Seni Rupa merupakan salah satu keragaman budaya yang dimiliki negara kita, Indonesia. Budaya setiap daerah di nusantara memiliki nilai karya yang tinggi. Maka dari itu, sangat penting untuk dilestarikan.

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk sebuah karya seni menggunakan media nyata. Media yang dimaksud merupakan sesuatu yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini dibuat dengan mengolah beberapa konsep seperti garis bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan yang mengacu pada prinsip estetika.

Berikut pembahasan seni rupa secara jelas dan lengkap.

Definisi Umum Seni Rupa

Definisi atau Pengertian seni rupa merupakan suatu cabang seni yang tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan berkualitas sehingga karya seni yang dihasilkan tersebut dapat dirasakan oleh anggota indra pada tubuh manusia khususnya indra pendengan dan penglihatan.

Sebenarnya Kata seni sendiri merupakan suatu induk yang memiliki beberapa bagian didalamnya yang salah satu bagiannya adalah seni rupa.

Definisi Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berbeda dengan jenis karya seni yang lainnya, seni rupa sendiri lebih mengarah pada keindahan secara visual dibandingkan dengan keindahan lainnya. Kata seni rupa sendiri berasal dari bahasa Inggris fine art yang berari seni rupa murni.

Namun dengan berkembangnya jaman yang semakin modern kata fine artbukan lagi berarti seni rupa murni lagi akan tetapi seni rupa murni yang digabungkan dengan dengan desain yang disajikan secara visual.

Pada umumnya Arti kata seni rupa memiliki pengertian suatu karya dari imajinasi sesorang yang menghasilkan keindahan. Para ahli sendiri , seperti Drs. Rizki Akhmad Zaelani dan William A. Haviland juga mengunggapkan pendapat terkait dengan pengertian seni rupa itu sendiri.

Baca juga : Pengertian Seni Tari, Unsur Utama dan Pendukungnya

1. Drs. Rizki Akhmad

Definisi seni rupa menurut para ahli, yaitu menurut Drs. Rizki Akhmad Zaelani mengatakan bahwa seni berasal dari kata “SANI” yang memiliki arti jiwa luhur atau ketulusan jiwa.

2. William

Sedangakan menurut William A. Haviland yang mengatakan bahwa kesenian merupakan suatu keseluruhan sistem yang melibatkan suatu imajinasi yang menuntut seseorang untuk berpikir kreatif dalam suatu kelompok.

Berdasarkan pendapat dari para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa seni rupa merupakan sebuah karya seni yang dalam proses pembuatannya membutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang tinggi.

Sebenarnya makna seni rupa sendiri dapat diartikan sebagai sebuah karya cipta manusia ,baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Ada berbagai macam jenis, fungsi serta contoh seni rupa yang sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan diuraikan tentang definisi, jenis dan fungsi dari seni rupa.

Jenis-jenis Seni Rupa

Perlu diketahui bahwa seni rupa terbagi menjadi dua macam, yaitu berdasarkan  ukurannya, waktunya dan fungsinya. Jika dilihat berdasarkan ukurannya, yaitu seni rupa 2 dimensi (terdiri dari 2 unsur, yaitu panjang dan lebar), dan seni rupa 3 dimensi (terdiri dari 3 unsur, yaitu panjang, lebar, dan tinggi).

Untuk jenis seni rupa berdasarkan fungsinya terdiri dari seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sedangkan untuk jenis seni rupa yang dilihat berdasarkan waktunya, yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Dalam sebuah karya seni terdapat suatu unsur yang memberikan pengaruh pada hasil dan keindahan yang dimunculkan pada suatu karya. Terdapat beberapa unsur yang mempengaruh baik tidaknya dan bagus tidaknya sebuah karya seni. Berikut ini unsur-unsur yang mempunyai pengaruh terhadap sebuah karya seni

1. Warna

Salah satu faktor atau unsur yang memberikan efek keindahan dalam sebuah karya salah satunya adalah warna. Perlu diketahui bahwa warna memberikan peran yang cukup dominan untuk menciptakan suatu kesan yang menyejukkan saat karya seni tersebut disajikan.

Baca juga : Pengertian Seni Musik, Unsur-Unsur, dan Fungsinya

2. Titik

Selain warna, unsur titik juga ternyata memberikan pengaruh yang besar pada sebuah karya seni. Dalam pembuatannya, unsur titik bisa dilakukan dengan menambah berbagai variasi jarak baik jarak lebar maupun jarak sempitnya.

3. Garis

Unsur Garis merupakan kumpulan dari banyak titik. Garis ini yang kemudian dapat menjad ciri khas sebuah karya seni rupa. Apakah memilih grais lurus, garis lengkung, ataupun garis tidak beraturan. Sifatnya pun beragam, seperti .kaku, lentur, keras dan sebagainya.

4. Bidang

Unsur bidang merupakan kumpulan garis yang dihubungkan atau disatukan. Kumpulan terbut menjadi sebuah bidang. Bidang memiliki beberapa sisi yang membentuk karya senu rupa.

5. Bentuk

Unsur terpenting ketiga adalah bentuk.bentuk sendiri merupakan suatu perwujudan nyata dalam suatu karya. Unsur bentuk terbagi menjadi dua, yaitu formdan shape. Formterdiri dari bentuk bola, piramid, kubus dan masih banyak lagi. Sedangkan shapemerupakan suatu gabungan dari berbagai bidang.

6. Unsur Tekstur

Tekstur sendiri merupakan suatu bidang yang dapat dirasakan dengan cara diraba serta dilihat. Sifat dari unsur tekstur ini terkesan seperti kasar, halus, licin dan kusam. Unsur tekstur sendiri terbagi menjai dua, yaitu tekstur yang bersifat nyata dan tekstur yang bersifat semu. Tekstur nyata memiliki ciri permukaan yang nyata saat dilihat atupun diraba. Sedangakan tekstur semu kebalikan tekstur nyata, yaitu memiliki kesan yang berbeda atau tidak nyata.

7. Ruang

Unsur ruang merupakan unsur yang memiliki dua sifat, yakni nyata dan semu. Ruang dalam karya seni rupa dapat berupa wujud nyata. Sehingga bentuk ruang yang terdapat pada karya seni rupa dapat dijadikan tempat atau ruang untuk benda nyata lainnya.

Namun ruang dapat juga bersifat semu. Artinya, ruang yang terdapat pada karya seni rupa hanya merupakan hasil rekaan seni yang terlihat nyata. Namun tidak dapat memfungsikan diri sebagai sebuah ruang untuk menjadi tempat benda lainnya.

8. Gelap Terang

Unsur terang dan gelap (gelap terang) merupakan unsur yang menjadikan sebuah karya seni dapat dilihat semakin nyata. Suatu objek yang dijadikan sebuah karya sangat diperhatikan intensitas cahaya ketika pengerjaannya.

Macam-Macam Seni Rupa

Macam-macam seni rupa di kelompokkan ke dalam tiga kategori sebagai berikut.

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Macam-macam seni rupa berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

  1. Seni Rupa Murni, merupakan karya seni yang diciptakan hanya untuk dinikmati nilai keindahaannya (estetika) saja. Tanpa dapat didaya-gunakan untuk keperluan hidup sehari-hari seseorang manusia. Contohnya seperti lukisan, foto, film dan patung.
  2. Seni Rupa Terapan, merupakan karya seni yang diciptakan selain untuk dinikmati keindahaannya (estetika) juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Contohnya seperti keramik, perabotan, busana, dan sebagainya.

2. Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

Macam-macam seni rupa berdasarkan wujudnya dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.

  1. Seni Rupa Dua Dimensi, merupakan karya seni rupa yang bisa dilihat dari dua arah saja. ukuran yang dimiliki karya seni dua dimensi adalah panjang dan lebar. Contohnya seperti lukisan, foto, batik, ilustrasi, dan sebagainya.
  2. Seni Rupa Tiga Dimensi, merupakan karya seni rupa yang dapat dilihat dari berbagai arah. Ukuran yang dimiliki karya seni rupa tiga dimensi adalah panjang, lebar, dan tinggi. karya seni rupa ini memiliki volume atau isi. Contohnya seperti patung, seni gerabah (keramik), wayang golek, dan sebagainya.

3. Seni Rupa Berdasarkan Masanya

Macam-macam seni rupa berdasarkan masanya dibagi menjadi tiga, yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern, dan seni rupa kontemporer.

  1. Seni Rupa Tradisional, merupakan karya seni rupa yang ada sejak zaman dahulu. Seni ini memiliki aturan-aturan baku yang diterapakan dalam setiap karya seninya. Sehingga karya seni yang dihasilkan cenderung sama dari generasi ke generasi selanjutnya. Karena aturan yang dibuat digunakan secara turun temurun dan tidak berubah.
  2. Seni Rupa Modern, merupakan pembaharuan dari seni rupa tradisional dengan aturan-aturan yang ditetapakan kian diubah. Perubahan yang terjadi dilakukan menurut kehendak dan tingkat kreativitas seniman. Seni rupa jenis ini tidak membatasi seniman untuk berkreasi dan berinovasi dengan idenya.
  3. Seni Rupa Kontemporer, merupakan karya seni rupa yang tercipta berdasarkan kejadian atau fenomena tertentu pada kondisi waktu tertentu. Karya seni ini disebut dengan seni kekinian yang mengikuti tren atau perkembangan zaman.

Contoh-Contoh Seni Rupa

Seperti yang kita ketahui bahwa seni rupa terbagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa murni dan terapan. Seni rupa murni lebih memfokuskan pada estetika suatu benda sedangkan seni rupa terapan lebih fokus pada nilai guna suatu karya. Ada banyak contoh yang dapat diambil dari fenomena di sekitar kita mengenai wujud aplikasi seni tersebut.

Contoh seni rupa murni antara lain:

  • Kerajinan dari keramik : piring, tembikar dan lain-lain
  • Fotografi: gambar atau foto yang dicetak pada hiasan dinding
  • Patung: patung karakter untuk hiasan rumah, persimpangan jalan, dll.
  • Lukisan: gambaran tangan untuk hiasan dinding
  • Relief: lukisan timbul pada candi
  • Kaligrafi: tulisan indah sebagai hiasan dinding
  • Mosaik, Topeng, dan lain-lain.

Contoh seni rupa terapan antara lain:

Menurut jenisnya contoh seni terapan dapat dilihat sebagai berikut:

  • Seni Arsitektur: bangunan, gedung, dll.
  • Seni Dekorasi: dekorasi panggung untuk sebuah acara, dll.
  • Seni Grafis terapan: gambar grafis sebagai media komunikasi visual
  • Seni Ilustrasi: gambar-gambar di buku fiksi maupun nonfiksi
  • Seni Kriya Terapan: karya seni yang sering digunakan sehari-hari

Sedangkan untuk contoh umum yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari contohnya sperti anyaman, batik, keramik, logam, kerajinan kulit, ukiran batu, ukiran kayu, dan lain sebagainya.

Fungsi-Fungsi Seni Rupa

Suatu karya seni yang diciptakan pastinya memiliki fungsi yang mana Selain untuk keindahan juga dapat memberikan manfaat untuk orang-orang yang memiliki kepentingan. Berikut ini akan diuraikan beberapa fungsi seni rupa dalam kehidupan sehari-hari.

1. Sarana Komunikasi

Seperti yang diketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa melakukan sesuatu sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain dalam setiap aktifitasnya. Melalui seni rupa sesorang bisa melakukan komunikasi untuk menyampaikan pesan yang ingin diutarakan.

Baca juga : Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli, Jenis dan Sejarahnya

2. Sarana Edukasi

Selain sebagai sarana komunikasi, seni rupa juga memiliki fungsi sebagai sarana edukasi, seperti sebagai saran pemberi dan penyedia informasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Sarana Pemenuhan Kebutuhan Emosional

Perlu diketahui bahwa seni merupakan salah satu jenis media yang telah terbukti dapat membantu menuhi kebutuhan emosional manusia. Manusia memiliki berbagai macam perasaan, seperi marah, sedih, senang, malu, malas dan masih banyak lagi.

Dengan adanya berbagai macam perasaan tersebut, maka setiap orang membutuhkan hiburan yang tujuan untuk memperbaiki kondisi perasaan yang kurang baik. Banyak sekali hiburan yang bisa ditemui dari pertunjukan seni rupa, seperti pameran seni, teater, video dan lain-lain.

Dalam proses penciptaan karya seni selalu ada proses memanfaatkan budi dan akal. Demikian juga dalam penciptaan karya seni rupa. Karya seni rupa diciptakan melalui pemanfaatan budi dan akal secara maksimal dapat menghasilkan karya yang mampu menyentuh jiwa spiritual manusia. Terdapat dua fungsi seni rupa bagi manusia sebagai berikut.

a. Fungsi individu

Manusia terdiri dari unsur fisik, (jasmani) dan psikis/emosional (rohani). Salah satu unsur psikis adalah adanya emosi, maka ada dua macam fungsi dari individual. Yakni untuk bermanfaat atau dapat digunakan secara fisiknya. Biasanya banyak didapatkan dari seni terapan, seperti perabot rumah tangga, busana, alat tarnsportasi, dan rumah. diri dari segi fisik, dan eksistensi diri dari segi psikis.

Fungsi psikisnya terletak biasanya terdapat pada seni rupamurni, seperti lukisan atau dekorasi. Karya seni rupa berfungsi sebagai pemuas psikis atau emosional seorang manusia. Hanya dengan menikmatinya, karya seni rupa dapat membuat psikis seseorang nyaman atau terpesona. Fungsi ini berlaku untuk seniman (pembuat seni rupa) dan penikmatnya.

b. Fungsi sosial

Artinya seni rupa dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Contohnya adalah karya seni dalam bidang rekreasi, seperti pameran, karya seni bidang rohani untuk acara-acara keagamaan, dan karya seni bidang komunikasi seperti iklan, brosur, dan baliho.

Jenis-Jenis Seni Rupa

1. Murni

Seni rupa murni adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

2. Desain

Seni Desain disebut juga seni rancangan. Merupakan cabang seni rupa terapan yang mempelajari cara pembuatan desain atau rancangan benda atau bagian bangunan dengan mempertimbangkan aspek keindahan (estetika). Selain itu juga kekuatan (konstruktif), kenyamanan (comfortable), dan keamanan (security).Ada beberapa cabang seni desain, yaitu desain tekstil, desain furnitur, desain grafis/komunikasi visual, desain interior dan desain produk industri.

3. Kriya

Seni kriya atau seni kerajinanmerupakan cabang seni rupayang sangat memerlukan kekriyaan (kepandai dan kecakapan) tinggi. Seni kriya antara lain berupa ukir kayu, ukir logam, keramik, anyaman, tenunan, dan batik.

Kata kriya atau kria berasal dari creat,Bahasa Sansekerta yang berarti kerja. Dalam Bahasa Inggris menjadicraftyang berarti keahlian, kecerdikan, atau pekerjaan tukang.Seni kriya terbagi lagi menjadi beberapa jenis seni, yaitu seni kriya tekstil, seni kriya kulit, seni kriya logam, seni kriyakayu, seni kriya keramik, dan seni kriya bamboo.

Itu tadi beberapa uraian tentang pengertian, jenis-jenis, fungsi hingga unsur-unsur yang sering digunakan dalam membuat sebuah karya seni yang berkualitas dan indah Semoga sedikit uraian tersebut dapat memberikan informasi dan pengetahuan terkait dengan pengertian seni rupa yang mungkin masih belum Anda ketahui sebelumnya.

Originally posted 2018-08-05 04:28:27.