Pengertian Sepak Bola

4 min read

Pengertian Sepak Bola

Definisi Umum Sepakbola

Pengertian sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang berobjek bola dan dimainkan oleh dua buah tim beranggotakan masing masing 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan yang duduk dibangku cadangan.

Memasuki abad ke-21, olahraga sepak bola telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang dan menjadi salah satu cabang olahrgaa yang populer dan digemari di seluruh penjuru dunia.

Pengertian sepak bola menurut ahli yaitu Agus Salim, seorang ahli, sepak bola adalah jenis olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan mencetak gol ataupun skor sebanyak mungkin dan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Olahraga sepak bola ini sudah banyak dimainkan sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di daerah Tiongkok atau Cina. Pada masa Dinasti Han, masyarakat biasanya menggiring bola kulit dengan menendangnya ke dalam jaring kecil. permainan serupa juga banyak ditemui di Jepang yang disebut sebagai Kemari.

Di belahan bumi lainyya, khususnya Italia, permainan menendang dan membawa bola kesana kemari ini baru digemari pada abad ke-16. Sedangkan sepak bola modern sendiri baru berkembang di Inggris pertama kali dengan diikuti penentuan berbagai macam peraturan dasar yang berdampak pada banyak orang yang mulai memfavoritkannya karena dianggap seru dan menarik.

Cristiano Ronaldo, Sebagai Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Dalam beberapa kompetisi, olahraga sepak bola ini menimbulkan reaksi keras karena menimbulkan kekerasan diantara masyarakat hingga sampat dilarang pada tahun 1935-an oleh Raja Edward III. Begitu juga dengan Raja James I dari Skotlandia yang mendukung larangan bermain sepak bola ini. namun, pada 1815 terjadi perkembangan besar yang menjadikan olahraga ini populer di kalangan sekolah dan universitas.

Pada tahun 1869 silam, aturan membawa bola sepak bola menggunakan tangan diberlakukan. Selama tahun 1800-an, sepak bola banyak disebarkan oleh para pedagang, pelaut, dan juga tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Sampai pada tahun 1904, FIFA dibentuk sebagai asosiasi yang menaungi olahrga sepak bola ini dan pada awal tahun 1900-an digelar berbagai macam kompetisi sepak bola di berbagai belahan dunia.

Tujuan Sepak Bola

Sebagai salah satu jenis olahraga yang merakyat, sepak bola dapat dimainkan oleh berbagai kalangan umur. Tujuan dari permainan olahraga sepak bola diantaranya adalah :

  1. Mencegah gawang kemasukan gol melalui penyusunan taktik dan pertahanan yang kuat.
  2. Mencetak atau menghasilkan gol sebanyak mungkin ke gawang lawan dengan mengkombinasikan teknik bermain sepak bola yang ada.
  3. Saling menghormati antar sesama agar tercipta fair play.
  4. Meningkatkan jalinan kerjasama antar tim agar terhindar dari kegagalan dan sifat egois.
  5. Menjaga kesehatan karena dalam olahraga kita dituntut untuk terus bergerak dan berlari demi mencapai tujuan yang ditetapkan. Dengan begitu, jantung, paru-paru, dan kekuatan otot tubuh akan terlatih sehingga daya tahan tubuh dan sistem imun akan semakin meningkat.
  6. Menjaga sportifitas yang artinya menjaga kejujuran dan saling menghormati antar satu pemain dengan pemain yang lainnya.

Manfaat Sepak Bola

Melakukan olahraga sepak bola mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh, yaitu :

  1. Mencerdaskan otak. Dalam olahraga ini, pemain tidak hanya menggerakkan fisiknya saja, namun juga menggunakan otak mereka agar permainan yang dilakukan sesuai dengan tempo dan sesuai dengan taktik yang sudah disusun. Sepak bola dapat menguji kecepatan dan ketepatan dalam berpikir yang mengkombinasikan mata, pikiran, dengan anggota tubuh lainnya.
  2. Memperkuat mental. Mental dalam olahraga sepak bola diibaratkan sebagai suatu elemen fisik yang melekat dalam jiwa seseorang. Ada kalanya dalam bermain olahraga ini kita akan jatuh, namun tetap harus bangun kembali tanpa mengenal lelah dan menyerah.
  3. Melatih disiplin. Untuk bisa menjadi pesepak bola yang handal, tentu dibutuhkan latihan yang rutin dan niat yang kuat. Dengan bermain sepak bola, anda akan belajar untuk mempunyai komitemen dan dedikasi kuat serta terus menerus disiplin dalam berlatih agar dapat bermain bola dengan baik.
  4. Meningkatkan kesehatan fisik. Hal ini dikarenakan saat bermain sepak bola, anda diharuskan berjalan dan berlari secara terus menerus yang akan melatih organ-organ tubuh agar lebih kuat sehingga daya tahan tubuh ikut meningkat.
  5. Sosialisasi dan kerjasama tim. Bermain sepak bola membutuhkan komunikasi, pengertian, dan juga kekompakan tim. Disini anda akan belajar berkolaborasi dan bukan hanya sekedar berkompetisi.

Teknik-teknik Sepak Bola

Teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus dikuasai oleh setiap anggota tim adalah :

1. Menendang Atau Kicking

Menendang atau kicking merupakan ciri khas dari permainan sepak bola yang paling dominan. Teknik ini ada dengan tujuan memberi umpan dan menembak bola ke gawang lawan. Teknik menendang sendiri dapat didakan menjadi 3 jenis, yaitu menendang dengan kaki bagian dalam, menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.

2. Menggiring Bola

Teknik ini pada dasarnya sama dengan menendang. Hanya saja, saat menggiring bola, kaki pemain akan lebih pelan temponya dan lebih terarah dalam mengumpan bola pada pemain lain. teknik ini dipakai untuk mengarahkan bola, mengambat laju permainan lawan, serta melewati lawan.

3. Menghentikan Bola Atau Stopping


Menghentikan bola atau stopping berguna dalam mengatur tempo permainan dan memberi kemudahan dalam mengumpan kepada pemain lain. beberapa teknik dan cara dalam mengendalikan bola dapat diperoleh menggunakan punggung kaki, paha, daada, maupun kepala.

Peraturan Sepak Bola

FIFA merupakan badan pengawas dan juga pengatur sepak bola yang ada di seluruh dunia. Aturan resmi dari FIFA terkait olahraga ini adalah :

1. Lapangan sepak bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Lapangan Sepak Bola Berbentuk Persegi Panjang (Gambar : Wiki)

Sepak bola resmi harus diselenggarakan di lapangan rumput hijau yang mempunyai panjang 90-120 m x lebar 45-90 m.

2. Jumlah Pemain

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain. Satu orang berperan sebagai penjaga gawang. Jika dalam satu tim, kurang dari 7 pemain, maka permainan tidak dilanjutkan. Sekali pertandingan resmi hanya dapat dilakukan 3 kali pergantian pemain, sedangkan dalam pertandingan persahabatan dapat dilakukan pergantian pemain bisa mencapai sebanyak 7 kali.

3. Penggunaan Bola

Bola yang digunakan mempunyai ukuran diameter yang tidak lebih dari 28 inch atau 70 cm dan tidak kurang dari 27 inch atau 68 cm.

4. Durasi Permainan

Satu kali pertandingan sepak bola terdiri dari 2 babak yang masing-masing berdurasi 45 menit dengan jeda pertandingan selama 15 menit. Jika dalam 2 x 45 menit belum ada tim yang menang, maka pertandingan dilanjutkan dengan durasi 2 x 25 menit.

5. Kelengkapan Pemain

Aksesoris atau dresscode serta kelengkapan pemain yang harus dipakai adalah jersey, kaos kaki, penutup kepala (optional), dan sarung tangan bagi kiper.

6. Bola Keluar Atau Out

Bola dinyatakan keluar atau out jika keluar dari garis gawang atau misalnya ada pemain yang cidera dan wasit meminta agar bola dikeluarkan dari garis lapangan. Permainan dapat dilanjutkan kembali dengan melakukan throw in atau lemparan ke dalam.

7. Kick Off

Dilakukan di awal pertandingan, saat terjadi gol, awal babak ke-2, dan awal babak jika ada perpanjangan waktu.

8. Terciptanya Bol

Gol tercipta pada saat bola dimasukkan ke gawang lawan dan tidak ada pelanggaran. Gol juga tercipta saat terjadi penalti ataupun dengan bentuk bentuk bola bunuh diri.

9. Tendangan bebas

Tendangan bebas dapat dilakukan di area tempat terjadinya pelanggaran baik itu langsung ataupun tidak langsung. Tendangan bebas langsung berarti tendangan diarahkan langsung ke gawang, sedangkan tendangan tidak langsung akan diarahkan pada pemain lainnya.

10. Offside

Offside terjadi saat pemain berada di wilayah lawan, tidak ada back dan hanya berhadapan dengan penjaga gawang.

Originally posted 2017-12-23 10:00:04.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *