Pengertian Adminisitrasi

3 min read

Pengertian administrasi terbagi menjadi dua, yaitu pengertian dalam arti sempit dan luas. Dalam arti sempit, administrasi didefinisikan sebagai kegiatan menyusun dan menyatat.

Sedangkan dalam arti luas, administrasi merupakan sekelompok orang yang bekerja sama yang masing – masing mempunyai tugas tersendiri sesuai dengan struktur yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efesien.

Arti Administrasi Menurut Para Ahli

Kata administrasi sendiri berasal dari bahasa yunani ” administrare ” yang mempunyai arti mengabdi atau melayani. Sedangkan definisi administrasi menurut para ahli adalah :

a. Arthur Grager

Menurut Arthur administrasi merupakan fungsi dari tata penyelenggaraan terhadap pelayanan dan komunikasi  warkat dari suatu organisasi.

b. George Terry

Menurut George administrasi merupakan pengendalian, perencanaan dan pengorganisasikan suatu pekerjaan perkantoran yang dilaksanakan supaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Baca juga : Pengertian Budaya Politik dan Tipe-Tipenya

c. Sondang P Siahaan

Arti kata administrasi menurut Sondang merupakan proses kerja sama antar dua orang atau lebih yang sesuai dengan apa yang menjadi dasar atas rasionalitas untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

d. William Leffingwell dan Edwin Robinson

Menurut william dan edwin administrasi merupakan cabang dari ilmu managemen yang berkenan untuk melaksanakan perkerjaan di suatu kantor dengan efesien, kapan dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

e. Ulbert

Makna administrasi menurut Ulbert secara sempit atau yang dikenal dengan istilah tata usaha ialah suatu penyusunan dan pencataan data meupun informasi dengen sistematis internal ataupun eksternal yang bertujuan menyediakan suatu keterangan yang memudahkan dalam memperoleh kembali keterangan tersebut baik secara menyesuluh atau hanya sebagian.

f. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) administrasi merupakan suatu usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara – cara pengelenggaraan pembinaan suatu organisasi.

Jenis-Jenis Administrasi di Berbagai Bidang

Administrasi yang merupakan cabang dari ilmu managemen terbagi ke dalam beberapa jenis. Pembagian tersebut terbagi atas fungsi, tujuan, bidang adanya suatu administrasi. Inilah jenis – jenis adminitrasi :

a. Administrasi publik atau administrasi negara

Administrasi ini membahas ilmu sosial yang menyangkup 3 elemen lembaga kenegaraan, yaitu legislatif, yudikatif dan eksekutif yang berhubungan langsung dengan publik yang meliputi kebijakan managemen pembangunan akan tujuan negara untuk mengatur mengeyelenggaran sesuai dengan etika.

Baca juga : Pengertian Manajemen Menurut Ahli, Jenis, Fungsi, Contoh

b. Administrasi lingkungan hidup

Administrasi lingkungan hidup merupakan proses kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan serta tidak mengesampingkan kualitas manusia dan lingkungan.

c. Administrasi pembangunan


Pengertian administrasi pembangunan adalah proses pengendalian usaha yang dilakukan oleh pemerintah atau instansi untuk mewujudkan pdrtumbuhan sesuai dengan rencana yang telah diarahkan serta dalam sudut pandang tertentu dianggap yang terbaik bagi kemajuan dan perkembangan aspek kehidupan.

d. Administrasi pendidikan

Definisi administrasi pendidikan merupakan proses kerja sama yang bertujuan untuk mencapai pendidikan dengan memperhatikan hubungan antara komponen pendidikan sehingga mampu memperbaiki sistem pendidikan dengan memanfaatkan perangkat ataupun teknologi yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

e. Administrasi perkantoran

Definisi dari administrasi perkantoran adalah suatu kegiatan pengelolaan data serta informasi untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut yang dilakukan dengan teratur dan sistematik sesuai dengan kegiatan organisasi tersebut.

Dari 5 buah jenis administrasi diatas, yang paling banyak dijumpai adalah administrasi perkantoran. Hal ini disebabkan banyaknya perusahan yang kapasitasnya melebihi dari jumlah instasi pendidikan, organisasi masyarakat serta kepemerintahan. Administrasi perkantoran ini juga bermanfaat bagi bisnis rumahan, supaya bisnis menjadi leboh terarut dan terarah.

Pembahasan Singkat Mengenai Administrasi Perkantoran

Di dalam administrasi perkantoran terdapat beberapa bidang yang dipertimbangkan. Hal tersebut meliputi ruang lingkup, fungsi dan tujuan dari suatu administrasi perkantoran.

Baca juga : Pengertian Akuntansi Menurut Ahli & KBBI, Contoh, Jenis dan Sejarahnya

Tujuan Administrasi Perkantoran

Tujuan dari administrasi perkantoran dibagi kedalam 3 buah tujuan , yaitu teknis, ekonomi serta psikologis.

  1. Teknis
    Secara teknis, administrasi perkantoran harus berguna dan bermanfaan di dalam suatu kegiatan organisasi.
  2. Ekonomis
    Untuk ekonomis, sebuah administrasi perkantoran harus menyusun segala sesuatu bida’g usaha supaya menghasilkan biaya yang pantas dan sesuai, dalam arti tidak terlalu mahal dan murah.
  3. Psikologis
    Dalam tujuan psikologis, proses dari administrasi perkantoran harus sistematik, efeltif dan efisien supaya mendapat hasil yang memuaskan.

Sedangkan tujuan dari administrasi secara lengkap, antara lain sebagai berikut ini :

  1. Memberi segala keterangan dengan lengkap untuk pihak yang membutuhkan sebagai pelaksanaan dari tugas suatu organisasi seczra efisien dan efektif.
  2. Memberi laporan dan catatan tentang biaya yang sesuai dan bermanfaat.
  3. Membatu organisasi atau perusahaan untuk memelihara serta memenuhi kebutuhan dari perusahaan atau organisasi tersebut.
  4. Memberi pelayanan secara efektif untuk rekan kerja ataupun target pemasaran dengan cermat dan teliti.
  5. Membuat sebuah catatan yang lengkap, relevan, terbaru dan akurat, serta bisa dipertanggungjawabkan.

Fungsi Administrasi Perkantoran

Di dalam suatu perusahaan, institute ataupun organisasi pasti terdapat bagian yang mengurus segala hal tentang administrasi. Makna administrasi di dalam suatu perusahaan bukan hanya sekedar mengurus segala hal tentang keuangan dan arsip semata. Namun fungsi dari administrasi perkantoran secara lengkap dan detail yaitu :

  • Merencanakan seluruh proses dalam rangka untuk menentukan pekerjaan atau kegiatan berikutnya, seperti pemeliharaan peralatan dan ruang perkantoran.
  • Mengorganisir seluruh komponen peralatan perkantoran.
  • Bertanggung jawab untuk menciptakan sebuah organisasi yang bisa digerakkan dalam rangka mencai tujuan sesuai dengan apa yang telah diharapkan.
  • Menggerakkan serta memberi dorongan yang bersifat positif dengan motif kerja tulus dan loyal untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan.
  • Memberi fasilitas yang dibutuhkan sebagai penunjang kerja supaya dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Mengawasi dan mengamati pelaksanaan pekerjaan supaya dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya.

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

Ruang lingkup dari administrasi perkantoran terdiri dari beberapa bidang seperti di bawah ini :

Aktifitas area perkantoran

Ruang lingkup dari aktifitas administrasi perkantoran meliputi perencaan, pengorganisasian dan pengamatan. Untuk aktifitas dari perencanaan, tugas dari administrasi adalah mengelola dan seluruh peralatan perkantoran, ruangan hingga anggaran yang dibutuhkan. Sehingga administrasi mempunyai tanggung jawab penuh dalam pelaksanaan segala bidang pekerjaan tanpa terkecuali.

Baca juga : Pengertian Bisnis, Manfaat, Tujuan dan Jenis-Jenisnya

Untuk ruang lingkup dari pengorganisasian administrasi berhubungan dengan fungsi dari pelaksaan pekerjaan. Sehingga bagian administrasi harus mengetahui tugas dari masing – masing bagian serta mengatur bagian tersebit agar pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Hal yang harus mendapat pengawasan maksimal ialah anggaran, dokomentasi, metode kerja, pelayanan hingga kualitas dari seluruh komponen yang ada. Itulah ruang lingkup dari pengawasan administrasi perkantoran. Selain itu juga harus memperhatikan nilai estetika dan kerapian dari ruang, gedung dan peralatan perkantoran. Hal ini bertujuan untuk membuat suasana kerja menjadi sangat nyaman.

Jadi pengertian administrasi perkantoran secara singkat adalah untuk memfasilitasi dan menjaga kebutuhan perkantoran serta bertanggung jawab penuh dalam kelancaran pelaksaan perkerjaan. Pengertian tersebut juga menjadi dasar dari tugas administrasi. Walaupun tugas dari administrasi cukup simple, namun jika di dalam suatu organisasi atau perusahaan tidak terdapat bagian administrasi pasti pelaksaan dari pekerjaan agak sedikit terhambat.

Originally posted 2018-08-05 05:26:02.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *