Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus

Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus sebenarnya sangat beragam, dengan beragam perlombaan yang bisa kamu pilih.

Namun sebelum menuju ke contoh proposal, sebaiknya kamu harus paham apa yang dimaksud dengan proposal terlebih dahulu.

Proposal merupakan sebuah rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja. Biasanya proposal disusun untuk mengajukan permohonan izin maupun dana bantuan dari sponsor.

Dimana proposal ini nantinya akan menjadi sebuah kerja sama, antara pihak yang mengajukan dan pihak pemberi bantuan.

Sehingga dapat dipastikan jika proposal dibuat sebelum kegiatan dilaksanakan. Bahkan dalam penulisan proposal kamu harus memperhatikan dengan benar bahasa, struktur dan urutan penulisannya.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara menulis proposal yang benar, sebaiknya perhatikan dengan saksama contoh proposal kegiatan berikut ini.

Judul Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus

PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN HUT
KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE-74
DENGAN TEMA AKSI KEMERDEKAAN KE-74 SMKN 1 POGALAN

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam rangka memeriahkan dan mengingat datangnya hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. SMKN 1 Pogalan akan menggelar berbagai kegiatan lomba dengan tema “Aksi Kemerdekaan ke-74”.

Dimana penyelenggaraan kegiatan perlombaan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah SMKN 1 Pogalan. Untuk menyukseskan kegiatan perlombaan ini, maka kami selaku panitia dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah mengharapkan bantuan dan dukungan kepada pihak sekolah. Untuk bersedia menyetujui rencana kegiatan perlombaan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

B. Maksud dan Tujuan

  1. Maksud diadakannya kegiatan ini yaitu bentuk rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, serta semangat untuk memeriahkan dan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 pada tanggal 17 Agustus 2019.
  2. Tujuan dari kegiatan ini digelar adalah sebagai berikut:
  3. Untuk menciptakan semangat dalam berjuang meraih kemenangan antara siswa-siswi dan warga sekolah SMKN 1 Pogalan.
  4. Untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama siswa-siswa dan seluruh warga sekolah SMKN 1 Pogalan.
  5. Untuk menciptakan jiwa sportivitas dalam perlombaan pada siswa-siswa dan seluruh warga sekolah SMKN 1 Pogalan.
  6. Untuk menciptakan rasa nasionalisme pada siswa-siswi dan seluruh warga sekolah SMKN 1 Pogalan.

BAB II ISI PROPOSAL

A. Tema Kegiatan

Kegiatan ini mengusung tema “Aksi Kemerdekaan ke-71”. Bermaksud untuk menunjukkan sikap dan perilaku berjuang dalam meraih kemenangan. Antara siswa siswi bersama seluruh warga sekolah SMKN 1 Pogalan, dengan didasari sikap sportif perlombaan ini digelar.

B. Peserta

Dalam kegiatan ini diikuti oleh siswa dan seluruh warga sekolah SMKN 1 Pogalan.

C. Waktu dan Tempat Kegiatan

  • Waktu : Sabtu, 18 Agustus 2019
  • Pukul : 08.00 WIB hingga selesai
  • Tempat : Lapangan basket dan voly SMKN 1 Pogalan
  • Peserta : Seluruh siswa siswi dan warga sekolah SMKN 1 Pogalan.

D. Macam-macam Kegiatan

Adapun beberapa perlombaan dalam kegiatan ini yaitu:

  1. Lomba makan kerupuk
  2. Lomba tarik tambang
  3. Lomba balap karung
  4. Lomba mengambil koin dalam air
  5. Lomba joget kelereng
  6. Lomba memasukkan paku ke botol
  7. Lomba voly menggunakan sarung
  8. Lomba futsal terong

E. Susunan Kepanitiaan

  • Pembina : Drs. Ir Wiyoko Kusumo (Kepala Sekolah SMKN 1 Pogalan)
  • Ketua : Putra Robby
  • Sekretaris : Dwi Septian
  • Bendahara : Ahmad Yusuf
  • Seksi Acara : Bagus Prakoso
  • Seksi Umum : Agus Cahyono
  • Seksi Dokumentasi : Dimas Anggara
  • Seksi Lomba : Retno Wulan
  • Seksi Peralatan : Arum Wulaningsih

F. Estimasi Biaya

Berikut beberapa rincian dana yang dikeluarkan dalam kegiatan perlombaan dalam rangka HUT RI ke-74 adalah:

  1. Plastik: Rp5.000
  2. Kerupuk: Rp30.000
  3. Sedotan: Rp10.000
  4. Pepaya: Rp30.000
  5. Terong: Rp30.000
  6. Kelereng: Rp20.000
  7. Pewarna: Rp20.000
  8. Sewa tambang: Rp30.000
  9. Paku: Rp5.000
  10. Karung : Rp25.000
  11. Konsumsi: Rp500.000

Total : Rp705.000

BAB IV PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat. Besar harapan kami untuk mendapatkan dukungan dan partisipasi pihak sekolah.

Semoga dengan adanya acara ini dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 SMKN 1 Pogalan dengan tema “Aksi Kemerdekaan ke-74”. Dapat terlaksana dan berjalan dengan baik seperti halnya yang kami harapkan.

Terima kasih atas perhatian dan dukungannya, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Sukanada, 23 oktober 2019
Mengetahui

Wakasek Kesiswaan

ttd

Tomi Kurniawan, S. Pd

Pembina Osis

ttd

Indah Sulistiorini, S.Pd.

Kepala SMKN 1 POGALAN

ttd


Drs. Ir. Wiyoko Kusumo.

 

Umumnya contoh proposal kegiatan 17 Agustus ini disusun untuk memperoleh persetujuan dari pihak lain.

Selain itu penyusunan proposal juga digunakan untuk keperluan permohonan dana bantuan yang nantinya akan menjadi sebuah kerja sama.

Kerja sama antara pihak yang mengajukan proposal dan pihak yang memberi bantuan, untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Dengan demikian proposal juga dapat disebut sebagai rencana kegiatan yang dituangkan ke dalam bentuk sebuah rancangan kerja.

Dimana proposal akan dibuat sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, baik untuk mendapatkan izin maupun mencari sponsor acara. Jika kamu berencana membuat proposal kegiatan 17 agustus, sebaiknya langsung saja simak informasi lebih lengkap pada ulasan berikut ini.

Download Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus

Download DOC | Download PDF

Struktur Teks Laporan Kegiatan 17 Agustus

Memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus dengan melakukan berbagai kegiatan yang menarik pastinya sangat menyenangkan. Apalagi jika kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan meriah.

Oleh karena itu, kamu wajib menyusun proposal kegiatan terlebih dahulu, agar kegiatan 17 Agustus dapat berjalan lancar dan meriah. Berikut struktur contoh proposal kegiatan 17 Agustus yang wajib kamu ketahui.

1. Nama Kegiatan

Struktur pertama dalam penyusunan proposal adalah menentukan nama kegiatan. Di sini kamu bisa membuat nama kegiatan semenarik mungkin, agar dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca.

Dalam pembuatan nama kegiatan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut yaitu harus sesuai dengan topik kegiatan, singkat, padat, jelas dan diungkapkan dalam bentuk frasa.

2. Pendahuluan

Untuk struktur penyusunan proposal kegiatan kedua adalah pendahuluan. Dalam bagian ini kamu bisa mencantumkan alasan mengapa kegiatan 17 agustus harus dilakukan. Jadi kamu bisa menunjukkan begitu pentingnya pelaksanaan kegiatan 17 agustus ini.

3. Tujuan

Selanjutnya struktur penyusunan proposal ketiga yaitu tujuan, dimana kamu harus bisa menjelaskan dari tujuan mengadakan kegiatan ini. Di sini tujuan berfungsi untuk mengarahkan dan memfokuskan aktivitas yang akan dilaksanakan.

4. Sasaran

Struktur keempat adalah kamu harus menentukan sasaran kegiatan ini. Dimana bagian ini berisi tentang lembaga, personil, organisasi maupun kelompok masyarakat tertentu yang akan menjadi peserta dari kegiatan.

5. Jadwal

Untuk struktur kelima penyusunan proposal kegiatan adalah menentukan jadwal kegiatan. Tentunya jadwal akan memuat waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan. Dalam penyusunan jadwal kegiatan sangat disarankan lebih rinci, agar mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca.

6. Susunan Acara

Selanjutnya struktur keenam dalam penyusunan proposal adalah membuat susunan acara. Pada bagian ini kamu harus menjelaskan secara rinci susunan acara yang sudah dibuat.

7. Kepanitiaan

Struktur penyusunan proposal kegiatan ketujuh adalah menyusun kepanitian kegiatan. Di bagian ini kamu harus menyebutkan tentang susunan panitia yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan ini.

8. Anggaran

Untuk struktur penyusunan proposal kedelapan adalah membuat dan menyusun anggaran kegiatan. Rincian biaya penyelenggaraan kegiatan wajib kamu cantumkan menggunakan perhitungan secara logis dan realistis.

Biasanya pembiayaan yang dibuat akan menjadi pertimbangan para donatur. Anggaran biaya sendiri dapat dibedakan menjadi tiga yaitu persiapan, operasional dan laporan.

9. Penutup

Selanjutnya struktur penyusunan proposal terakhir adalah bagian penutup. Biasanya bagian ini menjadi rayuan terakhir penyusun proposal kepada pembaca untuk menentukan diterima tidaknya sebuah proposal.

10. Rincian Acara 17 Agustus

Dalam penyusunan proposal terdapat susunan acara yang akan dilaksanakan dalam memeriahkan kegiatan tersebut. Apabila kamu ingin membuat proposal kegiatan 17 agustus, namun masih belum mengetahui gambaran mengenai susunan acara yang akan dilaksanakan.

Berikut ini terdapat beberapa rincian acara 17 agustus yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat proposal. Diantaranya fourthon, lomba makan kerupuk, marathon, tusuk balon, bola terung, ambul koin dalam pepaya, tarik tambang baik anak-anak, ibu-ibu maupun bapak-bapak.

Selain itu kamu juga bisa mengusulkan balap karung, ambil kacang hijau dalam tepung pakai sumpit dan kursi joget. Bahkan yang paling seru dari beberapa lomba lainnya yaitu panjat pinang, memasukkan jarum pada benang dan main bola pakai daster.

Nah itu tadi ulasan mengenai contoh proposal kegiatan 17 Agustus dan struktur penyusunannya yang benar. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu kamu para pemula dalam menyusun proposal kegiatan.

Leave a Comment