Definisi Umum Akuntansi

Pengertian Akuntansi adalah proses mencatat dan mengkomunikasikan informasi tentang transaksi keuangan secara sistematis. Lebih detail, akuntansi adalah metode untuk mencatat transaksi, menyimpan catatan keuangan, melakukan audit internal, melaporkan dan menganalisis informasi keuangan kepada manajemen, serta memberi nasihat tentang hal-hal perpajakan.

Akuntansi juga bisa diartikan sebagai memberikan informasi tentang sumber daya yang tersedia untuk perusahaan. sarana yang digunakan untuk membiayai sumber daya tersebut, dan hasil yang dicapai.

Pengertian Akuntansi  menurut Ahli

Sementara definisi akuntansi menurut tokoh-tokoh yang sudah ahli di bidangnya adalah :

1. American Institute of Certified Public Accountants

Arti kata akuntansi adalah melakukan pencatatan, meringkas, mengelompokkan transaksi keuangan dengan cara tertentu serta menyimpulan hasil-hasil ringkasannya, pencatatannya dan pengelompokkan transaksinya

2. Accounting Principles Board (APB)

Pengertian akuntansi menurut para ahli yang tergabung dalam APB  adalah suatu kegiatan jasa. Fungsi dari akuntansi adalah menyajikan informasi keuangan dari lembaga di bidang ekonomi. Informasi yang diberikan ini bertujuan agar bisa memberikan pengambilan keputusan ekonomis yang bijak.

Baca juga : Pengertian Sepak Bola, Tujuan, Manfaat, dan Tekniknya

3. George A. Mac Farland

Makna akuntansi yang sebenarnya yaitu seseorang yang mencatat, menggolongkan dan menyajika  informasi data keuangan perusahaan secara sistematis.

Contoh-contoh Kerja Akuntansi

Akuntansi adalah metode pembukuan double-entry yang melibatkan setidaknya dua entri rekaman untuk setiap transaksi: debit dalam satu akun dan kredit di akun lain. Metode ini membantu untuk mencegah kesalahan karena jumlah debit harus sama dengan jumlah kredit.

Tiga laporan keuangan utama yang dihasilkan oleh akuntansi adalah laporan laba rugi, neraca, dan laporan cash flow.

Akuntansi dapat dilakukan secara tunai atau atas dasar akrual. Akuntansi kas mencatat arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar pada periode terjadinya. Pembukuan akrual mencatat pendapatan dan pengeluaran dalam satu periode. Keuangan dapat diatribusikan ketika pembayaran tunai datang dan pergi.

Contohnya adalah cek yang ditulis pada bulan April untuk keuntungan bulan Maret akan muncul sebagai biaya Maret di bawah metode akrual dan sebagai biaya April di bawah metode tunai.

Jenis-jenis Akuntansi

Ada dua jenis akuntansi, yaitu akuntansi keuangan dan manjerial. Pengertian akuntansi keuangan adalah pencatatan dan penginformasian keuangan dengan prinsip-prinsip akuntansi.

Sementara akuntansi manajerial adalah pencatatan dan penginformasian keuangan yang mungkin tidak sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi. Bidang khusus akuntansi untuk jenis manajerial sendiri ada akuntansi pajak, akuntansi minyak dan gas, atau akuntansi forensik.

Baca juga : Pengertian Pelanggaran HAM dan Contohnya di Indonesia

Adapun untuk pengguna informasi akuntansi, ada dua jenis yaitu pengguna internal dan pengguna eksternal. Pengguna internal adalah seorang manajer perusahaan yang menggunakan informasi akuntansi untuk memutuskan bagaimana ia dan mengendalikan operasi pada basis harian dan jangka panjang.

Pengguna eksternal adalah investor potensial, kreditor, analis, penasihat keuangan, pihak berwenang, serikat pekerja, dan masyarakat umum. Mereka menggunakan informasi akuntansi untuk membuat berbagai keputusan tentang apakah akan membeli, menahan, menjual, meminjamkan, melanjutkan hubungan, atau membuat kesepakatan.

Sejarah Akuntansi di Dunia

Akuntansi telah ada sejak ribuan tahun yang lalu pada zaman peradaban kuno. Perkembangan awal akuntansi berkaitan erat dengan perkembangan dalam menulis dan menghitung uang. Kemudian sistem audit awal dikembangkan pada zaman Mesir kuno dan Babel. Kemudian pada masa Kekaisaran Romawi, pemerintah memiliki akses ke informasi keuangan yang

Di India, ada seorang tokoh akuntan bernama Chanakya yang menulis sebuah manuskrip mirip dengan buku manajemen keuangan, selama periode Kekaisaran Mauryan. Bukunya berjudul “Arthashasthra”, buku tersebut berisi beberapa aspek terperinci dalam memelihara pembukuan rekening untuk.

Sementara perkembangan profesi akuntan sendiri digagas oleh negara Skotlandia pada abad kesembilan belas. Akuntan sering menjadi anggota asosiasi yang sama dengan pengacara, yang sering menawarkan jasa akuntansi kepada klien mereka.

Akuntansi modern awal memiliki kesamaan dengan akuntansi hari ini. Akuntansi mulai bertransisi menjadi profesi yang terorganisasi pada abad kesembilan belas dengan badan-badan profesional lokal di Inggris bergabung untuk membentuk Institute of Chartered Accountants di Inggris dan Wales pada tahun 1880.

Catatan akuntansi awal lainnya juga ditemukan di reruntuhan Babel kuno, Asyur dan Sumeria, yang sudah ada sejak lebih dari 7.000 tahun. Orang-orang pada masa itu mengandalkan metode akuntansi primitif untuk mencatat pertumbuhan tanaman dan ternak.

Kelebihan dan Kekuangan Bekerja di Bidang Akuntasi

Salah satu kelebihan akuntansi adalah adanya sebuah transparansi. Salah satu keuntungan menggunakan standar akuntansi adalah bisa mengetahui laporan keuangan. Standar akuntansi mewakili proses yang diperlukan untuk transparansi sebuah bisnis. Pengguna laporan keuangan mengharapkan perusahaan untuk mengikuti standar akuntansi yang diterbitkan saat membuat laporan keuangan.

Baca juga : Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM), Macam, Pelanggaran, Lengkap

Namun kerugian menggunakan standar akuntansi adalah tidak fleksibel karena perusahaan harus mematuhi standar yang ditetapkan. Setiap perusahaan menghadapi pengalaman yang berbeda. Akuntan harus membuat solusi-solusi yang tepat ketika terjadi permasalahan namun tetap disesuaikan dengan pedoman standar akuntansi yang diterbitkan.

Kelebihan kerja Menjadi Akuntan

Lalu, kelebihan dan kekurangan seorang akuntan itu sendiri bagaimana? Kelebihan berkarir menjadi seorang akuntan adalah :

1. Banyak peluang kerja

Hampir setiap organisasi dan bisnis membutuhkan akuntan. Akuntan memainkan peran penting dalam menjaga anggaran bisnis. Jadi selama ada bisnis, maka akan selalu membutuhkan akuntan.

2. Profesi yang jelas

Akuntan mana pun tahu bahwa masa depan karir sudah tampak jelas sejak kuliah. Jika Anda mencari jalur karier yang jelas tanpa bingung mau jadi apa ketika sudah lulus, maka akuntansi dapat menjadi pilihan yang sempurna.

3. Gaji tinggi

Gaji tahunan rata-rata untuk seorang akuntan bisa lebih menjadi 5 juta per bulan. Seseorang di bidang akuntansi biasanya mendapatkan lebih banyak jika dia disertifikasi atau dipekerjakan oleh perusahaan accounting besar. Selain itu, setelah lulus, fresh graduate dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi pada tahun pertama dibandingkan dengan mahasiswa dari jurusan lain. Akuntan  dianggap sebagai salah satu dari 10 profesi dengan gaji tertinggi bagi wanita.

4. Posisi stabil

Akuntan merupakan sebuah pekerjaan dengan karier yang stabil bahkan ketika ekonomi mengalami fluktuasi. Sebagaimana dinyatakan di atas, setiap bisnis membutuhkan akuntan, jadi sebagian besar akuntan tidak perlu khawatir tentang kemerosotan ekonomi.

5. Fleksibilitas memilih perusahaan

Ada banyak fleksibilitas ketika Anda memilih posisi akuntansi. Karena setiap perusahaan membutuhkan akuntan, Anda dapat memilih dari bidang apa pun dan perusahaan tempat Anda tertarik.

Kekurangan Kerja Menjadi Akuntan

Sementara kekurangan bekerja menjadi seorang akuntan adalah :

1. Membosankan

Jika Anda adalah orang yang suka rutinitas, dan peraturan, kebiasaan bekerja di bidang akuntansi menjadi hal yang biasa. Namun, jika Anda adalah orang yang kreatif, dan tidak menyukai pekerjaan yang monoton setiap harinya, maka bisa jadi akuntan adalah pekerjaan yang membosankan.

2. Kerja lembur

Bersiaplah untuk bekerja lembur jika Anda ingin menjadi seorang akuntan. Jam panjang sering disebut sebagai salah satu kelemahan pekerjaan akuntansi bergaji tinggi

Baca juga : Pengertian Ilmu Ekonomi, Ruang Lingkup, Jenis-Jenis

3. Stres yang lebih tinggi

Akuntansi bisa membuat Anda jauh lebih stres dari pekerjaan lainnya. Akibatnya, seorang akuntan akan menemukan bahwa beban kerja yang lebih berat akan menyulitkan untuk menyeimbangkan pekerjaan sehari-hari yang saling bersaing dan masalah kehidupan.

Seperti itulah pengertian akuntansi dan kelebihan serta kekurangannya berkarir di bidang akuntansi. Semoga bemanfaat.

Originally posted 2018-08-04 13:13:41.