak hanya digunakan untuk media berekspresi sekaligus media hiburan saja, namun musik juga dapat digunakan untuk sarana dalam pendidikan, menjadi sebuah sumber inspirasi, dan tentunya dapat menjadi salah satu bentuk profesi.

Musik juga dapat dikatakan sebagai sebuah ungkapan perasaan dari seseorang yang sengaja dituangkan dalam bentuk syair dan juga nada nada yang indah dan menarik hati siapapun yang mendengarnya.

Seni Musik Menurut Para Ahli

Ada banyak ahli musik atau musisi, filsuf yang mendefinisikan seni musik. Antara lain:

1. Aristoteles

Pengertian seni musik menurut Aristoteles merupakan sebuah curahan dari kemampuan yang berasal dari sebuah tenaga dan gerakan rasa yang ada dalam suatu rentetan nada yang dapat menghasilkan suatu irama menarik untuk didengar.

2. Jamalus

Menurut Jamalus, seni musik merupakan suatu ungkapan alunan lagu yang dapat memberikan ekspresi berupa pikiran dan perasaan melalui beberapa unsur musik, baik itu unsur yang berupa melodi, irama, harmoni, bentuk, serta ekspresi yang menjadi satu kesatuan menarik dan menghibur.

3. David Ewen

Musik merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan maupun seni dengan pengkombinasian beberapa ritme dan nada. Vokal maupun instrumen musik lainnya harus dapat menghasilkan melodi harmoni. Hal ini juga merupakan ekspresi seseorang dalam mengungkapkan suatu perasaan yang berasal dari diri sendiri atau orang lain.

4. Sunarto

Sedangkan pengertian seni musik menurut ahli bernama Sunarto adalah, adanya sebuah penghayatan dari isi hati seorang manusia yang diungkapkan melalui berbagai macam bunyi yang sifatnya teratur menghasilkan sebuah melodi ataupun ritme dan mempunyai unsur keselarasan yang begitu indah.

5. Suhastjarja

Musik merupakan cara manusia untuk mengungkapkan pemikiran dalam bentuk nada dan irama. Nada dan irama tersebut harus mengandung ritme maupun harmoni. Musik sendiri dapat menjadi dunia pencipta yang diperuntukkan oleh bagi diri sendiri maupun orang lain.

Setiap alunan musik yang terdengar mempunyai makna mendalam sehingga dapat dimengerti dan dipahami oleh orang lain. Alunan harmoni dari musik pun juga terdengar indah.

6. Ajie Esa

Adapun pengertian musik menurut Ajie Esa Poetra adalah sebuah gabungan bunyi yang sifatnya saling teratur, tidak hanya bersifat normatif, namun juga diakui menjadi sebuah bentuk yang selaras berdasar perhitungan dari para ilmuwan yang concern di bidang fisika.

7. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, musik adalah suatu cabang ilmu atau cabang seni yang digunakan untuk penyusunan nada dan suara dalam suatu urutan tertentu, kombinasi tertentu serta menimbulkan hubungan temporal untuk menghasilkan sebuah komposisi dan susunan yang bersatu dan saling bersinambung.

8. Sylando

Musik ialah suatu perwujudan hidup dari kumpulan ilusi, alunan nada serta lantunan suara. Alunan suara dan nada tersebut mempunyai jiwa yang dapat menggerakan hati bagi yang mendengarnya.

9. Banoe

Musik adalah bidang seni yang mencakup berbagai macam vokal dan alunan nada. Makna musik juga harus dapat dipahami oleh setiap manusia.

10. Lexicographer

Musik ialah bidang ilmu seni tentang ritme dari kumpulan nada, vokal serta instrumen. Musik tersebut juga harus mengandung harmoni dan melodi serta bersifat emosional. Sehingga ungkapan perasaan dan pemikiran dapat dipahami oleh setiap orang yang mendengarnya.

11. Shcopenhauer

Musik adalah suatu melodi yang memanfaatkan kehidupan alam semesta sebagai syairnya. Jadi ungkapan dari perasaan dan pemikiran dapat dipahami setiap orang.

Sejarah Musik

Musik sudah dikenal oleh manusia sejak jaman Homo Sapiens sekitar 180.000 hingga mencapai 100.000 tahun yang lalu. Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti kapan umat manusia mulai mengenal musik ini. dari berbagai macam penemuan di bidang arkeologi, sekitar 180.000 tahun yang lalu sudah ada perubahan evolusi yang dialami oleh otak manusia. dengan kemampuan otak yang semakin baik, maka manusia dapat berpikir lebih maju dan menggunakan imajinasi dan spiritualitasnya.

Maka dari itu, telah tercipta bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Di kehidupannya yang nomaden, manusia purba mendapatkan inspirasi dari tulang kaki kering dari hewan yang diburunya untuk dijadikan makanan untuk kemudian ditiup dan mengeluarkan bunyi bunyian.

Ada juga yang memperoleh inspirasi dari meniup rongga dalam kayu ataupun bambu sehingga banyak dari mereka yang mulai membuat kayu untuk dijadikan suling purba.

Di jaman itu, banyak manusia yang mengekspresikan rasa takut dan bahagianya dengan suara suara tertentu. bahkan banyak dari mereka yang kemudian menciptakan syari, hymne, dan lagu serta senandung sembari diiringi kicauan burung burung di alam bebas.

Bahkan kayu-kayu dan batuan pun turut dipukul sehingga mengeluarkan bunyi yang khas dan menambah keindahan musik ciptaan mereka. Terlebih lagi, kulit dari binatang yang dulu banyak digunakan sebagai pakaian dapat dimanfaatkan untuk menutup rongga kayu sehingga menciptakan alat musik berupa gendang.

Jaman Prasejarah Musik

Pada temuan situs paleolitik, terdapat penemuan tentang musik pra sejarah dimana dalam penemuannya terdapat seruling. Seruling menjadi salah satu alat musik jaman pra sejarah yang banyak digunakan seperti halnya shakuhachi yang terdapat di Jepang.

Terdapat seruling Divje Babe yang dibuat dari tulang paha beruang dari gua yan ditemukan sekitar 40.000 tahun lalu. Di jaman peradaban lembah sungai indus di India, juga ditemukan serulingdan dawai dawai senar. Bahkan daerah tersebut disebut sebagai wilayah dengan tradisi musik tertua di dunia berdasarkan Kitab Weda.

Penemuan terbesar dan tertua dari alat musik di jaman pra sejarah adalah di Cina yang sekarang disebut sebagai Tiongkok pada 7000 dan 6600 sebelum masehi. Lagu lagu hurri disbeut sebagai kumpulan musik yang tertulis dalam sebuah tulisan kuno yang ditemukan dalam situs galian kota Ugarit yang diperhitungkan telah dikenal sejak 1400 sebelum masehi silam.

Unsur-unsur Seni Musik

Seni musik tentunya akan terdengar begitu indah karena terdapat penggabungan berbagai macam unsur musik didalamnya. Adapun unsur unsur dari seni musik tersebut adalah :

1. Melodi

Melodi merupakan serangkaian bunyi dan nada yang ditanggapi berdasarkan nada naik dan turun atau tinggi dan rendah. Melodi terdiri atas durasi, tone, dan pitch. Pitch ini merupakan serangkaian not yang berlambang alphabet A sampai G yang digunakan sebagai warna suara.

Rangkaian not menjadi sebuah melodi dalam jangka waktu tertentu disebut sebagai durasi. Sedangkan not tersebut dapat dihasilkan oleh berbagai macam alat musik dengan warna suaranya masing masing yang biasa dikenal sebagai tone.

2. Ritme atau irama

Merupakan gerakan yang teratur dan juga bersifat mengalir karena terdapat aksen yang tetap. Irama akan menjadi lebih indah karena terdapat suatu aliran jalinan perbedaan nilai dari sebuah satuan bunyi. Ritme sendiri adalah ketukan dasar yang sifatnya teratur bergantung pada variasi gerak yang dipunyai melodi.

3. Birama

Merupakan ayunan atau ketukan yang dilakukan secara berulang dan teratur dalam waktu yang bersamaan. Birama ini biasanya dituliskan dalam bentuk angka pecahan seperti 2/3 atau ¾ atau 2/4. Birama terdiri dari 2 jenis, yaitu birama bainar dan birama ternair. Birama bainar adalah birama yang nilai penyebutnya adalah angka genap, sedangkan birama ternair adalah birama yang angka penyebutnya adalah angka ganjil.

4. Harmoni

Merupakan suatu hal yang berhubungan erat dengan keselarasan bunyi. Harmoni terdiri dari elemen akor dan interval. Elemen akor ini akan bertugas mengiringi melodi lagu sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan enak didengar, sedangkan interval merupakan sususnan nada yang jika dibunyikan akan enak didengar.

5. Tempo

Suatu hal yang erat hubungannya dengan cepat atau lambatnya gerak lagu dan musik. Semakin cepat permaian sebuah musik, maka semakin besar temponya.

Tempo sendiri dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu : (1) tempo lambat yang terdiri dari adagio, largo, lento, dan grave, (2) tempo sedang yang terdiri dari andantino, andante, allegro moderato, dan moderato, (3) tempo cepat yang terdiri dari presto, allegro, vivace, dan allegrato, serta (4) tempo perubahan yang terdiri dari string, rit, ritard, dan accel. Adapun ukuran yang menentukan suatu tempo disebut sebagai beat.

6. Dinamik

Suatu hal yang berkaitan erat dengan lembut kerasnya sebuah lagu berikut segala macam perubahannya. Dinamik dapat dilihat dari 3 bagian dimana dinamik lembut dapat dilihat dari piano, tanda dinamik sedang adalah mezzo piano, sedangkan tanda dinamik keras adalah forte.

7. Tangga nada

Merupakan suatu urutan nada yang disusun berjenjang. Urutan nada yang satu dengan yang lainnya mempunyai suatu jarak tertentu baik itu ½, 1, ataupun 2 yang berkaitan dengan kemungkinan variasi nada sekaligus jenis tangga nadanya.

8. Timbre

Merupakan suatu kualitas bunyi maupun warna bunyi yang dapat digunakan sebagai unsur pembeda. Timbre dari suatu alat musik dapat dipengaruhi dari sumber bunyi sekaligus cara getarnya.

Fungsi Seni Musik

Banyaknya jenis dan tipe seni musik membuat musik mempunyai beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, diantaranya adalah :

1. Sarana Expresi Diri

Musik dapat menjadi sarana atau media bagi musisi dalam mengungkapkan perasaan. Untuk perasaan bahagia, biasanya musisi akan mengungkapkannya dengan irama yang menggebu-gebu dan tempo cepat. Sedangkan ungkapan dari perasaan sedih, musik yang dimainkan mempunyai irama halus dan pelan.

2. Media Komersial

Musik juga merupakan sumber penghasilan dari musisi. Sumber penghasilan tersebut merupakan hasil dari penjualan hasil karya baik dalam bentuk fisik maupun digital. Kontrak kerja dari management perusahaan juga sumber penghasilan. Suatu perusahaan akan menggunakan hasil karya musisi dalam bentuk iklan maupun film.

3. Berkomunikasi

Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang mengandung ritme. Dibalik ritme tersebut mengandung suatu makna dan tujuan tertentu. Baik itu dalam mengungkapkan isi perasaan, sebagai penanda momen atau peristiwa dan lain-lain. Misalnya alunan musik dalam upacara pernikahan.

4. Media Kreativitas

Kreativitas merupakan sebuah hasil pemikiran dari seseorang, khususnya para seniman. Bagi seorang seniman termasuk musisi pasti membutuhkan media sebagai alat untuk mengekspresikan diri dengan kreativitas yang telah diciptakan. Pemikiran dari seniman mempunyai segudang kreativitas yang membuat seni menjadi berwarna.

5. Media Terapi

Alunan musik dapat menenangkan jiwa dan perasaan. Oleh karena itu musik dimanfaatkan dunia medis sebagai alat terapi dan penyembuhan. Seperti waktu operasi akan diperdengarkan alunan musik sehingga pikiran pasien dapat fokus dan hanyut dalam alunan musik dan tidak merasa merasa terganggu oleh proses operasi.

Selain itu musik juga dapat dimanfaatkan sebagai relaksasi otak setelah melakukan rutinitas harian yang melelahkan. Pikiran dan tubuh pun akan pulih dan rasa penat berkurang.

6. Sarana Pendidikan

Musik dimasukkan ke dalam daftar bidang ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah. Hal ini juga dapat memperluas ilmu musik serta meningkatkan kreativitas. Selain itu juga dapat memahami dan menempatkan musik sesuai dengan genre.

7. Pengiring Upacara

Dalam suatu upacara adat, spiritual, kenegaraan, perkahwinan, kematian dan lain-lain, pasti terdapat alunan musik. Alunan musik yang digunakan juga merupakan alunan khas. Suasana dalam upacara pun menjadi lebih khidmat. Misalnya musik gospel.

8. Pengiring Tarian

Seni tari juga tidak dapat terlepas dari alunan musik. Berbagai jenis tari apapun akan menggunakan musik sebagai pengiring. Selain itu juga dapat menjadi tanda serta ritme dalam setiap gerakan tari.

Manfaat Musik Bagi Anak

Selain fungsi musik yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata seni musik mempunyai peranan yang penting dalam menunjang pekembangan dan pertumbuhan seorang anak. Hal ini akan berpengaruh langsung terhadap pengetahuan, keterampilan, sikap, dan pengetahuan dari seorang anak. Dari sisi psikologis, manfaat musik untuk anak adalah :

  1. Membantu anak agar menjadi lebih peka dan tanggap terhadap lingkungan sekitarnya.
  2. Membantu anak agar menjadi lebih percaya diri.
  3. Membantu anak dalam mengembangkan sisi kognitif dan emosionalnya.
  4. Membantu anak dalam menghadapi perkembangan intelektual dan membantu laju perkembangan intelektual seorang anak.
  5. Membantu anak dalam mempengaruhi kesehatan mentalnya.

Jenis Jenis Musik Untuk Terapi

Terdapat beberapa jenis aliran musik yang dapat digunakan untuk terapi, yaitu :

1. Melankolis

Musik bertema melankolis, berguna untuk mengurangi rasa nyeri saat didengar dalam kondisi normal. Sedangkan apabila didengar dalam kondisi sedih, maka dapat mempermudah menahan emosi dan rasa duka dari seseorang.

2. Trance

Musik bertema trance biasanya mengandung ungkapan yang ceria. Maka dari itu, musik ini cocok digunakan sebagai terapi dalam menyembuhkan orang yang mengalami tekanan mental.

3. Melow

Musik bertema melow berguna untuk menurunkan asupan komposisi kimia yang bersemayam dalam otak anda.

4. Ceria

Musik bertema ceria dengan nada dan irama menenangkan mampu memberikan tambahan gairah hidup sehingga berdampak pada terciptanya perasaan positif. Hal ini tentunya berkaitan dengan adanya peningkatan daya kerja dan produktifitas karena semangat telah terbangkitkan.

5. Semangat

Musik bertema semangat dapat memberikan tambahan semangat dan dampak positif bagi kehidupan anda. Musik ini banyak didengarkan oleh anak anak muda.

6. Relaksasi

Musik bertema relaksasi yang lembut dan datar dapat menenangkan emosi dan perasaan sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan kembali segar.

Jenis Genre Musik

Musik mempunyai puluhan genre dengan ciri khas masing – masing, misalnya musik klasik. Namun tidak semua genre musik mencapai puncak kepopuleran dalam masyarakat. Berikut ini jenis – jenis musik populer dalam masyarakat :

1. Blues

Genre dari musik ini umumnya mempunyai konotasi lagu melankolis. Musik ini berkembang pesat di negara Amerika. Umumnya digunakan sebagai pujian dan spiritual.

2. Jazz

Genre musik ini berasal dari Amerika Serikat pada abad ke 60. Ciri khas dari musik ini terletak pada instrumen yang digunakan, meliputi biola, saksofon, piano, bass, gitar, dan terompet. Musisi Indonesia yang beraliran Jazz adalah maliq n d’assencial.

3. Country

Ciri khas dari genre musik ini adalah hampir sebagian instrumen yang digunakan adalah string atau petik. Musik ini juga berasal dari Amerika Serikat. Musisi yang populer dengan genre country adalah Tyler Swift.

4. Metal and rock

Baik musik metal maupun rock mempunyai alunan musik yang keras. Dari kedua genre tersebut juga terbagi ke berbagai macam jenis, seperti numetal, hardmetal, hardcore, slowrock dan lain – lain. Musisi populer dalam genre ini adalah Linkin Park, Bullet For My Valentine dan lain – lain.

5. Raggae dan funk

Ciri khas dari genre musik ini memiliki ritme backbeat dan progresi kord. Alunan musik ini sangat santai.

6. Hip hop dan rnb

Jenis musik ini identik dengan olah vokal rapp. Kepopuleran musik ini tengah mencapai kepopuleran pada masa kini. Perkembangannya pun juga sangat pesat dari negara timur hingga barat.

7. Techno and electronic / electric

Techno dan electric / elektronik merupakan genre musik yang baru dan menggunakan instrumen yang modern. Alat – alat musik modern yang digunakan seperti turntables.

8. Pop

Musik ini merupakan musik yang paling populer di berbagai belahan dunia. Musik ini juga merupakan genre favorit bagi remaja.

9. Dangdut

Genre musik ini berasal dari Indonesia. Jenis musik tersebut merupakan perpaduan antara jenis- jenis musik tradisional dan modern. Musik ini sangat digemari masyarakat Indonesia.

Itulah pengertian lengkap dari seni musik, fungsi dan genre musik. Seiring perkembangannya kepopuleran jenis musik akan mengalami perubahan serta muncul genre – genre baru.

Originally posted 2018-01-14 10:00:04.