Contoh Proposal Kerja Sama

Contoh proposal kerja sama merupakan informasi berguna bagi pemilik usaha atau bisnis untuk mendapatkan modal tambahan dalam rangka mengembangkan usaha tersebut.

Sesuai dengan definisi dari proposal yaitu surat permohonan atas kerja sama yang bersifat sistematis dan detail untuk mendapatkan persetujuan dua belah pihak secara legal.

Setiap proposal pasti melibatkan pihak pertama sebagai pelaksana dan pihak kedua sebagai pihak terkait dari kepentingan kerja sama.

Pengajuan proposal kerja sama menawarkan banyak manfaat bagi pelaku bisnis, seperti penawaran barang atau jasa dengan maksud investasi, pengajuan tender atau lelang dan pendirian tempat usaha.

Selain itu, proposal dapat membantu kamu menyusun rencana bisnis sesuai dengan hasil di lapangan. Berikut ini adalah contoh struktur pembuatan proposal kerja sama untuk diperhatikan.

Judul Proposal Kerjasama

PROPOSAL PENAWARAN KERJASAMA
BINTARO PAVILION APARTMENT
Jl. Pondok Betung Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan

A. Latar Belakang

Bisnis properti adalah suatu bisnis yang menjanjikan dan cukup berkembang pesat di Indonesia dan diperkirakan peminat properti akan terus meningkat setiap tahunnya. Daerah perkotaan menjadi sasaran utama lahan pendirian properti.

Seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang atau Bekasi, dan kota besar ini menjadi pusat dari berbagai bisnis lainnya. Peminat properti tidak terbatas pada kalangan atas melainkan peminat kalangan menengah sekarang mulai mengalami peningkatan.

Faktor utama peningkatan adalah harga properti cenderung naik setiap tahunnya dan properti merupakan investasi yang dapat diperhitungkan keuntungannya. Masyarakat urban lebih memilih tempat tinggal dengan lokasi strategis dan mudah mendapatkan akses ke tempat vital seperti rumah sakit, bandara, perkantoran hingga pusat perbelanjaan.

Pengaruh urbanisasi tidak kalah penting terhadap minat kepemilikan tempat tinggal apartemen atau kondominium di wilayah perkotaan. Sehubungan dengan hal ini, kami bermaksud mengajukan penawaran kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu terkait produk apartemen Bintaro Pavilion Apartment yang berlokasi di Jl. Pondok Betung Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

B. Maksud dan Tujuan

Proposal yang kami ajukan kepada perusahaan Bapak/Ibu bertujuan menawarkan kerja sama dengan keuntungan untuk kedua belah pihak. Bentuk kesepakatan ini dimulai dengan penyampaian proposal kepada perusahaan Bapak/Ibu dan langkah selanjutnya kami akan menunggu jawaban dari proposal yang sudah diajukan.

Kemudian pertemuan pertama dan presentasi produk di perusahaan Bapak/Ibu dengan waktu dan tempat yang telah disepakati. Jika terdapat kesepakatan bersama, maka kami menawarkan keuntungan kepada perusahaan Bapak/Ibu dengan nominal yang telah disepakati.

C. Data Perusahaan

  • Nama Perusahaan : PT. MEGAKARYA PROPERTYNDO
  • Alamat Kantor Pusat : Plaza Oleos Lt. Mezzanine Jl. TB. Simatupang Kav. 53
  • Alamat Proyek : Jl. Pondok Betung Raya, Pondok Aren, Tangerang Selatan
  • Bidang Usaha : Pengembang Properti

Pengalaman kami dalam mewujudkan proyek rumah hunian dengan pengembang proyek profesional menjadi modal kami menjalankan Megakarya Propertyndo sebagai perusahaan pengembang properti yang fokus pada kualitas dengan harga kompetitif.

Megakarya Propertyndo berusaha menghadirkan sesuatu yang berbeda menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi.

Hal ini kami jadikan poin utama sebagai langkah inovasi untuk menghadirkan hunian dan layanan yang dapat memberikan kenyamanan pada konsumen kami.

Tantangan ini merupakan bagian dari visi kami sebagai pengembang properti untuk menghadirkan hunian sebagai solusi atas kebutuhan konsumen kami.

Berikut adalah daftar proyek Megakarya Propertyndo yang tengah kami kembangkan:

  1. Bintaro Pavilion Apartment yang berlokasi di Bintaro Sektor 2
  2. Jakarta Pavilion Apartment yang berlokasi di Cibinong
  3. Ciputat Resort Apartment yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika, Ciputat

D. Jenis Penawaran dan Mekanisme Kerja

Kami menawarkan kerja sama yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dan berikut adalah penjelasan ketentuan pembagian keuntungan.

1. Keuntungan Bagi Perusahaan Partner

Keuntungan berupa komisi dengan nominal berdasarkan tipe unit apartemen. Untuk tipe studio A dengan 2 bedroom F, persentase komisi yang kami berikan sebesar Rp2.000.000 per unit.

Untuk pembagian persentase komisi lainnya, Bapak/Ibu dapat memeriksa setiap detailnya dan memberikan pendapat persetujuan atau masih harus dirundingkan.

2. Keuntungan berupa hubungan kerja sama untuk memperluas jaringan bisnis

Berikut adalah ringkasan mekanisme kerja:

  1. Proposal Penawaran Properti
  2. Perusahaan partner bersedia menjalin kerja sama dengan mengundang bagian pemasaran “Bintaro Pavilion Apartment” untuk mendiskusikan lebih lanjut.
  3. Perusahaan partner menyediakan waktu dan tempat untuk presentasi produk yang tertera dalam proposal.
  4. Tim bidang pemasaran Bintaro Pavilion Apartment mengadakan presentasi produk pada waktu dan tempat yang sudah disepakati.
  5. Terjadi transaksi penjualan dengan calon pembeli dengan pembayaran cash keras, cash bertahap atau KPA.
  6. Proses pembayaran atau pencarian komisi penjualan dilakukan setelah DP 30% masuk ke rekening PT. Megakarya Propertyndo. Untuk pelunasan sisa pembayaran dengan cara cash keras, cash bertahap atau KPA.
  7. Selesai

E. Penutup

Kesimpulan dari proposal penawaran kerja sama yang kami ajukan kepada perusahaan Bapak/Ibu :

  1. Kami tim pemasaran Bintaro Pavilion Apartment mengajukan kerja sama dengan Bapak/Ibu produk apartemen kami dengan keuntungan komisi hasil penjualan yang terjadi.
  2. Kami tim pemasaran Bintaro Pavilion Apartment berharap Bapak/Ibu dapat memberikan waktu dan tempat kepada kami untuk mempresentasikan produk apartemen di perusahaan Bapak/Ibu.
  3. Pencarian komisi penjualan diproses setelah down payment sebesar 30% dari total harga masuk ke rekening Bintaro Pavilion Apartment (PT. Megakarya Propertyndo).

Sekian pengajuan proposal penawaran kerja sama dan besar harapan kami terhadap perusahaan Bapak/Ibu untuk dapat menerima kami sebagai partner bisnis yang saling menguntungkan.

Download Contoh Proposal Kerjasama


Download DOC | Download PDF

Tips Menulis Proposal Kerjasama yang Baik dan Benar

Pengajuan proposal kerjasama menawarkan banyak manfaat bagi pelaku bisnis, seperti pengajuan investasi, pengajuan tender atau lelang dan pendirian tempat usaha.

Di samping itu, proposal dapat membantu kamu mengevaluasi apakah rencana bisnis yang sudah dibuat sesuai dengan hasil di lapangan. Berikut ini adalah beberapa hal penting seputar contoh proposal kerjasama untuk diperhatikan.

Dalam pengajuan kerjasama kepada calon rekanan, proposal berperan sebagai gambaran tertulis yang menjelaskan tujuan dari pihak pemohon.

Semakin lengkap dan detail kerjasama yang tertulis maka peluang kesepakatan lebih besar. Meski demikian, dalam penulisan proposal terdapat struktur yang harus diikuti untuk menjadi sebuah contoh proposal kerjasama sesuai dengan standar.

1. Surat Pengantar

Setiap proposal cenderung bersifat formal dan karena itu komponen surat pengantar harus disertakan dalam penulisan. Fungsi surat ini adalah untuk menyampaikan maksud utama dari pengajuan dan memberitahukan kepada calon rekanan bahwa proposal yang diajukan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu dari surat pengantar, tujuan atau kepentingan dari pihak pengaju dapat diketahui oleh calon mitra bisnis. Apabila surat tersebut dikeluarkan oleh suatu instansi atau perusahan maka perlu kop surat berisikan nama dan alamat instansi atau perusahaan sebagai tanda legalitas.

2. Profil Perusahaan atau Proyek

Karena proposal diajukan untuk mendapatkan sebuah kesempatan dua belah pihak, tentu kamu harus menjelaskan secara detail profil perusahaan mulai dari hal umum hingga keunggulan dari proyek yang diajukan. Informasi ini berperan sebagai gambaran dari rencana kerjasama. Berikan data yang relevan, singkat dan jelas agar kolega berkenan membahas lebih detail.

3. Detail Kerjasama yang Ditawarkan

Setelah mendapatkan informasi terkait tujuan, profil perusahaan dan penjelasan singkat dari rencana bisnis, maka komponen selanjutnya adalah detail kerjasama yang harus disepakati kedua pihak.

Penjelasan poin kerjasama dapat memakai format tidak baku atau disesuaikan dengan perusahaan yang diajak kerjasama. Tujuannya adalah menghindari kolega tidak bisa memberikan sesuai dengan apa yang kamu ajukan.

4. Prospek Keuntungan Bagi Penerima Proposal

Komponen terakhir merupakan bagian inti dan terpenting untuk disampaikan dalam proposal adalah keuntungan atau manfaat yang didapatkan mitra.

Di sini kamu harus bisa memberikan gambaran kerjasama yang memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Penjelasan prospek keuntungan sebaiknya bersifat general tetapi cukup menarik untuk disepakati bersama.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pengajuan Contoh Proposal Kerjasama

Pembuatan proposal dapat dikatakan mudah sekaligus cukup sulit karena isi proposal atau rencana kerjasama disampaikan dalam bentuk komunikasi tertulis. Jika setelah penyampaian proposal tidak kunjung mendapatkan jawaban kesepakatan, hal ini menandakan mitra kerjasama kurang yakin dengan apa yang diajukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pengajuan proposal kerjasama.

1. Lakukan Survei Lapangan

Tujuan dari proposal adalah mendapat persetujuan atau kesepakatan kedua pihak. Untuk meningkatkan peluang kesepakatan dapat dimulai dengan melakukan survei kebutuhan dan apa yang diminati dari pihak yang akan diajak kerjasama. Dari survei kamu dapat merencanakan poin kerjasama yang mungkin mudah disepakati oleh pihak terkait.

2. Jadwalkan Meeting Pendahuluan

Dari hasil survei kamu dapat memulai membuat rumusan kerjasama tetapi cara terbaik untuk mengetahui kebutuhan klien adalah berkomunikasi langsung.

Melalui pertemuan ini kamu dapat menanyakan kriteria apa yang dijadikan penilaian atau bahan evaluasi terhadap proposal kerjasama yang diajukan kepada klien.

3. Tentukan Metodologi yang Tepat

Setelah kamu mendapatkan kriteria yang dibutuhkan oleh klien, langkah selanjutnya adalah menentukan metodologi untuk menyusun proposal kerjasama.

Pemilihan metode yang tepat mampu menunjukkan bahwa kamu dapat memahami kebutuhan klien. Hal ini juga bertujuan mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi dengan begitu peluang memenangkan kepercayaan klien lebih tinggi.

4. Evaluasi dan Solusi

Langkah terakhir dari pengajuan proposal adalah terdapat persetujuan antara kedua belah pihak terkait poin kerjasama yang tercantum dalam proposal.

Sebelum tahap persetujuan akhir, kamu pasti menghadapi revisi proposal hingga kedua pihak setuju melakukan kerjasama. Dalam persetujuan proposal kerjasama harus ada keuntungan antara kedua pihak dan masa berlaku proposal juga sesuai dengan yang disepakati.

Beberapa fungsi dari proposal kerjasama jika dilihat dari proses penyusunannya, yaitu sebagai bahan analisis aspek-aspek kerjasama yang akan dilakukan.

Kedua, sebagai dokumen tertulis untuk meyakinkan pihak-pihak terkait untuk menyetujui kerjasama. Ketiga, sebagai acuan atau dasar dalam melaksanakan proyek yang disetujui.

Itulah sedikit pembahasan seputar contoh proposal kerjasama yang dapat disampaikan. Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa pembuatan proposal tidak asal membuat, tetapi terdapat aturan yang harus diikuti.

Karena dalam proposal terdapat maksud dan tujuan yang hendak dicapai melalui rencana kerjasama yang kamu susun.

Leave a Comment